JALAK LAWU

0

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Mata Kuliah Animasi adalah salah satu mata kuliah wajib tempuh yang ada di Institut Seni Indonesia Surakarta, Kegiatan ini di lakukan pada semester 6 dan bertujuan guna memenuhi syarat kelulusan. pada semester ini mahasiswa dikonsentrasikan untuk memepelajari ilmu limu dasar tentang animasi mulai dari menggambar karakter dengan tangan lalu di visualisasikan pada aplikasi after effect dan dengan syarat telah menempuh mata kuliah sebanyak 100 sks dan diharapkan dapat diapilikasikan kedalam dunia kerja atau industri pertelevisian maupun perfilman. Tujuan diadakanya mata kuliah animasi ini bertujuan agar tiap mampu memahami ilmu dasar animasi.

B. Tujuan

Pelaksaan Mata Kuliah Animasi ini bertujuan untuk :
  1. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai visi dan misi ISI Surakarta dalam meningkatkan pembelajaran mahasiswa.
  2. Memperkaya wawasan mengenai ilmu dasar animasi di dunia perfilman Indonesia maupun internasional
  3. Mengetahui dan mempelajari perihal pembuatan film animasi 

C. Manfaat

Adapun beberapa manfaat dari kegiatan Mata Kuliah Animasi bagi mahasiswa ini diharapkan dapat memeberikan manfaat baik kepada mahasiswa, lembaga Pendidikan.

1. Bagi Mahasiswa :
  1. Sebagai salah satu syarat untuk kelulusan pada mata kuliah Animasi dan juga keterkaitannya dengan tugas akhir.
  2. Sebagai sarana mengasah kemampuan mahasiswa dalam penerpan teori dan skill.
  3. Mengetahui Ilmu dasar Film Animasi dan cara mevisualisasikan dari gambar tangan menjadi gambar bergerak.
  4. Pembekalan terhadap mahasiswa untuk menjadi seorang yang berpotensi,kompeten, dan professional supaya siap memasuki dunia kerja.

2. Bagi Lembaga Pendidikan ( Institut Seni Indonesia Surakarta ) : 
  1. Sebagai salah satu cara mengevaluasi pencapaian kompetensi lulusan dan materi ajar yang digunakan.
  2. Terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan melalui keterlibatan mahasiswa.
LANDASAN TEORI

Film pertama kali dipertontonkan untuk khalayak umum dengan membayar berlangsung di Grand Cafe Boulevard de Capucines, Paris, Perancis pada 28 Desember 1895. Peristiwa ini sekaligus menandai lahirnya film dan bioskop di dunia. Karena lahir secara bersamaan inilah, maka saat awal-awal ini berbicara film artinya juga harus membicarakan bioskop. Meskipun usaha untuk membuat “citra bergerak” atau film ini sendiri sudah dimulai jauh sebelum tahun 1895, bahkan sejak tahun 130 masehi, namun dunia internasional mengakui bahwa peristiwa di Grand Cafe inilah yang menandai lahirnya film pertama di dunia.

Perubahan dalam industri perfilman, jelas nampak pada teknologi yang digunakan. Jika pada awalnya, film berupa gambar hitam putih, bisu dan sangat cepat, kemudian berkembang hingga sesuai dengan sistem pengelihatan mata kita, berwarna dan dengan segala macam efek-efek yang membuat film lebih dramatis dan terlihat lebih nyata.

Animasi adalah film yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar sehingga ketika diputar tampak bergerak atau seolah-olah hidup. Bentuk dari film animasi ini beragam, mulai dari 2D, 3D, bahkan 4D. Perjalanan sejarah animasi dimulai pada tahun 1883 ketika muncul istilah stroboskopik sebagai dasar sinematografi yang membuat benda bergerak secara memutar. Kemudian,

seseorang bernama H.W. Goodwin menemukan film dari seluloid yang dapat menampung gambar sekaligus. Dan Walt Disney lah yang membuat film animasi bersuara untuk pertama kalinya. Film tersebut adalah Mickey Mouse yang diputar perdana pada tahun 1928.

Selain itu pada tahun 1937, Disney juga memproduksi film Snow White and the Seven Dwarfs yang berhasil menjadi film animasi terpanjang berwarna pertama. Karena banyaknya pencapaian yang diraih Disney, maka tahun 1928- 1950an disebut sebagai “The Golden Age of Cartoon” yang identik dengan Walt Disney. Nggak heran ya hingga saat ini Disney masih tetap eksis, ditambah dengan adanya wahana hiburan Disney World yang tersebar di beberapa negara di dunia.

Selanjutnya memasuki tahun 1980-an, perkembangan teknologi digital memegang andil yang cukup besar dalam sejarah animasi. Pada era tersebut, banyak perubahan yang terjadi seperti Toy Story yang berhasil menjadi film animasi berbentuk 3D pertama dengan durasi 1 jam 21 menit.

METODE PELAKSANAN

Pada Pengerjaan Tugas Akhir Mata Kuliah Animasi kali ini Mahasiswa di wajbkan membuat video berdurasi minimal 3 Menit dan memiliki kuiatas 720p, Pada pengerjaan tugas sendiri kami melakukan dengan metode kelompok yang bersikan 2 anggota yaitu Haliim Fajar Nugroho dan Reyza Julyansyah. Film Pendek Animasi yang kami buat sendiri berjudul “Jalak Lawu“.

A. Storyline

Pada suatu ketika abdi dalem Prabu Brawijaya yang bernama asli Wangsa Menggala dan diberikan nama kerajaan Kyai Jalak sedang melaksanakan tugasnya yaitu melindungi Prabu Brawijaya dari kejaran tentara kerajaan Demak. Rombongan kerajaan Brawijaya itu pun kemudian pergi ke gunung Lawu untuk bersembunyi dari kejaran Kerajaan Demak, sesampainya di gunng lawu kemudian Prabu Brawijaya memerintahkan para abdi dalemnya untuk melakukan pertapaan guna mengamalkan ilmu moksa (menyatu dengan alam) begutu pula dengan Kyai Jalak. Dalam pertapaanya Kyai Jalak meubah wujudnya menjadi burung jalak yang hingga kini menjadi penunjuk arah para pendaki Gunung Lawu yang tersesat. Karena dalam

keseharianya Kyai Selamet mempunyai sifat penolong, hingga saat ini pun burung jalak sangat berjasa bagi para pendaki.

B. Naskah

1 EXT. HUTAN - DAY 1

Cast : Prabu Brawijaya, Kyai Selamet, Para Abdi Dalem lainya. Prabu Brawijaya berhenti disebuah hutan yang tampak gunung lawu di belakangnya. Terlihat Prabu brawijaya dan para abdi dalem sudah mulai kelelahan.

PRABU BRAWIJAYA

Para abdi ku... gunung lawu sudah nampak di depan kita, pilihan terakir untuk bersembunyi dari serangan kerjaan demak hanyalah di tempat itu...

PRABU BRAWIJAYA (CONT'D)

Marilah kita bergegas pergi kesana agar tidak kepergok prajurit Kerajaan demak.

ABDI DALEM

Siap prabu...

Kemudian rombongan kerajaan Brawijaya melanjutkan perjalananya menuju gunung lawu.

2 EXT. PENDAKIAN GUNUNG LAWU - DAY

Cast: Prabu Brawijaya, Kyai Selamet, Para Abdi Dalem lainya, prajurit demak

Terlihat rombongan Kerajaan Brawijaya berjalan di sebuah sabana luas di dekat puncak gunung lawu.

Sesampainya di sebuah hutan terlihat prajurit kerajaan demak memata matai rombongan kerajaan Brawijaya menuju puncak gunung lawu (sebagai motifasi para prajurit Kerajaan Demak mengetahui persembunyian rombongan Kerajaan Brawijaya)

3 EXT. HUTAN PENDAKIAN GUNUNG LAWU - DAY 

Cast: Prabu Brawijaya, Kyai Selamet, Para Abdi Dalem lainya Pada perjalanya prabu brawijaya merasa batinya sangat gelisah dan memerintahkan abdi dalemnya untuk berhati-hati.

PRABU BRAWIJAYA

Para abdiku…

ABDI DALEM

Iya prabu…

PRABU BRAWIJAYA

Saya rasa posisi kita sudah di deteksi oleh para prajurit Kerajaan Demak.. maka dari itu tidak ada salah nya kalau kita berhenti sejenak di hutan ini dan melakukan pertapaan di hutan ini agar kita sejenak menyatu dengan alam...

ABDI DALEM

Baik prabuu…

Prabu brawijaya mengajak kyai selamet untuk mengobrol pelan untuk memimpin pertapaan moksa menjadi hal yang bermanfaat bagi alam sekitar…

PRABU BRAWIJAYA

Kyai selamet…pimpin para abdi yang lain untuk moksa menjadi bagian yang bermanfaat bagi alam Nusantara ini...

KYAI SELAMET…

Baik prabu,,

dengan segala hormat saya laksanakan..

4 EXT. HUTAN GUNUNG LAWU - DAY

Cast: Prabu Brawijaya, Kyai Selamet, Para Abdi Dalem lainya, prajurit demak.

Terlihat Prabu Brawijaya dan para abdi dalem duduk bersila berpencar dalam persembunyianya (di balik pohon, di balik semak-semak, dan dibalik batu).

Terlihat banyak prajurit mencari rombongan kerajaan brawijaya dan melewatinya…

Kemudian para rombongan kerajaan brawijaya satu persatu mulai berubah wujud menjadi apa saja yang berhubungan dengan alam, ada yang menjadi pohon, rumput, cacing, dedaunan dan kyai selamet berubah menjadi burung jalak…

5 EXT. GUNUNG LAWU - DAY

Cast: Burung jalak

Terlihat burung jalak beranjak terbang dari tanah dan terbang ke langit, langitpun berubah warna berkali kali sebagai motifasi penanda pergantian waktu yang cukup lama.

6 EXT. PENDAKIAN GUNUNG LAWU - DAY

Cast: pendaki, burung jalak

Terlihat pendaki dengan berpakaian moderen dan mengenakan tas pinggang besar sedang tersesat dan tidak tahu arah, kemudian pendak tersebut melihat burung jalak menghampirinya dan menuntunya hingga ke puncak gunung lawu...

SELESAI

C. Design Karakter

1. Burung Jalak

2. Prabu Brawijaya



3. Abdi Dalem


4. Pendaki Gunung

D. Story Board

Scene 1

Scene 2





PEMBAHASAN

Pada proses plaksanaan pengerjaan Tugas akhir ini anggota kelompok membutuhkan 7 hari dalam produksi dan pasca produksi. Pada Tahap Produksi sendiri yaitu melajutkan gambar yang telah yang di buat di buku lalu di visualisasikan melalui Adobe Ilustlator dan kemudian gambar olah Kembali pada adobe after effect unutuk menggerakan nya lalu di olah pada Adobe premiere agar menjadi keseluruhan yang utuh agar menjadi Film pendek yang telah di tenttukan. Pada Proses Pasca Produksi sendiri kami melakukan dubbing suara agar karakter terkesan hidup dan mampu berdialog , di tambah juga mixing audio agar menyempurnakan film yang telah di buat.

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pelaksanaan Mata Kuliah Animasi pada semester ini telah membantu penulis untuk memahami seputar ilmu dasar animasi dari gambar diam sampai bisa menjadi sebuah film, terlebih mempelajari sejarah film – film animasi dan mampu membuat nya melalui gambar mati menjadi bergerak. Mata Kuliah ini membuat penulis sadar akan pentingnya Ilmu Aniamsi untuk membuat sebuah film. Mengetahui dan Mempelajari langsung Mata kuliah Animasi membuat pelusi merasa bersyukur atas ilmu yang telah diterima.

B. Saran

1. Bagi ISI Surakarta
Penulis merasa beruntung mendapatkan kesempatan untuk melakukan Mata Kuliah Animasi yang berfokus pada dasar dasar animasi dan mampu membuat gambar mati menjadi bergerak.

2. Bagi Mahasiswa
Mata Kuliah ANimasi sangatlah perlu dan penting dilakukan oleh mahasiswa karena bisa menjadi tolak ukur pada dunia kerja yang akan di lalui dan kemajuan teknologi yang ada , oleh karena itu mempersiapkan sejak dini bekal bekal ilmu untuk menggahadapinya.


Oleh REYZA JULYANSYAH & HALIIM FAJAR NUGROHO



DAFTAR PUSTAKA

https://perfilman.perpusnas.go.id/artikel/detail/127
https://www.ruangguru.com/blog/yuk-mengenal-sejarah
animasi#:~:text=%3A%20wayangku.id)-
,Sejarah%20Animasi,yang%20dapat%20menampung%20gambar%20sekali gus.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !