Amplitudo / Kekerasan Suara

0



Amplitudo adalah simpangan terjauh sebuah gelombang dari titik atau posisi kesetimbangan. Amplitudo juga bisa diartikan sebagai kekuatan gelombang sinyal. Gelombang yang lebih tinggi diartikan sebagai volume lebih tinggi. Terdapat sebuah gelombang pada gambar 1, garis y merupakan amplitudo dari puncak ke puncak sebuah gelombang yang disimbolkan dengan huruf A dalam sistem internasional. Sedangkan garis x ini merupakan titik kesetimbangannya. Selain itu, jarak antara B’-B dan F’-F tersebut merupakan amplitudo yang terletak pada puncak, begitu pula dengan jarak antara D’-D dan H’-H tersebut merupakan amplitudo yang terletak pada lembah.
Gambar 1. Gelombang

Keterangan:

B-F : Panjang Gelombang

E-I : Periode

Berdasarkan pola simpangan, amplitudo terbagi menjadi dua, yakni amplitudo getaran dan amplitudo gelombang. Perlu diketahui juga, ada tiga jenis amplitudo secara umum, diantaranya:
  1. Memiliki pengukuran skala yang non negatif dari besar osilasi gelombang.
  2. Memiliki jarak paling jauh dari posisi kesetimbangan dalam gelombang sinus.
  3. Memiliki simpangan terbesar dan terjauh dari posisi kesetimbangan dalam gelombang/getaran. Puncak Lembah
Selain itu ada jenis amplitudo lainnya, seperti gelombang pembawa (carrier), sinyal informasi analog, amplitude modulation (AM), frequency modulation (FM), dan phase modulation (PM).

Gambar 2. Jenis Amplitudo

Perbedaan besarnya tekanan akustik suara (sound pressure) dan gelombang suara yang terjadi, menyebabkan perbedaan kuat dan lemahnya suara yang terdengar. Amplitudo ini akan menentukan kerapatan udara dan ukuran bentangan, pada akhirnya menentukan kerasnya suara yang masuk ke telinga kita. Besarnya amplitudo mempengaruhi intensitas atau kekerasan suara (loudness). Semakin besar amplitudo maka akan semakin besar pula suara yang dihasilkan dan sebaliknya semakin kecil amplitudo maka akan kecil pula suara yang dihasilkan.

Intensitas suara diukur dalam satuan decibel (dB), yang merupakan ukuran intensitas relatif tekanan suara. Tekanan akustik suara diukur dalam db sound pressure level(dB-SPL). Manusia dapat mendengar suara dari 0 dB-SPL (ambang pendengaran) hingga 140 db-SPL (ambang nyeri). Rentang dari 0 dB-SPL (senyap) hingga 140 dB-SPL (paling keras) disebut rentang dinamis atau dynamic range pendengaran manusia.


Dapat dilihat pada gambar 3. semakin tinggi intensitas suara akan berwarna merah (peak), hal ini berbahaya bagi telinga yang dapat merusak pendengaran manusia.


Oleh Amelia Ayu Oktaviyani

DAFTAR PUSTAKA

Go, Arif. 2010. Materi Tata Suara 1 A. Scribd.com. https://id.scribd.com /doc/179634585/Materi-Tata-Suara-1-A. Diakses 16 September 2021.
Roboguru.ruangguru. 2021. Gambar Amplitudo Gelombang. https://roboguru.
ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-berikut-amplitudo-dari-gelombang-tersebut-ditunjukkan-oleh-_QU-HJKUHHFL. Diakses 19 September 2021.
Sitoresmi, Ayu R. 2021. Amplitudo adalah Jarak Terjauh dalam Gelombang, Pahami Definisi dan Jenis-Jenisnya. Liputan6. https://hot.liputan6.com/
read/4619482/amplitudo-adalah-jarak-terjauh-dalam-gelombang-pahami- definisi-dan-jenis-jenisnya. Diakses pada 18 September 2021.
Waluyanti, Sri. Dkk. 2008. Teknik Audio Video. Direktorat Pembinaan SMK. Jakarta.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !