Linear Editing dan Non Linear Editing

0

Istilah editing sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Editing bisa bermacam-macam bentuknya, bisa berupa editing gambar, editing video, maupun editing audio. Editing sendiri memiliki artian proses pengubahan bentuk gambar, video, maupun audio yang mana proses tersebut meliputi penataan dan penyesuaian gambar dan audio, sehingga menghasilkan sebuah tatanan foto atau video sehingga enak untuk dilihat.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang linear editing dan non linear editing (digital).

1. Linear Editing
Linear editing yaitu proses editing yang menggunakan sistem analog. Dimana biasanya proses editing tersebut dilakukan secara runtut yang semula dari hasil rekaman melalui kamera lemudian diolah ke dalam sebuah kaset video. Namun, apabila dalam editan tersebut terjadi perubahan jika sudah terekam dalam tape, maka seluruh editan tersebut dirkam ulang ke dalam kaset video lagi. Pengeditan sistem linear editing membutuhkan waktu yang cukup lama dan dipekerjakan secara khusus dengan metode yang sederhana dan murah yaitu berupa kamera untuk mengambil gambar, kaset video, dan tape.


2. Non Linear Editing
Non Linear Editing yaitu proses editing yang sudah mulai modern dan digunakan hingga saat ini, proses pengeditannya pun bisa dibilang cukup mudah dengan menggunakan aplikasi maupun perangkat lunak yang membutuhkan file digital untuk diedit bagian video tertentu, dapat dipotong, disambung, dan ditata menjadi sebuah bentuk timeline, bahkan di non linear video editing, kita sudah bisa menambahkan efek-efek tertentu. Kemudahan dari sistem non linear editing yaitu kita dapat memulai proses editing dari mana saja dan mengubah timeline sewaktuwaktu, hanya saja proes rendering file yang membutuhkan waktu yang agak lama jika filenya berukuran besar, tergantung dengan spesifikasi penunjang berupa PC-nya.

Oleh : Rizky Muhammad Fajar

Daftar Pustaka

1. Umbara, Diki. 2012. “Editing Televisi : Linear dan Non Linear”. https://dikiumbara.wordpress.com/2012/06/27/editing-televisi-linear-dan-nonlinear/amp/. Diakses pada 27 Juni 2012.

2. Zaen, Dili. 2009. “LINEAR EDITING DAN NON LINEAR EDITING”. https://diliganteng.wordpress.com/2009/10/02/linier-editing-dan-non-linierediting/amp/. Diakses pada 02 Oktober 2009.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !