10 Film yang Bertemakan tentang Hacker

0




Film adalah media hiburan yang digemari oleh semua orang. Film juga seringkali membawakan kisah-kisah yang menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah film- film dengan tema tentang hacker. Kemajuan teknologi mendorong aktivitas manusia beralih ke digitalisasi. Mulai dari sosiolasi, informasi, sampai ekonomi semua bisa dilakukan secara digital. Namun hal tersebut juga mempunyai dampak yang buruk. Karena di dunia yang serba digital seperti sekarang, ada para hacker yang dapat meretas sistem keamanan pada perangkat digital. Tujuan hacker adalah seringkali untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem. Tak heran jika film tentang hacker mudah laku di pasaran, sebab alur ceritanya selalu menarik, dengan dibumbui genre action ataupun misteri dalam keseluruhan cerita.

1) Swordfish (2001)


Merupakan film yang dirilis tahun 2001. Mengisahkan tentang tokoh bernama Stanley Jobson (Hugh Jackman), seorang narapidana karena kasus peretasan. Karena kasusnya itu Stanley harus mengalami masa-masa sulit dan bahkan ditinggal istri dan anaknya. Kemudian ia bertemu dengan Ginger (Halle Berry), yang membutuhkan jasanya untuk proyek besar yang diketahui oleh Gabriel Shear (John Travolta) dan Ginger juga memberikan janji kepada Stanley untuk dia bisa bertemu mantan istri dan anaknya lagi.

2) Blackhat (2015)


Film kedua ini menceritakan tentang hacker kepolisian vs hacker penjahat. Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth), seorang narapidana yang dibebaskan untuk membantu menangkap seseorang yang diduga melakukan kejahatan dunia maya tingkat tinggi. Bersama partner dari Amerika dan Tiongkok, ia melakukan pengejaran dari Chicago ke Los Angeles ke Hong Kong sampai ke Jakarta.

3) Hacker (2016)


Selanjutnya adalah film yang berjudul Hacker. Film ini adalah film yang disutradarai oleh Akan Satayev dan diproduksi pada tahun 2016. Bercerita tentang kisah Alex, seorang pemuda imigran asal Ukraina yang datang ke Canada bersama keluarganya untuk kehidupan yang lebih baik. Suatu hari, Alex memutuskan untuk pindah ke kota untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Namun nyatanya, Alex harus bekerja secara ilegal

di internet untuk membantu keuangan kedua orang tuanya. Dalam membantu pekerjaannya, Alex dibantu oleh dua temannya yaitu Sye dan Kira.

4) Boy 7 (2015)


Film ini berasal dari negeri kincir angin Belanda. Film Boy 7 ini akan menceritakan kisah dari seorang pemuda bernama Sam yang terbangun di kereta bawah tanah dengan kondisi kehilangan ingatan. Ia pun memutuskan ingin mencari tahu identitasnya. Ia pun mulai identitas dirinya dengan mencari tahu apa isi barang-barang yang ada di ranselnya yang mungkin dapat membantu Sam dalam mengembalikan ingatannya. Akan tetapi semakin Sam mencari tahu tentang identitas dirinya, semakin dirinya berada dalam bahaya.

5) Mr. Robot (2015)


Merupakan serial drama thriller yang tayang perdana pada tahun 2015. Serial ini mengisahkan tentang seseorang bernama Elliot Alderson (Rami Malek) yang bekerja di

perusahaan bernama Allsafe sebagai ahli keamanan siber. Tapi pada malam hari, ia bekerja sebagai peretas yang memiliki gangguan kecemasan sosial, identitas disosiatif, dan depresi klinis. Keadaan tersebut membuat dirinya memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan ilegal dan harus bertemu terapis. Suatu hari ia ditemui sesorang dan direkrut oleh kelompok peretas Fsociety. Pada Kelompok ini Elliot berperan sebagai Mr. Robot.

6) WarGames (1983)


Dalam film ini dikisahkan organisasi NORAD (North American Aerospace Defense Command) yang ingin menggantikan fungsi manusia untuk peluncuran hulu ledak nuklir dengan kecerdasan buatan bernama WOPR (War Operation Plan Response). Disamping itu ada seorang pemuda bernama David (Matthew Broderick) yang dapat meretas permainan simulasi perang dunia III. Tak disangka sistem game itu terhubung dengan sistem WOPR. Hal ini menjadikan David sebagai buronan karena tindakannya. Ia pun berusaha melarikan diri dari FBI atas dugaan spionase.

7) Who Am I (2014)


Dirilis pada tahun 2014. Film ini berkisah tentang Benjamin, seorang jenius komputer asal Jerman yang masih muda. Benjamin memiliki impian untuk bertemu idolanya MRX, seorang peretas terhandal di dunia. Kemudian karena keahlian yang dimilikianya, ia diajak bergabung dalam grup peretas bernama CLAY (Clown Laugh At You) yang ingin diperhatikan atau dilihat oleh dunia. Ia kemudian meretas beberapa sistem yang kemudian menimbulkan masalah pada dirinya dan harus berhadapan dengan hukum.

8) Snowden (2016)


Edward Snowden mantan ahli komputer intelijen CIA dan NASA. Snowden berakhir membocorkan rahasia kedua badan intelijen tersebut kepada salah satu media ternama di Amerika. Tindakannya ini dianggap pahlawan oleh masyarakat namun juga dianggap

pengkhianat oleh CIA dan NASA. Alasannya membocorkan rahasia kedua organisasi, lantaran ia merasa kedua organisasi itu bersalah karena seperti selama ini mereka selalu memata-matai seluruh kegiatan internet yang dilakukan warganya. Tak hanya warga, bahkan beberapa pemimpin negara juga turut berimbas.

9) Eagle Eye (2008)


Mengisahkan tentang pelarian antara dua orang. Jerry Shaw (Shia LaBeouf) tiba-tiba mendapat telepon dari seorang wanita bernama Rachel Holloman (Michelle Monaghan), yang mengabarkan bahwa kini mereka menjadi buronan FBI karena tiba-tiba tabungan Jerry dipenuhi banyak uang dan tempat tinggalnya mendapat kiriman senjata.

10) The Throwaways (2015)


Film ini berpusat pada seorang hacker bernama Sam Huntington yang berhasil ditangkap oleh CIA karena tindakannya. Setelah ditangkap ia diberi pilihan bekerja untuk mereka atau menghabiskan sisa hidupnya di penjara. Kemudian Ia Memilih untuk membantu CIA, dia pun segera membentuk sebuah tim dalam menangkap target yang paling dicari.

Oleh : Fery Septiono

Daftar Bacaan:

Shopback. 2020. Inilah Daftar 17 Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton. https://www.shopback.co.id/katashopback/film-hacker-terbaik (diakses pada 2 Maret 2022)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !