20 Fakta Tentang Film Spongebob Squarepants Yang Wajib Banget Kamu Ketahui

0


SpongeBob SquarePants (juga hanya disebut sebagai SpongeBob) adalah serial televisi komedi animasi Amerika yang dibuat oleh pendidik ilmu kelautan dan animator Stephen Hillenburg untuk Nickelodeon. Serial ini menceritakan petualangan karakter utama dan teman-teman akuatiknya di kota bawah laut fiksi Bikini Bottom. Menjadi serial animasi Amerika terlama kelima, popularitasnya yang tinggi telah menjadikannya waralaba media. Ini adalah serial berperingkat tertinggi yang ditayangkan di Nickelodeon serta properti paling menguntungkan untuk Produk Konsumen ViacomCBS, setelah menghasilkan lebih dari $13 miliar pendapatan merchandising pada 2019.

Berikut merupakan fakta mengenai film animasi serial SpongeBob Squarepants.

1. SpongeBob SquarePants awalnya memiliki nama SpongeBoy.

Selama pengembangan awal film Spongebob pada tahun 1994, SpongeBob SquarePants memiliki nama "SpongeBoy" tanpa nama belakang yang diketahui. Film ini awalnya akan memiliki judul, SpongeBoy Ahoy!. Namun, produk pel sudah memiliki merek hak cipta dagang namanya, jadi mereka harus mengubah nama karakter dan filmnya.


2. Pencipta serial animasi SpongeBob Squarepants belajar ilmu biologi kelautan.

Melihat subjek film SpongeBob Squarepants, mungkin tidak mengherankan bahwa Stephen Hillenburg, pencipta seri SpongeBob SquarePants, belajar di jurusan ilmu kelautan dan mengambil kelas seni. Saat ia tumbuh dewasa, Hillenburg mengembangkan kecintaannya untuk laut dan gairah untuk menggambar, yang membuat perpaduan sempurna dari keduanya. Pada tahun 1984, ia menyelesaikan gelar sarjana dalam perencanaan sumber daya alam yang menekankan pada sumber daya laut di Humboldt State University di Arcata, California.

Selain menggambar, Stephen Hillenburg juga senang mengajar dan bekerja sebagai pendidik di Ocean Institute – sebelumnya bernama Orange County Marine Institute – di California.

Pencipta "Spongebob Squarepants", Stephen Hillenburg meninggal dunia. (Foto: Instagram/@monbritt)

3. Sama seperti SpongeBob, Stephen Hillenburg pernah bekerja sebagai juru masak.

Dalam serial animasi, SpongeBob bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran bawah laut yang dijalankan oleh Mr. Eugene Krabs. Anehnya, pembuat acara juga memiliki pengalaman langsung bekerja sebagai juru masak. Beberapa musim panas setelah lulus dari sekolah menengah, Stephen Hillenburg bekerja sebagai juru masak lobster di sebuah restoran di Maine.

Stephen Hillenburg's animated series SpongeBob SquarePants

4. Karakter Pada Seri Animasi SpongeBob Squarepants didasarkan pada buku komik Stephen Hillenburg yang tidak diterbitkan.

Selama berada di Ocean Institute, salah satu direktur pendidikan memberi kesempatan kepada Stephen Hillenburg untuk membuat buku komik pendidikan tentang kolam pasang surut dan penghuninya. Mengambil tawaran itu, Hillenburg melanjutkan untuk menulis dan mengilustrasikan The Intertidal Zone pada tahun 1984. Buku komik ini menampilkan hewan laut antropomorfik, yang banyak di antaranya menjadi karakter dalam seri masa depannya.

Salah satu karakter terkenal di The Intertidal Zone adalah Bob the Sponge, salah satu pembawa acara buku tersebut. Sebagai hewan favorit Hillenburg, Bob the Sponge adalah spons laut yang menjadi inspirasi awal karakter SpongeBob. Tidak seperti bentuk spons dapur SpongeBob, Bob the Sponge menyerupai spons laut melingkar. Hillenburg berusaha untuk menerbitkan buku itu, tetapi penerbit akhirnya menolaknya.

Kemudian, Hillenburg mendaftar di California Institute of the Arts, mengejar Program Animasi pada tahun 1898. Setelah mendapatkan gelar Master of Fine Arts dalam animasi eksperimental, karir animasi Hillenburg dimulai. Akhirnya, Hillenburg menjadi direktur Rocko's Modern Life, mengembangkan seri SpongeBob SquarePants setelah penolakannya.

Encyclopedia SpongeBobia - Fandom

5. Bikini Bottom terinspirasi dari tempat nyata.

Serial SpongeBob Squarepants sebagian besar berlatar belakang di Bikini Bottom, kota bawah laut tempat SpongeBob tinggal. Tempat fiktif ini mengambil inspirasi dari lokasi kehidupan nyata Bikini Atoll, sebuah terumbu karang di Samudra Pasifik.

Dulunya merupakan situs uji coba nuklir Amerika Serikat, Kita tidak akan menemukan siapa pun di Bikini Atoll selain ikan dan makhluk laut lainnya. Lokasi tersebut bahkan mengilhami para fans bahwa karakter di serial SpongeBob Squarepants sebenarnya adalah hasil uji coba nuklir.

Encyclopedia SpongeBobia - Fandom

6. Stephen Hillenburg menciptakan Tuan Krabs terinspirasi mantan manajernya.

Bos mata duitan SpongeBob di Krusty Krab berdasarkan orang yang nyata dalam kehidupan Stephen Hillenburg. Hillenburg merancang karakter Tuan Krabs dari mantan manajernya di restoran makanan laut tempat dia bekerja. Dia menjelaskan bahwa manajer itu adalah mantan juru masak tentara berkepala merah dan berotot.

Pemilik restoran juga berbicara dengan aksen yang kuat, yang mengingatkan Hillenburg pada bajak laut. Dengan demikian Hillenburg memasukkan sifat-sifat ini ke dalam majikan SpongeBob, Eugene Krabs. Meskipun Tuan Krabs terkenal suka pada uang, Hillenburg menjelaskan bahwa dia hanya menambahkan sifat ini untuk memberikan Tuan Krabs kepribadian yang lebih khas.

screenrant.com

7. SpongeBob SquarePants dan Patchy the Pirate adalah aktor yang sama.

Beberapa episode SpongeBob SquarePants menampilkan pembawa acara live-action bernama Patchy the Pirate. Hebatnya lagi, aktor yang memerankan Patchy the Pirate juga merupakan orang yang sama yang mengisi suara SpongeBob. Meski berbeda karakter, keduanya diperankan oleh pengisi suara ternama Tom Kenny.

Sepanjang pertunjukan, Tom Kenny memenangkan banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Annie 2010 untuk Akting Suara Terbaik dalam Produksi Televisi Animasi dan dua Penghargaan Emmy. Dia juga terkenal menyuarakan Dog di CatDog, The Narrator, Mayor di PowerPuff Girls, dan Ice King di Adventure Time. Yang cukup menarik, Tom Kenny menikah dengan Jill Talley, yang mengisi suara istri komputer Plankton, Karen di SpongeBob SquarePants.

https://carboncostume.com/

8. Krabby Patty tidak menggunakan daging apapun.

Plankton kebanyakan memikirkan satu hal: memperoleh formula rahasia Krabby Patty. Krabby Patty adalah makanan khas Krusty Krab, dengan kesuksesannya karena bahan-bahan rahasia Tuan Krabs.

Pada tiap Episode serial ini tidak pernah mengungkapkan resep burger patty terlaris. Beberapa penggemar berteori bahwa Krabby Patty melibatkan penggunaan daging kepiting karena namanya dan fakta bahwa bangunan Krusty Krab terlihat seperti perangkap kepiting. Namun, Stephen Hillenburg menyatakan bahwa Krabby Patty adalah vegetarian dan tidak menggunakan daging dalam bentuk apapun.

Foto: MentalFloss

9. Peneliti menamai jamur dengan nama SpongeBob SquarePants.

Pada tahun 2011, ahli mikologi Amerika Dennis E. Desjardin, Kabir Peay, dan Thomas Bruns pertama kali menemukan jamur yang dikumpulkan Bruns di Taman Nasional Bukit Lambir di Malaysia. Spesimen jamur memiliki bau apek dan tubuh buah seperti spons. Analisis mengungkapkan bahwa jamur tersebut termasuk dalam genus Spongiforma, dan memberinya nama Spongiforma squarepantsii, setelah SpongeBob SquarePants. Penulis menjelaskan bahwa tubuh buah spons dari jamur menyerupai tubuh SpongeBob sendiri, dan permukaan bantalan sporanya mengingatkan mereka pada sebuah dasar laut yang tertutup spons.

Foto: Wikipedia

10. Squidward adalah gurita, bukan cumi-cumi.

Terlepas dari namanya, tetangga SpongeBob yang selalu pemarah yaitu Squidward Tentacles, sebenarnya adalah gurita, tetapi dia hanya memiliki enam tentakel, bukan delapan. Para desainer memilih untuk menggambarkan dia seperti itu karena delapan tentakel akan terlalu berat untuk dilihat secara visual.

Foto: TV Overmind

11. Beberapa selebriti menjadi karakter tamu di SpongeBob SquarePants.

Berbagai selebriti seperti LeBron James, David Bowie, Will Ferrell, Tina Fey, Johnny Depp, David Hasselhoff, dan Scarlett Johannson muncul sebagai tamu (pengisi suara) dalam episode atau film SpongeBob. Beberapa selebriti ini setuju untuk menjadi bintang tamu karena anak-anak mereka menonton serial ini, sementara beberapa dari mereka adalah penggemar berat SpongeBob sendiri. Dari semua selebriti, Ernest Borgnine dan Tim Conway membuat penampilan terbanyak dalam serial ini, mengisi suara pahlawan super favorit SpongeBob, Mermaid Man dan Barnacle Boy.

Meskipun selebriti menjadi bintang tamu sejak dalam serial SpongeBob, Stephen Hillenburg tidak terlalu tertarik dengan ide tersebut. Dia ingin menghindarinya sebisa mungkin, menjelaskan bahwa penonton mungkin akan membandingkannya dengan serial animasi populer lainnya, The Simpsons.

Johnny Depp Via Istimewa

12. Hillenburg dan timnya tampil habis-habisan saat melakukan produksi film.

Setelah menciptakan ide untuk serial film, Stephen Hillenburg dan krunya harus mengajukannya ke Nickelodeon agar mereka membiayai dan menayangkannya. Para kru harus meyakinkan para eksekutif Nickelodeon bahwa itu layak untuk ditayangkan di televisi. Hillenburg dan timnya kemudian memutuskan untuk tampil habis-habisan di tempat produksi. Selama pitch, Hillenburg mengenakan kemeja Hawaii dan kotak boom untuk memainkan musik Hawaii. Para kru juga membawa terarium bawah air lengkap dengan model-model karakter pertunjukan.

Pitch itu sukses luar biasa. Dua eksekutif bahkan harus meninggalkan ruangan selama pitch karena mereka harus menenangkan diri setelah tertawa terbahak-bahak. Nickelodeon mendanai tim dan memberi mereka waktu dua minggu untuk menulis episode percontohan. Setelah pemutaran perdana episode Help Wanted, para eksekutif Nickelodeon langsung ingin melihatnya lagi karena humornya yang unik.

Foto: Wikipedia

13. Film pertama menggunakan replika David Hasselhoff setinggi 12 kaki.

Dalam film tahun 2004 The SpongeBob SquarePants Movie, David Hasselhoff muncul sebagai dirinya sendiri dan datang untuk menyelamatkan SpongeBob dan Patrick. Kru film memiliki replika Hasselhoff yang lebih besar dari aslinya yang dibuat untuk efek visual, dan tingginya kira-kira lebih dari 12 kaki (3,7 m). Replika ini menghabiskan sekitar $100.000 dari anggaran film.

Foto: IMDB

14. Lagu "Sweet Victory" menjadi terkenal karena dinyanyikan di serial SpongeBob Squarepants.

Episode "Band Geeks" terus menjadi episode populer, yang dianggap banyak orang sebagai episode terbaik dalam serial ini. Di episode inilah mereka menampilkan lagu rock "Sweet Victory" untuk membuat kolaborasi adegan akhir. Namun, sebelum episode itu membuahkan hasil, produser Spongebob awalnya memilih musik marching yang bebas royalti. Menemukan lagu marching yang tepat terbukti menjadi sebuah tantangan, jadi mereka memilih untuk menggunakan “Sweet Victory” karya David Glen Eisley.

Mereka kemudian merilis lagu tersebut sebagai bagian dari album soundtrack seri resmi berjudul “Spongebob SquarePants: The Yellow Album pada tanggal 15 November 2005. Hal ini menyebabkan popularitas lagu tersebut meroket, bergeser dari yang relatif underground menjadi terjual lebih dari 300.000 kopi di iTunes hanya dalam setahun. setelah Nickelodeon menayangkan episode tersebut.

Foto: theverge.com

15. Patrick awalnya dimaksudkan untuk menjadi pemilik bar yang marah.

Sebagai sahabat SpongeBob yang konyol dan lucu, Patrick menjadi favorit banyak orang karena kebodohannya. Dia adalah bintang laut merah muda yang kelebihan berat badan, sering mengalami situasi yang merepotkan. Namun, sebelum konsep karakter yang sangat dicintai ini dibuat, Stephen Hillenburg menciptakan karakter bintang laut yang merupakan pemilik bar yang kejam dan pemarah. Hillenburg kemudian mengembangkan karakternya lebih dekat dengan sifat sebenarnya dari bintang lau yaitu tampak lambat dan bodoh, tetapi bisa sangat aktif dan cukup agresif.

Foto: MSN

16. Kru merekam Tom Kenny tergeletak di lantai dalam satu episode karena tertawa terbahak-bahak.

Selama perekaman episode musim kedua Sailor Mouth, para pemain harus berimprovisasi dengan kata-kata cacian dan makian. Ketika mereka tidak berhasil memalsukan sumpah serapah, mereka harus benar-benar mengatakan kata-kata kotor, yang akan disensor oleh editor dengan suara lumba-lumba. Saat merekam untuk episode ini, Tom Kenny tertawa terbahak-bahak sampai staf merekamnya saat dia sampai berbaring di lantai.

Foto: Youtube

17. Satu episode memicu perdebatan politik karena penggambarannya tentang pengangguran.

Cerita SpongeBob menggunakan berbagai tema sambil berusaha menghindari humor topikal, tetapi episode berjudul "Spongebob, You're Fired" telah memicu kontroversi substansial. Episode tersebut pertama kali muncul di San Diego Comic-con International pada tahun 2013, dan itu menunjukkan bahwa Mr. Krabs memecat Spongebob dari pekerjaannya sebagai juru masak di Krusty Krab. SpongeBob kemudian menghadapi kesulitan pengangguran seiring berjalannya cerita, tetapi berbagai pemirsa menyatakan kemarahannya pada bagaimana cerita itu ditulis.

Plot akhirnya menjadi subyek perdebatan politik yang sebenarnya, di mana lembaga-lembaga seperti Media Matters for America mendalilkan bahwa berbagai newsgroup menggunakan acara itu untuk mempermalukan orang miskin yang bergantung pada layanan sosial. Karena masalah ini, episode tersebut menarik lebih dari 5,19 juta penonton, yang sejauh ini merupakan penonton terbesar sejak 2011.

Foto: Wikipedia

18. Kementerian pendidikan Kazakhstan menganggap SpongeBob SquarePants "terlalu kasar untuk anak-anak".

Sementara sebagian besar dunia menikmati kelucuan SpongeBob dan teman-temannya, pemirsa lain mungkin berbeda. Ini termasuk perwakilan dari kementerian pendidikan Kazakhstan. Menurut perwakilannya, SpongeBob Squarepants adalah film yang merusak anak-anak, karena menormalkan kelucuan SpongeBob dan sering kali ceroboh. Mereka juga percaya bahwa karakter SpongeBob Squarepants adalah pengganggu yang egois, yang secara teratur dan sadar merugikan komunitasnya di Bikini Bottom.

Foto: Youtube

19. Album "Ween The Mollusk" adalah salah satu musik yang berpengaruh bagi penciptaan SpongeBob.

Dengan soundtrack yang penuh warna, album Ween The Mollusk sangat memengaruhi Stephen Hillenburg untuk membuat serial tersebut, dengan Hillenburg bahkan menghubungi band untuk memberi lagunya untuk serial.

Sejak itu, Ween telah menyumbangkan lagu untuk banyak episode dan film Spongebob, termasuk Loop de Loop pada tahun 2002. Film tahun 2004 juga menampilkan Ocean Man, sebuah lagu dari album The Mollusk, dalam penutup episode.

Foto: liveforlivemusic.com

20. Nickelodeon awalnya ingin SpongeBob SquarePants menjadi anak yang bersekolah.

Awalnya, Nickelodeon ingin menjadikan SpongeBob sebagai anak yang bersekolah, yang menjadi target audiens mereka. Namun, ini bertentangan dengan visi karakter Hillenburg. Hillenburg selalu membayangkan SpongeBob sebagai orang dewasa dengan imajinasi dan kepolosan seorang anak, dan dia bersikeras akan hal itu. Faktanya, dia hampir meninggalkan Nickelodeon karena bersikeras bahwa SpongeBob adalah anak yang bersekolah, sampai mereka mencapai kompromi. SpongeBob menjadi orang dewasa yang bersekolah di sekolah berperahu.

Spongebob sekarang menjadi karakter yang sangat dicintai karena kepribadiannya yang ceria, optimis, dan dinamis. Hillenburg mengungkapkan bahwa ia mendapat inspirasi dari tokoh media kekanak-kanakan favoritnya. Hillenburg mendasarkan kepribadian Spongebob yang polos dan kekanak-kanakan pada Charlie Chaplin, Jerry Lewis, dan Pee-wee Herman.

Foto: Youtube

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !