10 film kolaborasi Tim Burton dan Johnny Depp

0

Video 10 film kolaborasi Tim Burton dan Johnny Depp - Dhia Amira

Johnny Depp dan petualangan fantasi bersama Tim Burton

Mendengar nama Johnny Depp atau bahkan hanya dengan melihatnya saja, semua orang akan mengenalnya sebagai tokoh ikonik kapten Jack Sparrow di Pirates of the Caribbean. Jack Sparrow yang ia perankan menjadi tokoh ikonik dari serial ini dan bahkan melekat pada dirinya hingga saat ini. Namun yang melejitkan namanya sebelum itu adalah film besutan Tim Burton yang dibintanginya dengan judul “Edward the Scissorhand” (1990). Sejak saat itulah, kolaborasi kedua seniman ini banyak melahirkan film-film terbaik Holywood. Berikut adalah 10 film hasil kolaborasi Johnny Depp dan sutradara Tim Burton. Film yang digarap Tim Burton (yang seringkali bertema fantasi) dan diperankan tokohnya oleh Johnny Depp, seringkali menggunakan gaya Suburbian Gothic. Hal ini merujuk pada masa perkembangan film di era German Expresionism. Ciri khas dari sinema di masa German Expresionism adalah dengan menggunakan karakter monster (atau makhluk aneh) sebagai representasi dari kondisi manusia dan masyarakat. Gaya Suburbian Gothic sendiri merupakan subgenre dari Ghotic Fiction. Dari gayanya dalam menyutradarai ini, Johnny Depp membawakan Sebagian karya Tim dengan sangat baik dan memuaskan. Entah dengan gaya German Expresionism dan Suburbian Gothic seperti dalam film Edward the Scissordhand (1990) atau Sleepy Hollow (1999).

1. Edward the Scissorhand (1990)


Di film ini, Johnny Depp dihadirkan dengan sangat menonjol. Johnny Depp beradu acting dengan Winona Ryder, anak keluarga yang mengadopsinya. Jhonny berperan sebagai Edward yang memiliki tangan dengan beberapa gunting. Edward sendiri diciptakan oleh penemu yang meninggal sebelum proyeknya, Edward selesai. Film ini menjadi film kolaborasi pertama antara Tim Burton dan Johnny Depp. Rating IMDb 7.9 dari 10.

2. Ed Wood (1994)


Di film biopik dengan drama komedi ini Johnny memerankan karakter Edward Wood, seorang sutradara bermasalah yang tidak memiliki bakat namun mencoba yang terbaik untuk meraih
mimpinya. Film ini disajikan dengan hitam putih meskipun di tahun 1994 sudah memasuki era perkembangan sinema berwarna. Rating IMDb 7.9 dari 10.

3. Sleepy Hollow (1999)


Johnny memerankan tokoh detektif yang bernama Ichabod Crane. Ia adalah sosok detektif terkenal yang fanatik dengan metode saintik dalam penyelidikanya, kemudian dikirim ke kota kecil di pulau Hudson, Sleepy Hollow untuk memecahkan kasus teror pembunuhan yang diduga didalangi oleh arwah gentayangan, The Headless Horseman. Johnny beradu acting dengan Christina Ricci dan Miranda Richardson. Sleepy Hollow diadaptasi dari cerita pendek karya Washington Irving berjudul The Legend of Sleepy Hollow pada tahun 1820. Rating IMDb 7.3 dari 10.

4. Charlie and the Chocolate Factory (2005)


Film drama keluarga dan fantasi musikal ini masih populer dikalangan anak-anak hingga saat ini. Willy Wonka, karakter ikonik yang unik dengan penataan rambut dan riasan serta pakaian yang khas membuatnya mustahil dilupakan. Willy Wonka diperankan oleh Johnny Depp, sosok pemilik pabrik coklat yang memiliki karyawan ribuan kurcaci yang disebut dengan Oompa Loompa dan tupai didalamnya. Suatu ketika, Wonka mengadakan undian, seorang anak laki-laki memenangkan undian dengan hadiah tur melalui pabrik cokelat paling megah di dunia, dipimpin oleh Willy Wonka, si pembuat permen dan coklat paling aneh di dunia. Dalam film ini, Johnny beradu akting dengan Freddie Highmore sebagai Charlie. Penampilan Johnny sebagai Willy Wonka benar-benar membuat saya pribadi terpana karena ia hadir dengan penampilan super berbeda dari sosok Jack Sparrow di Pirates Of The Caribbean. Dandanan yang super nyentrik, bersih, klimis dengan penataan rambut bob yang sangat khas. Dengan cara bicara dan gestur tubuh yang benar-benar membuat penonton terhibur dan merasakan karakter dari tokoh Willi Wonka. Hal ini kemudian sejalan dengan masuknya film ini ke nominasi Desain Kostum Terbaik di Academy Award. Rating IMDb 6.7 dari 10.

5. Corpse Bride (2005)


Kali ini, Johnny Depp hadir sebagai pengisi suara karakter Victor Van Dort. Pada filmnya kali ini, Tim kembali menggunakan gaya suburbian gothic dengan gambar animasi stop motion ketiganya. Masih dengan ciri khasnya seperti The Night Before Christmas (1993). Victor, sosok pria pemalu, mempraktikan sumpah pernikahanya di depan sosok Wanita muda yang telah meninggal, Emily. Emily kemudian bangkit dari kubur dan berasumsi bahwa Victor telah menikahinya. Secara teknis, Victor melatih sumpahnya di depan sebuah pohon. Hal ini lah yang kemudian membangkitkan Emily. Victor kemudian harus menipu Emily untuk dapat kembali ke dunia orang hidup. Rating IMDb 7.4 dari 10.

6. Sweeney Todd: The Demon Barber Of Fleet Street (2007)


Film dengan genre thriller musikal ini bercerita tentang Sweeney Todd, yang diperankan Johnny Depp sebagai tukang cukur yang sekaligus pembunuh berantai. Ia kembali ke Fleet Street setelah ditahan untuk membalaskan dendam istrinya. Dengan bantuan mrs. Lovett yang diperankan oleh Helena Bonham Carter, mereka mengolah daging korbanya menjadi pai. Terdengar sadis namun dipadukan dengan visual film berwarna kontras. Johnny Depp dan Helena Bonham Carter juga banyak berkolaborasi di beberapa film lainya. Rating IMDb 7.4 dari 10.

7. Alice in Wonderland (2010)


Satu lagi film dark fantasi dan petualangan yang tak terlupakan, Alice in Wonderland. Film ini diproduksi oleh Disney dan diadaptasi dari novel karya Lewis Caroll. Di kesempatan kali ini, Johnny memerankan tokoh Mad Hatter, tokoh dari wonderland, seorang pengrajin topi kerajaan yang membantu Alice diperankan oleh Mia Wasikowska, seorang anak perempuan dari dunia
nyata yang masuk ke wonderland. Hatter membantu Alice memenuhi takdirnya untuk mengembalikan kekuasaan dan tahta ratu putih dari ratu merah. Film ini juga masuk nominasi dan memenangkan Desain Kostum Terbaik juga Penataan Artistik Terbaik di Academy Awards ke 83. Rating IMDb 6.4 dari 10.

8. Dark Shadows (2012)


Masih dengan ciri khas gaya suburbian gothicnya, Tim membawakan film yang diperankan Johnny sebagai sosok vampir Bernama Barnabas Collins. Dikisahkan Barnabas semasa hidupnya dahulu di abad ke 18, merupakan sosok yang banyak memikat hati Wanita. Sehingga, seorang penyihir Wanita Bernama Angelique yang diperankan oleh Eva Green, menyatakan cintanya namun ditolak karena Barnabas terpikat Wanita lain. Hal ini membuat Angelique membunuhnya dan mengutuknya memiliki kehidupan abadi. Barnabas kemudian bangun di abad ke 20 secara tidak sengaja. Selain dengan Eva Green, ia juga beradu acting dengan Michelle Pfeifer. Rating IMDb 6.2 dari 10.

9. Alice In Wonderland Through The Looking Glass (2016)


Film ini merupakan sekuel dari film sebelumnya, Johnny Depp kembali hadir sebagai pengrajin topi kerajaan seperti di Alice In Wonderland. Pada sekuel ini, Alice kembali ke dunia Wonderland yang aneh dan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk membantu Mad Hatter (Jhonny Depp). Dalam sekuel ini, diceritakan masala lalu ratu putih dan ratu merah, Mirana dan Iracebeth, dan bagaimana kepribadian Iracebeth berubah dan membuat bentuk fisik kepalanya membesar. Konflik yang terjadi adalah bagaimana Mad Hatter berubah menjadi pemurung dan pemarah dan berada diambang kematian. Saat itulah Alice hadir untuk membantu Hatter dan mengembalikan keluarga Hatter yang dikurung ratu merah. Rating IMDb 6.2 dari 10.

10. Beetlejuice 2


Beetlejuice 2 akan menjadi sekuel dari Beetlejuice (1988) yang sebelumnya diperankan oleh Michael Keaton. Masih dengan genre horror-komedi, dalam sekuel ini, dikabarkan Tim akan menghadirkan Johnny Depp sebagai Markus Loughty. Hal ini didukung dengan banyaknya pemberitaan setelah situasi buruk yang menimpanya pasca kasusnya dengan Amber Heard. Banyak yang mengatakan bahwa karir Johnny Depp akan ambles, namun, banyak juga yang mengatakan Beetlejuice 2 akan menyelamatkan karir Johnny. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, akibat kasus tersebut, Warner memutus kontrak Johnny di seluruh franchise Fantastic Beast dimana ia memerankan tokoh Grindelwald (“Johnny Depp to Star in Tim Burton’s ‘Beetlejuice 2’ | Chip and Company” t.t.).

Oleh : Dhia Amira


Daftar Sumber
“10 Rekomendasi Film Johnny Depp Terbaik (Terbaru Tahun 2021).” t.t. mybest. Diakses 3 Maret 2022. https://my-best.id/138600.
“Alice Through the Looking Glass - Rotten Tomatoes.” t.t. Diakses 3 Maret 2022. https://www.rottentomatoes.com/m/alice_in_wonderland_through_the_looking_glass.
“Alice Through the Looking Glass (film 2016).” 2022. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Alice_Through_the_Looking_Glass_(film_2016)&oldid=20432249.
Bobin, James, Mia Wasikowska, Johnny Depp, dan Helena Bonham Carter. 2016. Alice Through the Looking Glass. Adventure, Family, Fantasy. Walt Disney Pictures, Roth Films, Team Todd.
Burton, Tim, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, dan Alan Rickman. 2007. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street. Drama, Horror, Musical. Dreamworks Pictures, Warner Bros., Parkes/MacDonald Image Nation.
Burton, Tim, Johnny Depp, Martin Landau, dan Sarah Jessica Parker. 1994. Ed Wood. Biography, Comedy, Drama. Touchstone Pictures.
Burton, Tim, Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, dan Eva Green. 2012. Dark Shadows. Comedy, Fantasy, Horror. Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Infinitum Nihil.
Burton, Tim, Johnny Depp, Winona Ryder, dan Dianne Wiest. 1990. Edward Scissorhands. Drama, Fantasy, Romance. Twentieth Century Fox.
Burton, Tim, Mike Johnson, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, dan Emily Watson. 2005. Corpse Bride. Animation, Drama, Family. Warner Bros., Tim Burton Productions, Laika Entertainment.
Burton, Tim, Mia Wasikowska, Johnny Depp, dan Helena Bonham Carter. 2010. Alice in Wonderland. Adventure, Family, Fantasy. Walt Disney Pictures, Roth Films, Team Todd.
“Dark Shadows (film) - Wikipedia.” t.t. Diakses 3 Maret 2022. https://en.wikipedia.org/wiki/Dark_Shadows_(film).
“Every Johnny Depp & Tim Burton Movie, Ranked (According To IMDb).” 2020. ScreenRant. 8 Agustus 2020. https://screenrant.com/johnny-depp-tim-burton-movies-ranked-imdb/.
“Is Johnny Depp’s career over? After his Amber Heard divorce and exit from J.K. Rowling and Warner Bros.’ Fantastic Beasts, Christian Dior and Tim Burton’s Beetlejuice 2 might save him | South China Morning Post.” t.t. Diakses 3 Maret 2022. https://www.scmp.com/magazines/style/celebrity/article/3115840/johnny-depps-career-over-after-his-amber-heard-divorce.
“Johnny Depp to Star in Tim Burton’s ‘Beetlejuice 2’ | Chip and Company.” t.t. Diakses 3 Maret 2022. https://chipandco.com/johnny-depp-to-star-in-tim-burtons-beetlejuice-2-415068/.
P, Divya. t.t. “Beetlejuice 2 Movie Release Date and Time, Countdown, Cast, Trailer, and More!” Latestnews.Fresherslive.Com. Diakses 3 Maret 2022. https://latestnews.fresherslive.com/articles/beetlejuice-2-release-date-251916.
“Suburban Gothic.” 2021. Dalam Wikipedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Suburban_Gothic&oldid=1055303429.
“The Motif Of Gothic Suburbia In Tim Burton’s Filmography — The Daily Fandom.” t.t. Diakses 3 Maret 2022. https://thedailyfandom.org/the-motif-of-gothic-suburbia-in-tim-burtons-filmography/.
“What Is Tim Burton’s Style Called?” t.t. Quora. Diakses 3 Maret 2022. https://www.quora.com/What-is-Tim-Burtons-style-called.
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)