10 Film Terbaik Studio Ghibli

0

Video 10 Film Terbaik Studio Ghibli


1. Spirited Away


Film Spirited away adalah salah satu film animasi jepang paling sukses, dengan total keuntungan 30.4 Miliar Yen di jepang saja. film Spirited Away juga adalah film dengan debut yang paling sukses. Film ini juga menyabet berbagai penghargaan seperti memenangkan Oscar dalam kategori Best Animated Feature pada tahun 2003. Film ini menceritakan petualangan seorang anak perempuan kecil berusia 10 tahun Bernama Chihiri Ogino yang terjebak di dalam dunia arwah untuk menyelamatkan orang tuanya yang berubah menjadi Babi


2. My Neighbor Totoro


My Neighbor Totoro atau Tonari no Totoro adalah film animasi kaya Hayao Miyazaki pada tahun 1993. My Neighbor Totoro adalah sebuah Film keluarga yang menceritakan Tatsuo Kusakabe yang pindah ke desa membawa 2 orang putrinya Satsuki dan mei agar bisa lebih dekat dengan ibu mereka yang sedang sakit. Satsuki an juga Mei yang mencoba membiasakan diri tinggal di pedesaan, mei melihat seekor makhluk kelinci kecil dan mengikutinya sampai masuk ke hutan dan disanalah mei bertemu dengan Roh hutan Raksasa bernama Totoro dan mei berteman dengannya, tidak lama Satsuki juga bertemu dengan Totoro dan keduanya terlibat dengan petualangan kecil kecilan dengan Totoro dan bertemu dengan makhluk makhluk lainnya.

My neighbor Totoro dianggal sebagai film animasi jepang terbaik sepanjang masa dan juga dinobatkan sebagai salah satu dari film keluarga terbaik di bawah toy story 2 dan diatas Shrek.

3. Kiki’s Delivery Service


Kiki’s Delivery Service adalah film karya Hayao Miyazaki yang tayang pada tahun 1989. Film ini bertema Fantasy dan juga seperti film feminis karena hampir tidak ada karakter laki laki sama sekali. Film ini dengan lembut membicarakan tentang masalah kedewasaan seperti kepercayaan diri, insecurity, dan bahkan hal yang lebih berani yang disiratkan di dalam sebuah film anak anak, sexuality. Yang bahkan film barat belum tentu berani

Film ini bercerita tentang Kiki seorang penyihir muda yang sudah menginjak usia 13 tahun dimana dia harus pergi dari rumah untuk merantau sebagai bagian dari tradisi untuk pergi ke kota dan belajar sihir. Kiki dengan kucingnya Jiji dan sapu terbangnya akhirnya pergi dan menginap di rumah seorang pemilik toko roti dan mulai bekerja sebagai delivery service disana. Di kota Kiki mencicipi asam manis kehidupan dikota dan belajar dari sana

4. Princess Mononoke


Princess Mononoke adalah satu satunya Film karya Hayao Miyazaki yang bergenre Aksi. Film ini rilis pada tahun 1997. dimana film awalnya hanyalas sebuah sketsa untuk inspirasi pembuatan film My Neighbor Totoro, akan tetapi Toshio Suzuki yang menjadi produser dari film Princess Mononoke meyakinkan Hayao Miyazaki untuk membuat film Princess Mononoke ini setelah sketsa itu 20 tahun ditinggalkan oleh Hayao Miyazaki. Film ini bercerita tentang seorang Pangeran muda dari desa Emishi bernama Ashitaka yang mendapat kutukan di lengannya oleh iblis babi saat Ashitaka melindungi desanya dari serangan iblis babi itu. Ashitaka melakukan perjalanan untuk menghilangkan kutukannya dan terjebak pertarungan antara manusia dan roh hutan.

5. Howl Moving Castle


Howl Moving Castle adalah film karya Hayao Miyazaki yang ditangkan premiere di Venice Film Festival pada tahun 2004 dan kemudian ditayangkan di jepang. Dan juga film ini adalah 1 dari 3 film Hayao Miyazaki yang tidak premier pada bulan Juli. Film ini juga adalah salah satu film tersukses karya beliau karena menyabet beberapa penghargaan hingga mendapatkan nominasi Piala Oscar pada tahun 2005 meskipun harus kalah.

Film ini menceritakan tentang Sophie seorang anak dari pemilik toko topi yang berteman dengan seorang penyihir terkenal bernama Howl. Seorang penyihir yang iri dengan hubungan antara Howl dan Sophie menyihir Sophie menjadi wanita berusia 90 tahun. Sophie kemudian pergi untuk menhilangkan sihir penyihir tersebut bertemu dengan sebuah orang orangan sawah yang menuntunnya ke Kastil Bergerak milik Howl ( Howl Moving Castle ). Howl dan Sophie berusaha menghilangkan sihir dari penyihir tersebut sambil terlibat perang antara negara yang mengancam nyawa Howl.

6. When Marnie was There


Film When Marnie was There adalah Film karya Hiromasa Yonebayashi yang kisahnya diangkat dari novel yang berjudul sama “When Marnie was There” karya Joan G. Robinson. Film ini adalah karya kedua dari HIromasa Yonebayashi dan juga karya terakhir dari Studio Ghibli.

Film ini bercerita tentang Anna Sasaki seorang anak angkat dari Yoriko dan juga suaminya. Anna yang semasa kecilnya hidup sendiri di panti asuhan memiliki sifat yang pendiam, dan juga tidak dekat dengan kedua orang tua angkatnya bahkan anna masih memanggil ibu angkatnya yoriko tante. Anna yang memiliki penyakit asma pingsan di sekolah dan dokter menyarankannya untuk pergi ke desa untuk menghirup udara segar. Akhirnya yoriko mengirim anna ke tempat saudaranya di desa. Di desa anna bertemu dengan seoranga gadis misterius berambut pirang yang tinggal di rumah lama yang bergaya eropa bernama Marnie. Gadis itu bahkan muncul di mimpi anna dimana dia menunggu anna untuk pergi ke rumahnya untuk bermain, anna pun bermain di rumah Marnie dan menjadi teman karena di desa itu hanya Marnie yang mengerti perasaan anna dan seolah olah Marnie sangat mengenal Anna walaupun baru pertama kali betemu.

7. Ponyo


Ponyo adalah film ke-8 dari Hayao Miyazaki yang rilis pada tahun 2008. film ini mendapat banyak penghargaan seperti memenangkan penghargaan di Tokyo Anime Award, dan bahkan film ini juga memenangkan penghargaan di kategori Musik di Japan Academy Prize karena Scoring pada Film Ponyo ini sangat luar biasa.

Film Ponyo bercerita tentang seorang anak Ratu laut yang kabur dan pergi ke permukaan laut dan kemudian terjebak di dalam toples kaca. Anak itu kemudian ditemukan oleh seorang anak manusia bernama Sosuke yang berusia 5 tahun, Sosuke menolongnya dan memberinya nama Ponyo. Karena ponyo berada di dunia manusia akhirnya ayahnya mencarinya dan berhasil membawanya pulang kembali ke lau. Akan tetapi keinginan ponyo untuk menjadi manusia sangat kuat, membaut keseimbangan alam menjadi tidak stabil.

8. The Tale of The Princess Kaguya


Film ini adalah film karya Studio Ghibli yang di sutradarai oleh Isao Takahata. Cerita Tale of The Princess Kaguya diangkat dari cerita rakyat Jepang pada abad ke 10.

Film ini bercerita seorang pemotong bambu yang bernama Miyatsuko menemukan seorang kurcaci perempuan di sebuah bambu yang bercahaya. Dia pun membawanya pulang di memperlihatkannya kepada istrinya. Dalam sekejap kurcaci itu tumbuh menjadi bayi dan kedua pemotong bambu itupun membesarkannya dan memberinya nama Princess, karena pertumbuhannya yang cepat teman temannya pun memanggilnya takenoko. Miyatsuko kemudian menemukan Emas dan juga kain halus di hutan bambu sama ketika dia menemukan takenoko. Miyatsuko menganggap ini adalah sebuah imbalan dari tuhan dan kemudian memutuskan untuk membuat Takenoko menjadi seorang Putri bangsawan seutuhnya dan kemudian membawa seluruh keluarganya pergi ke kota dan membuat takenoko harus meninggalkan seluruh temannya. Mereka pindah ke Rumah yang besar dan Takenoko diberikan Pelayan untuk mengubahnya menjadi seorang Princess yang seutuhnya hingga dia diberi julukan Princess Kaguya.

9. The Secret World of Arietty


Film animasi yang rilis pada tahun 2010 ini adalah sebuah adaptasi dari sebuah novel tahun 1952 karya Mary Norton yang berjudul “The Borrower”. film ini juga adalah film animasi pertama dari Hiromasa Yonebayashi.

Film ini bercerirta seorang anak muda yang sakit sakitan bernama Shou sedang menghabiskan liburan musim panas di rumah tantenya. Shou mendapat penemuan yang sangat luar biasa dimana saat dia mengikuti seekor tikus yang ada di rumahnya yang menuju ke semak semak, dia melihat seorang wanita yang sangat kecil yang hanya seukuran dengan jarinya yang kemudian Shou memanggilnya sebagan “The Borrower”. seorang gadis kecil itu kemudian memperkenalkan diri dengan nama Arietty. Shou dan Arietty kemudian menjadi teman dan Shoupun mengetahui kalau Arietty dan keluarganya tinggal di bawah basement rumah tantenya yang membuat Shou sangat bersemangat. Akan tetapi Shou tidak menyadari kesulitan mereka dalam kehidupan sehari hari.

10. Grave of Fireflies


Film ini adalah karya Studio Ghibli lainnya yang disutradarai oleh Isao Takahata. Film Grave of FIreflies yang rilis pada tahun 1988 ini adalah film yang diadaptasi dari novel semi-otobiografi karya Akiyuki Nosaka dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang Seita dan adiknya Setsuko, 2 anak yang kehilangan segalanya setelah Perang dunia ke 2, mereka kehilangan orang tua, rumah, dan juga masa depan mereka karena dampak perang yang terjadi. Mereka berdua yang tidak punya pilihan kemudian berjalan di sepanjang jalan dengan kelaparan dan juga penyakit.


Oleh : Pandu Gafendatama


Sumber:
https://myanimelist.net/anime/199/Sen_to_Chihiro_no_Kamikakushi https://myanimelist.net/anime/523/Tonari_no_Totoro https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/75523/ulasan-film-my-neighbor-totoromenikmati-hal-hal-yang-kecil https://duniaku.idntimes.com/geek/culture/lazuardi-pratama/nostalgia-review-kikisdelivery-service https://www.theguardian.com/film/2016/may/26/kikis-delivery-service-reviewlovable-studio-ghibli-coming-of-age-story https://www.muchepic-review.com/2016/11/princess-mononoke-review-dananalisis.html
https://myanimelist.net/anime/164/Mononoke_Hime
https://myanimelist.net/anime/431/Howl_no_Ugoku_Shiro https://asianwiki.com/Howl%27s_Moving_Castle https://tirto.id/sinopsis-when-marnie-was-there-film-animasi-horor-studio-ghibli-f7Rh https://bacaterus.com/review-film-ponyo/ https://myanimelist.net/anime/2890/Gake_no_Ue_no_Ponyo https://en.wikipedia.org/wiki/The_Tale_of_the_Princess_Kaguya_(film)#Plot https://myanimelist.net/anime/16664/Kaguya-hime_no_Monogatari https://myanimelist.net/anime/7711/Karigurashi_no_Arrietty https://tirto.id/sinopsis-the-secret-world-of-arrietty-film-animasi-petualangan-f7QM https://myanimelist.net/anime/578/Hotaru_no_Haka https://ghibli.fandom.com/wiki/Grave_of_the_Fireflies#Plot

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !