ESTABLISHING SHOT

0

Dalam dunia film, videografi dan sinematografi, ada banyak teknik pengambilan gambar yang biasa digunakan untuk menambah nilai estetik atau keindahan, juga untuk menyampaikan maksud dan pesan dari pembuat film kepada penonton. Salah satu dari sekian banyak teknik pengambilan gambar adalah Establishing Shot.

Dari namanya, “Establish” yang berarti membangun atau mendirikian, Establishing Shot merupakan teknik pengambilan gambar yang bertujuan untuk membangun suasana kepada penonton dengan menunjukkan latar tempat, waktu dan situasi. Biasanya, shot ini ditampilkan di awal film agar penonton dapat mengetahui latar dalam film tersebut terlebih dahulu. Tetapi kadang shot ini ditaruh di tengah film di awal sebuah adegan untuk menunjukkan latar yang berbeda kepada penonton.

Misalnya Establishing Shot gedung-gedung kota New York di awal film atau sebelum sebuah adegan dimulai dapat menjelaskan bahwa latar tempat adegan tersebut terjadi di New York.


Establishing Shot kota New York (sumber:https://videohive.net/item/establishing-shot-of-high-rise-skyscraper-buildings-in-new-york-city-business-district/20752921)

Begitu pula halnya dengan Establishing Shot untuk menjelaskan keterangan waktu, misalnya shot matahari terbenam dapat menjelaskan bahwa adegan selanjutnya terjadi di malam hari.


Establishing Shot matahari terbenam (sumber:https://www.shutterstock.com/video/clip-16650952-madrid-sunset-light-establishing-shot-aerial-view)

Establishing Shot dapat dilakukan dengan berbagai ukuran gambar atau shot size dari extreme long shot hingga extreme close up. Kebanyakan Establishing Shot menggunakan ukuran gambar exreme long shot karena ukuran gambar tersebutdapat menampilkan latar secara keseluruhan, mulai dari latar tempat, waktu dan suasana. Tapi tidak menutup kemungkinan Establishing Shot menggunakan ukuran gambar lain seperti medium shot, close up, hingga extreme close up, selama shot tersebut dapat membangun suasana dan mendeskripsikan sebuah situasi.

Oleh Rinaldi Naufal Ramasaputra

Establishing Shot dengan ukuran medium shot (sumber: https://www.instagram.com/p/CRUU5BfDTuI/)
Establishing Shot dengan ukuran extreme close up shot (sumber:http://graceshort.blogspot.com/2015/10/10-shot-types-examples.html)
Daftar Pustaka
2020. 12 Type of Shot untuk Pengambilan Video yang Lebih Profesional. http://roov.id/news/501/detail. Diakses pada tanggal 11 September 2021.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !