TRANSISI SHOT

0

Transisi Shoot bisa dikatakan sebuah efek yang simple namun dapat berpengaruh besar dalam sebuah film atau video tersebut, pemilihan transisi yang sesuai menambah kan fill yang besar saat kita menontonnya, namun jika salah dalam pemilihannya, efek transisi ini bisa dikatakan membunuh film kita, bisa dikatakan seperti pedang bermata 2. Secara resminya transisi shoot adalah penggabungan dua shot menjadi satu. Transisi shot dalam film maupun video umumnya dilakukan dalam empat bentuk yakni, cut, fade in/ fade out, dissolve, serta wipe. Bentuk yang paling umum adalah cut yakni, transisi shot secara langsung. Kali ini aku akan menjelaskan 4 contoh transisi yang paling sering digunakan.

1. Cut


Cut adalah sebuah transisi yang langsung dari shoot ke shoot selanjutnya, bentuk transisi ini adalah bentuk yang paling umum dan paling sering dilakukan dalam editingan, karena transisi ini bersifat fleksible. Contohnya saja pada adegan dialog pasti menggunakan transisi cut

2. Fade.


Umumnya ada dua jenis fade yaitu fade in dan fade out. Gambar yang perlahan muncul disebut dengan fade in. Sebaliknya, gambar yang perlahan menghilang disebut fade out. Transisi fade in dan fade out ini biasanya digunakan untuk menandai awal atau akhir. Bisa juga diletakkan di tengah-tengah jika adegan mengalami beat. gambar yang diberi transisi fade tidak bertumpuk dengan gambar lain tidak seperti efek disolve, karena itu dibutuhkan background colour, biasanya kalua tidak hitam ya putih, namun bukan berarti warna lain tidak diperbolehkan. Paling sering menggunkan warna hitam

3. Dissolve


Nah untuk Disolve kebalikan dari Fade jadi dalam dissolve antar shoot akan bertumpuk. Atau lebih jelasnyaadalah teknik transisi perlahan antara satu gambar ke gambar berikutnya. Dengan menggunakan teknik ini, saat transisi, kedua gambarmu akan terlihat seperti bertumpuk satu sama lain. Gambar pertama perlahan menghilang, sementara gambar berikutnya jadi semakin jelas. Cepat atau lambatnya transisi disolve berlangsung tergantung pilihan masing-masing pembuat film.

4. Wipe


Jika dissolve adalah jenis transisi yang memberikan kesan halus hingga transisinya tak disadari, wipe adalah kebalikannya. Wipe tidak bersifat gradual, ada garis yang jelas ‘menghapus’ gambar sebelumnya dan digantikan oleh gambar berikutnya. Wipe memiliki beragam bentuk mulai dari wipe dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, bawah ke atas. Namun tidak sebatas itu, wipe transisi juga adalah yang berbentuk bintang atau lingkaran seperti pada tom and jerry atau Pink Panther and Pals.

Jadi setiap transisi tidak bisa dikatakan lebih baik mana. Karena efek transisi ini sangat bersifat fleksibel, jadi jangan terpaku dengan 1 efek transisi saja, masih ada banyak sekali efek efek transisi lainnya yang perlu kalian tau.

Sekian dari ku, Terima Kasih

Oleh HANU RAKHMANDA


Daftar Pustaka:

https://studioantelope.com/ragam-jenis-transisi/
https://adoc.pub/queue/mengidentifikasi-transisi-shot-cutting-untuk-memenuhi-tugas-
.html#:~:text=Cut%20merupakan%20transisi%20shot%20ke,aksi%20umumnya%20selalu%20mengg
unakan%20cut.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !