KONTINUITAS GRAFIK

0

Aspek-aspek editing film terdiri dari 4 dasar, salah satunya adalah kontinuitas grafik. Secara dasarnya Kontinuitas grafik yaitu menyesuaikan gambar pada perubahan aksi satu ke aksi berikutnya yang menghasilkan keselarasan dengan maksud aksi tersebut memilki alur yang menyambung.

Melakukan editing kontinuitas grafik hal yang harus memperhatikan adalah aspek-aspek berupa bentuk, pergerakan, komposisi, warna, pencahayaan, dan sebagainya. Frame yang memperlihatkan permulaan dari sebuah aksi Diberikan teknik transisi dissolve yang membuat gambar awal yang perlahan menghilang dan gambar selanjutnya muncul perlahan(Biasa dikenal Graphic Match) agar perpindahan frame menjadi halus.

Frame selanjutnya yang melanjutkan aksi dari sebelumnya. Terlihat keselarasan dari bentuk, komposisi, warna pada dua gambar tersebut. Bagian potongan shot bersesuaian aksi awal yang bertransisi dengan aksi selanjutnyawalaupun berbeda angle akan tetapi tetap memperlihatkan keselarasan aksi dari potongan shot. Pada Kontinuitas Grafik biasa diperlihatkan transisi graphic match dengan teknik dissolve.

Oleh Naufal Hafidz Al Faidzin

Sumber : Indriani, Sri Wahyuni. (2021). PENERAPAN EDITING KONTRUKSI DRAMATIS PADA PENCIPTAAN FILM GEMINTANG. Jurnal FSD, Vol. 2 No 1 – April 2021, 247.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !