10 Film Kontroversial Indonesia yang menyabet banyak penghargaan

0

1. Dua Garis Biru


Film dengan judul 2 garis biru merupakan sebuah film bergenre drama yang disutradari oleh Gina S Noer. Film yang pertama kali rilis pada 11 Juli 2019 ini bercerita tentang kisah seorang laki-laki bernama Bima dan kekasihnya bernama Dara. Suatu hari, sepasang kekasih yang duduk di bangku SMA itu nekat untuk melakukan hubungan seksual. Akibat kejadian tersebut, Dara yang masih berusia 17 tahun hamil di luar nikah dan mengakibatkan adanya permasalahan di kedua belah pihak keluarga.
Film 2 garis biru menjadi film yang sempat mengundang kontroversi di tengah masyarakat karena film ini diangggap menjadi film yang mengkampanyeklan hubungan seks bebas. Masyarakat khawatir setelah menonton film ini, para remaja menganggap bahwa hamil diluar nikah bukanlah sebuah masalah yang besar bahkan menjadi ajang “coba-coba” sehingga kedepannya seks bebas menjadi hal biasa yang lumrah terjadi di tengah masayarakat.
Film 2 garis biru juga memiliki banyak penghargaan diantaranya :
a. Menang dalam festival film bandung dengan kategori Film bioskop terpuji
b. Nominasi dalam festival film Indonesia dengan kategori film cerita panjang terbaik
c. Menang dalam Indonesian Movie Actors Awards 2020 dengan kategori film favorit

2. Dilan

Film Dilan 1990 merupakan sebuah film Indonesia dengan genre drama yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Film yang pertama kali rilis pada tahun 2018 ini bercerita tentang pertemuan yang dialami oleh dua remaja di sebuah SMA. Film ini mengangkat tentang kisah romansa remaja SMA di kota bandung yang bernama Dilan dan juga Milea.
Film Dilan menjadi kontroversi ditengah masyarakat karena film ini dikarenakan sosok dilan yang kurang patut dicontoh karena memiliki sifat-sifat yang tidak terpuji. Diantara lain menentang guru, menjadi anggota geng motor, tergabung dalam tawuran, dan juga kisah cinta diantara remaja SMA yang terlalu berlebihan.
Meskipun memiliki banyak kontroversi, Film Dilan memiliki banyak penghargaan diantaranya :
a. Menang dalam Indonesian Choice Awards 2018 dengan kategori Movie of the Year
b. Menang dalam Indonesian Movie Actors Awards 2018 dengan kategori film terfavorit
c. Menang dalam SCTV Awards 2018 dengan kategori film layar lebar

3. Jagal


Film yang berjudul Jagal merupakan sebuah film documenter yang disutradari oleh Joshua Oppenheimer, sutradara dari Amerika Serikat. Film yang rilis pada tahun 2012 ini menceritakan tentang pembantaian massal pada tahun 1965.
Film Jagal menjadi kontroversi bahkan dilarang tayang di bioskop tanah air. Hal ini dikarenakan film ini menceritakan dengan jelas tentang eksekusi massal yang keji dan brutal yang dilakukan oleh sejumlah algojo sekitar tahun 1965 sampai 1966.
Meskipun memiliki banyak kontroversi, Film Jagal memiliki banyak penghargaan diantaranya :
a. Film documenter terbaik di British Academy Film and Television Arts Awards 2013
b. Nominasi Film Dokumenter terbaik pada Academy Awards ke-86.

4. Senyap


Film Senyap merupakan film lanjutan dari Film Jagal. Film yang masih disutradari oleh Joshua Oppenheimer ini menceritakan mengenai kejadian setelah eksekusi tahun 1965 hingga 1966. Film ini memiliki fokus di tokoh Aldi, yang merupakan salah satu orang yang selamat atas kejadian pembantaian tersebut.
Film ini tetap ditolak dan tidak diperbolehkan tayang dibioskop karena masih mengangkat tema G30Spki

5. Kebun binatang


Film dengan judul Kebun Binatang merupakan film Indonesia dengan genre drama yang disutradari oleh Edwin. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini menceritakan tentang seorang anak bernama Lana yang berusia tiga tahun. Sejak kecil, Lana ditelantarakan
oleh ayahnya di sebuah kebun binatang dan akhirnya dibesarkan oleh pelatih jerapah. Suatu hari, ada seorang pesulap yang datang ke kebun binatang tersebut yang membuiat Lana mengenali dunia baru. Namun dunia baru tersebut membuat Lana kehilangan dirinya sendiri.
Film ini menjadi kontroversi dan hanya tayang di acara bulan film nasional di Taman Ismail Marzuki dari tanggal 21-23 Maret tiap jam 19.30. Film Kebun Binatang menjadi kontroversi karena memperlihatkan adegan dewasa secara terang-terangan.
Film ini merupakan film pertama Indonesia yang masuk seksi kompetisi festival film di Berlin International Film Festival. Film ini diedarkan di Indonesia melalui komunitas pecinta film.

6. Prison in paradise


Film Prison in paradise merupakan sebuah film documenter garapan Daniel Rudi Haryanto yang rilis pada tahun 2010. Film ini menceritakan tentang tragedy bom bali yang berfokus pada sisi kelompok teroris yang terlibat pada insiden tersebut.
Film ini menjadi kontroversi karena dikhawatirkan memberi pengaruh negatif terhadap generasi muda terkait banyakya dialog berbau propagansda yang menyesatkan dalam film ini. Oleh karena itu, film Prison in Paradise tidak lolos sensor sehingga dilarang beredar di bioskop Indonesia.
Meski begitu, film Prison in Paradise meraih nominasi sebagai film documenter panjang terbaik pada piala citra 2011.

7. Something in the way


Something in the Way merupakan film Indonesia bergenre drama yang disutradarai oleh Teddy Soeraatmadja. Film yang rilis pada tahun 2013 ini menceritakan tentang seorang pria bernama Ahmad yang bekerja sebagai sopir taksi. Ahmad dihadapkan dengan intrik kehidupan, dimana hal tersebut sangat menguji iman dan membuatnya ingin memenuhi kebutuhan biologisnya.
Film ini menjadi film kontroversial dan dilarang tayang di bioskop karena mengandung unsur seksualitas dan konflik iman seseorang.
Meskipun begitu, film ini berhasil tayang di Berlin, Jerman.

8. Perempuan Berkalung Sorban


Film Perempuan Berkalung Sorban merupakan sebuah film Indonesia bergendre drama yang disutradari oleh Hanung Bramantyo. Film yang rilis pada tahun 2009 ini memiliki tema film religi dan pemberdayaan perempuan.
Film ini menjadi kontroversi dikarenakan dianggap menyerang tradisi Islam Konservatif yang masih kental di berbagai pesantren Indonesia.
Meski begitu film ini tetap diminati dengan jumlah penonton yang lebih dari 790 ribu penonton. Kesuksesan film ini juga didukung dengan adanya pemain seperti Reza Rahardian, Revalina S. Temat dan Oka Antara.

9. “?”


Film yang berjudul tanda tanya atau “?” merupakan film Indonesia yang bergenre drama yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film yang rilis pada tahun 2011 ini menceritakan tentang toleransi beragama di sebuah daerah di Jakarta. Disana terdapat warga yang memiliki beragam keyakinan beragama.
Film ini menuai banyak kontroversi karena dianggap mengandung unsur SARA yang dianggap menyinggung pihak-pihak tertentu. Di dalam film ini, Hanung menyampaikan ide-ide pluralism serta berisi ajaran yang liberal. Hal ini dianggap menyesatkan bagi penontonnya.

10. Kucumbu Tubuh Indahku


Kucumbu Tubuh Indahku merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Garin Nugrohop. Film yang rilis pada tahun 2018 ini bercerita tentang Juno, si penari lengger yang memiliki sisi maskulin dan feminismme dalam dirinya.
Film ini memiliki banyak kontroversi karena dianggap mengumbar adegan homoseksual dan mengkampanyekan isu LGBT.
Meskipun begitu, film ini memiliki sejumlah penghargaan internasinoal dan juga nasional diantaranya :
a. Cultural Diversity Under The Patronage of UNESCO (Asia Pacific Screen Awards 2018)
b. Best Film (Festival Des 3 Continents 2018)
c. Bistaro D’Oro Award Venice Independent Awards
d. Penghargaan Film Panjang Terbaik di Piala Citra

Oleh : Sutari Puspa Sucita

DAFTAR PUSTAKA 6 Film Terbaik Indonesia Kontroversial, Raih Penghargaan Bergengsi, INDO ZONE, Sabtu 22 Maret 2020, https://www.indozone.id/movie/M7sMJW/6-film-terbaik-indonesia-kontroversial-raih-penghargaan-bergengsi/read-all
Dewi, A. (21 Juli 2021). 7 Film Indonesia Kontroversial yang Malah Laris dan Berprestasi, Tahan Kritik!. Jalan Tikus. https://jalantikus.com/hiburan/film-indonesia-kontroversial-laris/
Film: Postcards from The Zoo/Kebun Binatang (2012), dalam Bulan Film Nasional 2012 Taman Ismail Marzuki Jakarta. Cinema Trip, Kamis,19 September 2012, https://cinemovietrip.blogspot.com/2012/09/film-postcards-from-zookebun-binatang.html Lestari, E. (15 Januari 2020). 5 Film Kontroversial Indonesia yang Dilarang Tampil di Bioskop. Cekaja.com. https://www.cekaja.com/info/film-kontroversial-indonesia-yang-dilarang-tampil
Monica, S. (15 Oktober 2021). 5 Film Indonesia yang Kontroversial Sehingga Dilarang Tayang!. Sonora.id, https://www.sonora.id/read/422943327/5-film-indonesia-yang-kontroversial-sehingga-dilarang-tayang?page=3
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !