BST SHORT COMMERCIAL

0

PENDAHULUAN

Latar belakang

Kemajuan teknologi yang semakin pesat turut mempermudah masyarakat dari banyaksisi. Masyarakat mulai memanfaatkan media sosial dalam berbagai aktivitas, baik dari segi pendidikan, menyampaikan sebuah berita, sampai sarana promosi dan marketing sebuah usaha. Banyaknya waktu pengguna sosial media dalam kesehariannya untuk berinteraksi secara onlinedari segala kalangan membuat akses dalam penyampaian sesuatu melalui media sosial menjadi lebih mudah. Banyaknya para pengguna sosial media yang memanfaatkannya untuk keperluan menyampaikan sesuatu membuat mereka memperhatikan setiap postingan yang mereka unggahdi sosial media. Setiap konten kreator selalu berusaha menyuguhkan ide baru, kreativitas dan inovasi yang baru agar postingannya menarik perhatian pengguna sosial media dan mencapai tujuan dari pembuatan postingan tersebut.

Salah satu jenis media yang marak digunakansaat ini adalah video. Media video dapat digolongkan kedalam jenis media audio visual atau dapat jugadiartikan sebagai media yang dapat dilihat dan didengar. Media ini termasuk ke dalammediayang paling lengkap karena menyajikan suara beserta gerakan dari objek yang bisa dilihat. Mayer (2012:87) menjelaskan bahwa media pembelajaran berupa gambar bergerak (animasi/video) mampu mendorong pemahaman peserta didik bila media tersebut digunakansecara konsisten dengan tetap memperhatikan isi dari video tersebut. Hal ini membuktikanbahwa manusia merupakan makhluk visual yang membuatnya lebih mudah mencerna informasi yang berbentuk gambar. Penggunaan video sebagai bentuk media penyampaian informasi merupakan salah satu bentuk inovasi pengguna sosial media dalam pemanfaatan teknologi.

Semakin berkembangnya teknologi, pengemasan video juga turut beragam. Banyak konten creator yang mengemas videonya menjadi bentuk animasi sebagai bentuk inovasi konten. Animasi merupakan sebuah usaha mempresentasikan data statis menjadi hidup. Animasi jugadapat diartikan menjadi perubahan visual sepanjang waktu sehingga memberi kekuatan besar pada protek multimedia (Vaughan. 2004). Video animasi memberikan informasi berupa simulasi objek sampai menyerupai bentuk aslinya.

Biasanya video animasi digunakan sebagai m,ediapembelajaran, media penyampaian berita, dan juga media dalam mempromosikan sesuatu. Dalam pembuatan video animasi yang berjudul BST Short Commercial ini, kami menggunakan BST atau Batik Solo Trans, salah satu armada kendaraan umum di kota Solo sebagai objeknya. Berbicara mengenai kendaraan umum, BST atau yang memiliki kepanjangan Batik SoloTrans merupakan layanan angkutan cepat berbentuk bus yang beroperasi di Kota Surakarta. Layanan bus ini pertama kali diresmikan oleh Joko Widodo pada tanggal 1 September 2010 yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Peran aktif masyarakat di kota Surakarta untukturut menggunakan, menginformasikan, membujuk, mengingatkan, dan juga mempromosikan BSTsehingga dapat mendorong minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dalam berpergian. Hal ini bertujuan agar kota Surakarta terbebas dari polusi yang berlebihan dan juga sebagai upaya mendukung pembangunan di kota Surakarta. Pembuatan video promosi animasi dapat menjadi sarana penyampaian iformasi dan iklan yang lebih efektif. Pemilihan objek dalam pembuatan video animasi sebagai syarat Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Animasi Grafis ini adalah salah satu usaha kami meningkatkan strategi dan kualitas promosi BST dalam pengemasan baru.

Tujuan

Tujuan pembuatan video animasi berjudul “BST Short Commercial” adalah untuk mendekripsikan :
  1. Promosi BST menggunakan media audio visual
  2. Video animasi BST sebagai salah satu upaya mempromosikan Batik Solo Trans
  3. Hasil dari promosi Batik Solo Trans menggunakan video animasi
  4. Efektifitas penggunaan video animasi terhadap minat masyarakat untuk memilihmenggunakan BST sebagai kendaraan umum andalan
  5. Memenuhi permintaan dari Bapak Budi Yulianto ST,M.Sc.,Ph.D selaku perencana transportasi umum di Surakarta selaku perencana transportasi umum di Surakarta.
Manfaat Pembuatan Video Animasi

Adapun manfaat pembuatan video animasi dengan judul “BST Short Commercial” ini adalahsebagai berikut :

1. Bagi masyarakat, video animasi ini dapat menjadi salah satu bentuk video yangberisi informasi seputar BST. Melalui video ini kami berharap dapat menjadi jawaban untuk masyarakat terkait tata cara naik BST, rute perjalanan, jadwal keberangkatan di setiaphalte an lain lain.

2. Bagi pemerintah daerah Surakarta, video ini dapat menjadi salah satu bentuk mempromosikan BST dengan pengemasan yang ringan dan menarik 3. Bentuk penyampaian informasi kepada pengguna dan calon pengguna BST.

LANDASAN TEORI

Procreate adalah aplikasi yang menyediakan segala fitur yang dibutuhkan untuk membuat ilustrasi yang ekspresif. Hal yang disenangi kebanyakan pengguna aplikasi Procreate adalah user interface yang relatif sederhana. Hal yang paling menonjol dari aplikasi ini bukanlah fitur-fiturnya, melainkan seberapa responsif dan lancar aplikasi tersebut untuk digunakan. Dalampembuatan video iklan pendek yang mengusung tema BST ini applikasi procreate digunakanmulai dari sketch karakter, coloring dan menggerakan animasi. Sketch karakter animasi dilakukan berdasarkan tokoh utama pada iklan BST yang bernama Abdhan dan Ully menggunakan default brush tool dari applikasi Procreate, sketch karakter terinspirasi dari filmDisney “Luca”. Coloring karakter dikerjakan dengan menggunakan color palletes berdasarkanfoto referensi pada iklan BST dan fanart pengemar dari film Disney “Luca”. Menggerakan karakter yang sudah dibuat dan diwarnai sebelumnya, kami menggunakan fitur animationassist yang berada didalam Procreate.

Fl Studio (Fruity Loops) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam, mengubah dan membuat audio (lagu) yang diterbitkan oleh Image-Line yang dimana aplikasi ini ditujukan untuk musisi-musisi yang umumnya berkecimpung di dunia musik EDM(ElectronicDance Music). Banyak musisi dunia yang menggunakan aplikasi ini dalambermusikseperti Martin Garrix, Avichi, Alan Walker, David Guetta dan lainnya. Short Commercial BST project yang sedang kami kerjakan menggunakan FL Studio sebagai applikasi komposer suarapadaelemen music background original.

Premiere Pro adalah Adobe Premiere Pro adalah software pengeditan video profesional, salah satu yang terbaik di ranahnya. Kamu bisa menggunakan software ini baik ituuntukpengeditan online atau of line. Karena sudah tergabung ke dalam seri Adobe CC (creative cloud), software ini terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk mengedit video. Premiere Pro digunakan dalam menyunting footage, animasi serta text dari awal hingga akhirvideo short commercial BST, beberapa tools yang digunakan antara lain seperti 3Dbasic untukmengerakan icon-icon yang berada disekeliling karakter, Ultra key untuk menghilangkanbackground animasi serta tools lainnya.

METODE

- NASKAH

EXT. DEPAN BANK INDONESIA - DAY

Abdhan berjalan menuju rambu petunjuk jalan SURAKARTA “hai aku abdhan mahasiswa di surakarta”

Abdhan berjalan menyebrangi jalan menuju ke arah halte BALAIKOTA

“dulu lebih sering pake kendaraan pribadi sih daripadatransportasi umum”

Abdhan sampai didepan halte lalu duduk di kursi halte

“tapi semenjak beberapa bulan yang lalu udah mulai cobatuhubah kebiasaan lama dan mulai naik transportasi umum”

Abdhan berdiri melambaikan tangan ke BST yang lewat

“kalo di solo armada transportasi umumnya ada bstdanfeeder”

Abdhan berjalan menaiki BST

“pertama kali naik BST sebenernya agak bingung ya inipembayarannya gimana sih?”

Abdhan berada didalam BST tersenyum menyapa driver BST Driver BST membalas senyum Abdhan

Abdhan melakukan scaning melalui Applikasi BST

“Ternyata.. tinggal tap e money atau bisa lewat aplikasiteman bus, terus tinggal scan dehh waktu kaliannaikbusnya !”

Abdhan duduk di BST dan memamerkan applikasi TEMAN BUS “Yuk install aplikasinya dan cobain naik BST” Abdhan duduk dengan nyaman di BST

Abdhan berada di depan halte solo

“Yuk, mulai dari kita sendiri”


- DESAIN KARAKTER
Fisiologis : Pria, tinggi 170cm, berbadan

ideal, goodlooking, warna rambut hitam,

kulit putih.

Psikologis : ceria, rajin, peduli lingkungan

Sosiologis : seorang mahasiswa,

beragama islam, pribumi, berumur 22,

tinggal di surakarta

A. Pra Produksi

Pada tahapan ini kami melakukan riset lanjutan dari ide yang telah kami ajukan kepada dosen pengampu bapak Dedi Eko Nurcahyo. Dalam riset tersebut kami menemui bapak Budi Yulianto ST, M.Sc., Ph.D selaku perencana transportasi umum di Solo yang sebelumnya telah melakukan kerjasama pembuatan video promosi BST yang akandi upload dilaman Dishub Surakarta serta akun media sosial Dishub Surakarta. setelahitukami melakukan riset tahapan kedua untuk dijadikan bahan materi video iklan sosialisasi BST lalu kami menulis materi singkat yang relevan kepada orang-orang awam untuk memperkenalkan mereka pada transportasi umum di surakarta khususnya BST. 

Materi yang kami siapkan lalu diolah menjadi script dan shotlist untuk dijadikan pedoman dalam tahapan berikutnya. Kemudian kami melalui tahapan mencari talent dan melakukan reading pada talent serta menentukan jadwal produksi dan rundown produksi. selanjutnya kami melakukan tahapan recce dan menganalisa kondisi dilapangan sebelum hari produksi dimulai. sketch karakter animasi dan desain karakter dibuat berdasarkan 3D karakter yang kami tentukan.





B. Produksi

Pada tahapan produksi kami memulainya dengan melakukan pengambilan gambar sesuai dengan konsep script yang telah kami rancang sebelumnya. kami memastikan konsep yang telah kami rancang dapat kami visualisasikan dengan baik. pada tahapan shot produksi semua berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rundown yang telah kami buat. setelah pengambilan gambar dilakukan, kami menuju ke tahapan recording voice over talent. Kami juga memproduksi musik sendiri untuk dijadikan backsound original.





C. Pasca Produksi

Pada tahap pasca produksi kami melakukan proses editing terhadap footage dan audio yang sebelumnya telah kami sortir sesuai dengan konsep yang kami buat. kami melakukan meeting online beberpa kali untuk mendiskusikan progres tahapan editing animasi videoserta desain poster yang kami buat menggunakan applikasi Procreate dan animation assist. setelah animasi selesai dibuat pada applikasi Procreate, kami menexport hasil tersebut ke applikasi adobe premiere untuk menyempurnakan video.




KESIMPULAN

Animasi tidak hanya digunakan sebagai hiburan melainkan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran, pendidikan, penyampaian informasi dan juga iklan. Melainkan video animasi juga bisa digunakan sebagai bentuk promosi perseorangan ataupun badan lembaga. Dalam pembuatan video animasi ini kami memanfaatkan animasi sebagai video promosi BSTdi kota solo.

Oleh  Farid Wardyaka Yanuar Kosasih & Sutari Puspa Sucita 

DAFTAR PUSTAKA

Aliya, Humaira. 2022. “Adobe Premiere Pro : Apa Itu, Fitur-Fitur, danDaftarKelebihannya”, https://glints.com/id/lowongan/adobe-premiere-pro- adalah/#.YqNXaexBxPY , diakses pada 10 Juni 2022.
Oktriwina, Alifia. 2021. “Mengenal Procreate, Aplikasi Idaman di iPad untukParaIlustrator”, https://glints.com/id/lowongan/aplikasi-procreate/#.YqNfsuxBxPZ, diakses pada 10 Juni 2022.
Pramana, Riangga. 2018. “Sekilas Tentang FL Studio”, https://blog.isi- dps.ac.id/budipramana/sekilas-tentang-fl-studio , diakses pada 10 Juni 2022.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !