10 FILM INDONESIA DENGAN PENONTON TERBANYAK TAHUN 2019

0

Dunia perfilman Indonesia terus berkembang pesat dan berkualitas. Sepanjang tahun 2019 bioskop Tanah Air dihiasi oleh berbagai genre yang bisa dinikmati. Mulai dari genre action, horor, romantis, komedi, sampai sejarah, dan genre lainnya. Para sineas lokal membuat cerita yang menarik dan beragam sehingga sukses menggaet jutaan penonton. Cerita-cerita yang kamu banget dan kandungan pesan moral yang bisa dijadikan pedoman hidup membuat tak ada sesal setelah menonton. Tidak hanya itu, film-film Indonesia juga sudah semakin andal dalam penggunaan visual effect (VFX). Hasil VFX yang epik membuat kita terperangah dan semakin mengapresiasi karya yang dihasilkan. Sudah tidak terhitung lagi jumlah film Indonesia yang tayang di layar lebar sepanjang tahun 2019, tentunya dengan jumlah penonton yang bombastis. Berikut 10 film Indonesia tahun 2019 dengan jumlah penonton terbanyak. 

1. Dilan 1991 


Film ini diangkat dari trilogi Dilan karya Pidi Baiq yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Priscilla menjadi yang paling banyak ditonton di 2019 ini. Sebanyak 5.253.411 orang menyaksikan kisah cinta Dilan dan Milea. Meski tidak bisa menyaingi sekuel pertamanya yaitu Dilan 1990 dengan 6,2 juta penonton, namun film ini tetap menjadi film nomor satu dengan kisah yang akan selalu membekas di hatimu.

2. Dua Garis Biru


Debut sebagai sutradara, Gina S Noer berhasil menyilaukan mata banyak orang lewat Dua Garis Biru. Selama tayang di bioskop film ini ditonton oleh 2.538.473 pasang mata. Diperankan oleh Adhisty Zara dan Angga Aldy Yunanda film ini mengangkat kisah remaja dan problematika hamil di luar nikah yang masih dianggap tabu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan sebelum penayangannya, banyak yang mengajukan petisi untuk tidak menayangkan film tersebut di bioskop. Menempati posisi kedua, Dua Garis Biru juga memperoleh penghargaan di berbagai ajang festival film. 

3. Danur 3: Sunyaruri 


Tidak seperti dua film sebelumnya yang bergenre romantis, di posisi ketiga ada Danur 3: Sunyaruri dengan genre horornya yang sukses memicu adrenalin 2.411.036 orang. Film yang diperankan oleh Prilly Latuconsina ini merupakan prekuel dari dua film sebelumnya, Danur dan Danur 2: Maddah. Ketiga film yang diadaptasi dari novel Risa Saraswati ini memang selalu meraih jutaan penonton.

4. Imperfect : Karier, Cinta & Timbangan 


Film Imperfect yang disutradarai oleh Ernes Prakasa ini sukses memikat penonton berjumlah 2.373.615 orang.
Film ini menceritakan seorang wanita bernama Rara (Jessica Milla) yang tidak peduli dengan penampilan tubuhnya. Sedari kecil, Rara sudah terbiasa diejek. Mempunyai ibu bernama Debby (Karina Suwandi) seorang mantan peragawati yang penampilannya dipuja-puja, dan adiknya Lulu (Yasmin Napper) yang cantik, tinggi, putih, dan kurus layaknya standar wanita saat ini membuat Rara yang gemuk dan berkulit sawo matang terbiasa dibanding-bandingkan dengan keluarganya. Namun ketidakpeduliannya hilang ketika bos Rara (Dion Wiyoko) menawarkan posisi yang lebih tinggi di kantornya. 

5. Habibie & Ainun 


Film Habibie Ainun kali ini memiliki latar kehidupan masa remaja Ainun. Fokus cerita adalah kisah Ainun ketika memperjuangkan pendidikannya sebagai mahasiswi kedokteran.
Dalam trailer terlihat perjuangan Ainun dalam menempuh pendidikan dokter. Terdapat keraguan-keraguan dari berbagai pihak karena Ainun adalah seorang perempuan. Reza Rahadian didapuk menjadi Habibie, sementara Maudy Ayunda memerankan Ainun muda. 

6. My Stupid Boss 2 


Film yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini meraih jumlah penonton sebanyak 1.876.052. Disutradarai oleh Upi Avianto, film My Stupid Boss 2 mendapat 4 penghargaan Piala Citra 2019. Film ini menceritakan tentang krisis kekurangan karyawan pabrik, akhirnya Bossman berniat untuk mencari karyawan pabrik baru di Vietnam. Berangkatlah Bossman, Diana, Mr.Kho, dan Adrian ke Vietnam. Di Vietnam alih-alih mendapatkan karyawan, justru mereka mendapatkan masalah demi masalah bertubi-tubi karena ulah Bossman. 

7. Perempuan Tanah Jahanam 


Genre film garapan Joko Anwar ini merupakan genre yang masih jarang digarap oleh sineas Tanah Air, yaitu horor-thriller. Film yang sebelumnya berjudul Impetigore ini mampu menarik 1.795.068 orang datang ke bioskop.
Diperankan oleh Tara Basro, Ario Bayu, Christine Hakim, dan Asmara Abigail, film yang sudah lama didambakan Joko Anwar untuk diangkat ke layar lebar mendapat rating tinggi dari para kritikus lokal.

8. Kuntilanak 2


Film garapan Rizal Mantovani ini sukses meraih jumlah penonton sebanyak 1.726.570. Beberapa artis yang membintangi film Kuntilanak 2 adalah Sandrinna M Skornicki, Andryan Bima, Ali Fikry, Adlu Fahrezy, dan Ciara Nadine Brosnan. Film ini menceritakan dinda yang sebelumnya berhasil lepas dari teror kuntilanak, tanpa persetujuan tante donna, berniat untuk menemui seseorang yang diyakini sebagai ibu kandungnya, karmila namun, dia bersama adik-adiknya ditemani julia dan edwin, malah terjebak dalam sebuah rumah di tengah hutan. Banyak kejanggalan terjadi mulai dari teka-teki latar belakang dinda hingga akhirnya menyadari bahwa mereka tidak sendiri di sana. Dinda kembali harus berhadapan dengan kuntilanak, tetapi berbeda dengan yang pernah dikalahkannya menggunakan paku atau mantra.

9. Keluarga Cemara 


Film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, dan Widuri Puteri ditonton oleh 1.726.570 orang. Film produksi Visinema Pictures yang tayang di awal tahun 2019 menjadi tontonan yang edukatif dan menarik bagi keluarga. Mengisahkan tentang perputaran roda kehidupan yang tak terduga sukses membuat penonton terharu. 

10. Gundala : Negeri Ini Butuh Patriot 


Film pahlawan super neo-noir Indonesia ini mendapat apresiasi penuh dari para penonton. Terbukti dengan 1.699.433 orang datang ke biskop untuk menyaksikan aksi si pahlawan super. Diperankan oleh Abimana Aryasatya, film yang berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata menjadi awal dari Jagat Sinema Bumilangit (JSB).

Oleh : Rizka Afandi


DAFTAR PUSTAKA
Dzulfaroh, A. N. (2019, Desember 15). Layak Ditonton, Berikut 10 Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak di 2019. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/15/091800365/layak-ditonton-berikut-10-film-indonesia-dengan-jumlah-penonton-terbanyak?page=all
Iswara, A. J. (2020, Januari 12). Inilah 15 Film Indonesia Terpopuler di 2019. Retrieved from goodnews: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/01/12/15-film-indonesia-terpopuler-2019
Sebelum 2019 habis, kamu kudu nonton semua film terbaik ini. (2019, Desember 25). Retrieved from Brilio.net: https://www.brilio.net/film/10-film-indonesia-2019-dengan-jumlah-penonton-terbanyak-191224e.html
Sinopsis & Pemain Habibie Ainun 3, Menengok Cerita Masa Muda Ainun. (2020, Januari 24). Retrieved from Gotix: https://go-tix.id/blogs/sinopsis-pemain-habibie-ainun-3-menengok-cerita-masa-muda-ainun-2/index.html
Sinopsis 'IMPERFECT', Kisah Rara Hadapi Rasa Insecure. (2020, November 25). Retrieved from kapanlagi.com : https://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/sinopsis-imperfect-cara-terbaik-hadapi-rasa-insecure-806d3a.html
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !