15 Fobia Aneh Yang Mungkin Kamu Tidak Mengetahuinya Tapi Mereka Eksis

0

Fobia adalah reaksi ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional. Jika kamu memiliki fobia, kamu mungkin mengalami rasa takut atau panik yang ekstrim ketika menemukan sumber ketakutan fobiamu. Ketakutan dapat berupa tempat, situasi, atau objek tertentu. Tidak seperti gangguan kecemasan umum, fobia biasanya terhubung dengan sesuatu yang spesifik.

Dampak fobia dapat berkisar dari mengganggu hingga sangat melumpuhkan. Orang dengan fobia sering menyadari ketakutan mereka tidak rasional, tetapi mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Ketakutan seperti itu dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, dan hubungan pribadi.

Berikut merupakan 15 Fobia aneh yang mungkin kamu tidak mengetahuinya akan tetapi mereka eksis.

1. Somniphobia: Takut tidur

Somniphobia sering melibatkan ketakutan tidur yang tidak rasional dan berlebihan. Orang yang memiliki fobia ini menganggap tertidur sama dengan kematian. Mereka juga takut kehilangan waktu saat tidur. Karena tidur sangat penting bagi manusia dan memiliki banyak manfaat kesehatan, kurang tidur yang cukup dalam jangka panjang meningkatkan risiko flu, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Foto: Sehatq.com

2. Caligynephobia: Takut pada wanita cantik

Caligynephobia juga dikenal sebagai Venustraphobia. Ini adalah salah satu fobia aneh yaitu ketakutan abnormal terhadap wanita cantik. Meskipun mungkin umum bagi pria untuk terintimidasi oleh seseorang wanita yang cantik, mereka yang menderita kondisi ini menganggapnya ekstrem. Mereka mengalami mati rasa di kaki dan tangan, merasakan nyeri dada, atau pingsan di sekitar wanita yang menarik.

Foto: thebeautyholic.com

3. Kathisophobia: Takut duduk

Kathisophobia adalah fobia spesifik yang terkait dengan rasa takut untuk duduk. Hal ini terkait dengan Thassophobia, yaitu rasa takut untuk duduk atau bermalas-malasan. Orang yang memiliki fobia ini biasanya mengalami ketakutan, kecemasan yang ekstrim, dan apa pun yang terkait dengan kepanikan seperti keringat berlebih, pernapasan cepat, mual, detak jantung tidak teratur, mulut kering, gemetar, dan ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata dan kalimat.

Foto: Wattpad

4. Chaetophobia: Takut pada rambut

Chaetophobia adalah salah satu fobia aneh yang melibatkan bagian tubuh manusia. Fobia ini mencakup ketakutan seseorang terhadap rambut – apakah itu rambut mereka sendiri, orang lain, atau bahkan bulu binatang. Orang yang menderita Chaetophobia sering menghindari menyentuh rambut mereka atau orang lain. Mereka mungkin juga tidak dapat bergerak dengan melihat segumpal rambut di lantai, sehingga sangat sulit untuk memotong rambut. Kondisi ini mungkin timbul dari pengalaman traumatis seperti potongan rambut yang buruk, kehilangan banyak rambut atau menjadi botak.

Foto: twitter SERIOUSLY STRANGE

5. Omphalophobia: Takut pada pusar

Omphalophobia adalah ketakutan akan pusar. Fobia ini terkait dengan hubungan pusar dengan tali pusar dan rahim ibu. Orang yang menderita Omphalophobia menghindari melihat atau takut menyentuh pusar, bahkan pusar mereka sendiri. Mereka mungkin menutupi pusar mereka dengan membalutnya dan menghindari tempat-tempat yang penuh dengan perut terbuka seperti pantai.

Foto: Brilio.net

6. Geliophobia: Takut tertawa

Orang dengan Geliophobia memiliki ketakutan akan tertawa. Mereka juga membenci suara tawa atau cekikikan orang lain jika mereka memiliki salah satu fobia aneh ini. Beberapa orang hanya merasa sedikit tidak nyaman, sementara yang lain juga bisa mulai mengalami sesak nafas. Ini mungkin disebabkan oleh tertawa pada waktu yang tidak tepat dan sebagai akibatnya mengalami rasa malu ekstrim. Seseorang yang Geliofobik juga dapat ditertawakan karena berbagai alasan di luar kendali mereka.

Foto: Phobia wiki fandonm

7. Plutophobia: Takut akan uang

Plutophobia melibatkan ketakutan akan uang atau kekayaan. Ini adalah salah satu fobia aneh yang dapat bermanifestasi sebagai ketakutan pada uang itu sendiri, menjadi kaya, atau orang kaya. Orang yang menderita Plutophobia sering kali takut menghasilkan lebih banyak uang, menjadi kaya, atau takut pada orang kaya. Mereka takut akan uang itu sendiri dan harus menghadapinya. Fobia ini mungkin berasal dari ketakutan akan tekanan dan tanggung jawab yang datang dengan kekayaan atau ketakutan akan dirampok.

Foto: IDN times

8. Dextrophobia: Takut memiliki benda di sebelah kanan

Dextrophobia adalah ketakutan spesifik atau terisolasi karena memiliki benda di sebelah kanan. Ini adalah bentuk gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang berpusat pada faktor kunci non-sosial. Fobia ini sering cenderung muncul dari trauma sebelumnya (biasanya melukai fisik) yang dialami di masa kanak-kanak. Orang dengan Dextrophobia tidak tahan memiliki benda di sisi kanan tubuh mereka. Dalam kasus ekstrim, mereka akan mengatur ulang lingkungan mereka untuk menghindari rasa takut ini.

Foto: Wattpad

9. Siderophobia: Takut pada bintang

Orang dengan Siderophobia tidak menikmati melihat bintang di malam hari seperti kebanyakan dari kita. Mereka memiliki rasa takut pada bintang, yang merupakan fobia yang sangat langka dan aneh. Siderophobics sering menghindari tinggal di luar di malam hari dan menutup tirai mereka untuk menghindari kewalahan oleh luasnya alam semesta. Jika mereka melihat bintang, orang yang menderita Siderophobia mungkin pingsan, merasa mual, kehilangan kendali atas pikiran mereka, memiliki detak jantung yang meningkat, dan menderita serangan panik.

Foto: VirtualPshyCenter

10. Ablutophobia: Takut mandi dan bersih-bersih

Ablutophobia adalah ketakutan untuk mandi dan membersihkan diri. Ini adalah salah satu fobia aneh yang lebih banyak terjadi pada anak-anak, tetapi masih bisa terjadi pada orang dewasa. Orang dengan Ablutophobia menghindari mandi atau mandi yang menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan dan terkadang isolasi sosial. Itu berasal dari peristiwa masa lalu yang traumatis yang melibatkan air atau takut basah.

Foto: Sehatq.com

11. Arachibutyrophobia: Takut selai kacang menempel di langit-langit mulut

Arachibutyrophobia adalah ketakutan akan selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Meskipun itu adalah perasaan yang tidak nyaman bagi kebanyakan dari kita, orang-orang dengan fobia ini cemas dan takut akan hal itu. Mereka mungkin menghindari produk berbasis kacang seperti selai kacang dan es krim. Ini dapat berakar pada fobia yang lebih luas seperti rasa takut akan tekstur yang lengket atau tersedak.

Foto: Kabar6.com

12. Hylophobia: Takut pada pohon

Hylophobia adalah ketakutan irasional terhadap pohon, kayu, atau hutan. Ketakutan ini sering dikaitkan dengan paparan film masa kecil dan dongeng yang melibatkan hutan menakutkan. Kecemasan ekstrim mereka dapat dipicu dengan berjalan di daerah berhutan atau hutan.

Foto: Detikcom

13. Optophobia: Takut membuka mata

Optophobia adalah ketakutan yang tidak normal ketika membuka mata. Fobia yang tidak biasa ini bisa sangat melemahkan bagi orang yang menderitanya karena mereka lebih suka tinggal di dalam ruangan atau di ruangan yang remang-remang. Sulit bagi mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa melihat dan membuka mata. Optophobia dikaitkan dengan gangguan kecemasan umum dan dihasilkan dari melihat atau menyaksikan insiden traumatis.

Foto: Bestglitz.com

14. Phagophobia: Takut menelan

Phagophobia adalah fobia langka dan spesifik yang melibatkan rasa takut menelan. Kadang-kadang bingung dengan Pseudodysphagia atau takut tersedak. Fagofobia biasanya dipicu oleh pengalaman negatif saat makan. Orang yang menderita ini merasakan kecemasan dan ketegangan yang menyebabkan otot tenggorokan mereka mengerut. Mereka mungkin mendapati diri mereka secara fisik tidak dapat menelan karena mereka menjadi terlalu cemas, yang pada gilirannya memperburuk ketakutan mereka.

Foto: https://www.tranceformpsychology.com/

15. Nomophobia: Takut ketika tidak memegang ponsel/HP

Nomophobia dibawa oleh rasa takut tidak memegang ponsel/HP, kehilangan sinyal, kehabisan baterai, atau bahkan kehilangan ponsel. Orang yang memiliki salah satu fobia aneh ini memeriksa ponsel mereka secara sering dan mengalami kecemasan yang ekstrem jika mereka tidak dapat menggunakan ponsel mereka. Ketakutan ini seringkali bermula dari kecanduan ponsel.

Foto: https://www.emergency-live.com/

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !