10 FILM DENGAN BACKGROUND CERITA PERANG DUNIA

0


VIDEO 10 FILM DENGAN BACKGROUND CERITA PERANG DUNIA

Film bergenre perang dunia memiliki tempat tersendiri di hati penonton dengan adegan-adegan actipn yang sangat menegangkan dan pengambilan gambar sempurna menjadi sebuah ketertarikan bagi pecinta film perang, tidak hanya itu film perang juga dapat mengedukasi dan juga memberi visual yang setidaknay bisa menggambarkan apa yang terjadi pada perang dunia dahulu kala namun walau tidak semua film perang dunia di ambil dari kisah nyata.
Namun, film perang tak selalu tentang tembak menembak tetapi lebih dari itu maka banyak sekali film fiksi dengan background cerita perang seperti contohnya Captain America. Banyak juga yang terinspirasi dari cerita kisah perjuangan seseorang atau sekelompok orang.

1. 1917 (2019)


Sinopsis:
Cerita bermula dari dua tentara garis depan William Schofield dan Thomas Blake yang diberi tugas menyampaikan pesan kepada resimen khusus untuk mencegah penyerangan kepada Jerman.Misi tersebut merupakan taruhan nyawa ribuan tentara Inggris termasuk kakak Blake di dalamnya. Blake dan William harus melewati lautan mayat dan terjangan peluru untuk dapat mencapai lokasi resimen tersebut. Film garapan sutradara Sam Mendes ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata dua orang tentara muda asal Inggris saat PD I.
Data Film:
Film yang ditulis Mendes sendiri, bersama dengan Krysty Wilson ini berhasil menyabet tiga piala Oscar dalam Best Sound Mixing, Best Cinematography, dan Best Visual Effect. Film 1917 dimeriahkan oleh penampilan dari Benedict Cumberbatch, Andrew Scott, George MacKay, Mark Strong, dan Dean Charles Chapman.

2. Dunkrik (2017)


Sinopsis:
Film Dunkirk diangkat dari peristiwa nyata yang disebut Miracle of Dunkirk atau Keajaiban Dunkirk. Dunkirk berkisah tentang perjuangan 400 ribu tentara Inggris dan Prancis yang terpojok di sebuah pantai di Kota Dunkirk, Prancis pada bulan Mei-Juni 1940 saat Perang Dunia II. Pasukan Jerman di bawah kuasa Adolf Hitler mengepung Dunkirk dan satu-satunya jalan keluar adalah melalui jalur laut.
Data Film:
Film yang tayang pada 2017 ini merupakan film sejarah pertama karya sutradara Christopher Nolan, yang juga bertindak sebagai penulis naskah. Film ini meraih banyak perhargaan seperti fotogramas de plata for best foreign film dan gaudí award for best european film.

3. Journey’s End (2017)


Sinopsis:
Journey's End berkisah tentang seorang perwira muda Inggris bernama Stanhope. Perang panjang berkelanjutan mulai menimbulkan masalah kesehatan mental bagi Stanhope. Situasi perang yang mencekam hingga menewaskan teman baiknya, membuat guncangan hebat pada mental Stanhope. Di tengah perang dan ledakan, Stanhope hanya berdiri dan tidak lagi peduli akan nyawanya.
Data Film:
Film ini merupakan garapan oleh sutradara Saul Dibb adaptasi dari novel karya R.C Sheriff dan Vernon Bartlett. Saul Dibb mempercayakan Paul Bettany dan Sam Claflin serta Stephen Graham sebagai pemain utamanya.

4. Beneath Hill 60 (2010)


Sinopsis:
Beneath Hill 60 berkisah tentang keahlian penambang bawah tanah Australia dalam menaklukan Jerman. Penambang asal Queensland, Oliver Woodward sama sekali tidak pernah menghadapi perang. Namun, dirinya harus mengikuti wajib militer dan dikirim ke garis depan pertempuran. Pasukan Inggris memanfaatkan keahlian para penambang menggali lubang bawah tanah untuk memasang bom di markas bawah tanah pasukan Jerman. Namun sayangnya, bukan hanya Inggris yang berpikiran serupa, Jerman juga melakukan cara yang sama, hingga akhirnya perang sunyi pun terjadi di bawah tanah.
Data Film:
Beneath Hill 60 digarap oleh sutradara Jeremy Sims dan David Roach selaku penulis skenario. Sementara peran utama dipercayakan Jeremy kepada Brendan Cowell, Harrison Gilbertson, dan Steve Le Marquand

5. The forgotten Battle (2021)


Sinopsis:
Film The Forgotten Battle atau judul lainnya De slag om de Schelde ini merupakan Film aksi asal Belanda yang berlatar setting di tahun 1944, tentang Perang Dunia II.The Forgotten Battle mengisahkan tentang pilot gilder Inggris, lelaki asal Belanda yang berjuang di sisi Jerman, dan wanita anggota perlawanan Belanda yang terlibat dalam pertempuran Scheldt. Pertempuran Scheldt merupakan sebuah operasi militer yang bertujuan untuk menguasai Sungai Scheldt dari pasukan Axis dan mampu memasok pasukan Sekutu di Eropa Barat Laut.
Data Film:
Film ini disutradarai oleh sutradara veteran negeri Belanda, yakni Matthijs van Heijningen Jr., dan diperankan oleh para aktor dan aktris wajah baru serta menghadirkan Tom Felton, pemain Draco Malfoy dalam seri Harry Potter.

6. Operation Mincemeat


Sinopsis:
Operation Mincemeat mengisahkan tentang upaya sekutu untuk mengubah gelombang perang di Sisilia yang menjadi sarang pendudukan Nazi. Saat melakukan invasi, dua petugas intelijen datang dengan rencana liar dan penuh tipuan yang melibatkan penggunaan orang mati sebagai objek laporan. Seorang perwira terlihat berusaha untuk meyakinkan Adolf Hitler dan pasukan Jerman bahwa target mereka yang sebenarnya sedang berada di wilayah Yunani. Mereka menggunakan trik memalukan dengan merencanakan penipuan menggunakan sebuah mayat tak dikenal.
Data Film:
Disutradarai oleh sutradara terkenal yang memenangkan Oscar kategori film terbaik dengan judul ‘Shakespeare in Love’ yakni John Madden. Tak sendirian, Firth juga akan berkolaborasi bersama dengan Kelly Macdonald, Matthew Macfadyen, Jason Isaacs dan Johnny Flynn.

7. The Pilot, A Battle for Survival (2021)


Sinopsis:
Film The Pilot, A Battle for Survival merupakan Film asal Rusia yang diangkat dari kisah nyata. Film ini didedikasikan kepada Aleksey Maresyev pilot pesawat tempur Soviet yang ditembak jatuh pada April 1942 di atas wilayah Novgorod. Selama 18 hari, pilot yang terluka berusaha merangkak kembali ke markasnya sendirian. Dokter dapat menyelamatkan nyawanya, namun sayangnya harus mengamputasi kedua kakinya. Pada musim dingin di Desember 1941, pertempuran Moskow mencapai puncaknya. Pesawat serbu Soviet Il-2 yang dikapteni Nikolai Komlev, menembaki kendaraan lapis baja Jerman, yang mendapat serangan balasan dari sistem antipesawat dan pesawat tempur musuh.
Data Film:
Film ini diproduksi bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan Rusia dan Yayasan Film Rusia. Sutradara Renat Davletyarov menyebut film tersebut sebagai versinya dari The Revenant.

8. Black Hawk Down (2001)


Sinopsis:
Film Black Hawk Down bermula ketika negara Somalia berada dalam konflik perang saudara yang menyebabkan sebagian warga kekurangan makanan dan perlengkapan hidup sehari-hari. Karena terbagi menjadi dua kubu, ada beberapa pihak yang mencoba berkuasa. Ketika PBB ikut mencampuri urusan negaranya, banyak sekelompok orang yang tidak suka dan menyita bantuan yang dikirimkan kepada penduduk sipil. Ketika terdengan kabar bahwa merek memiliki Presiden, Presiden Amerika memerintahkan pasukannya untuk menangkap orang yang bersangkutan.
Data Film:
Black Hawk Down adalah film drama perang sejarah tahun 2001 yang disutradarai oleh Jerry Bruckheimer dan Ridley Scott.

9. Saving Private Ryan (1998)


Sinopsis:
Film Saving Private Ryan mengisahkan tentang Kapten John Miller dan anak buahnya yang mendarat di pantai tempat pertempuran berlangsung, Normandia. Tentara Amerika dibantai dan hanya dapat bertahan hidup dengan berlindung di bukit pasir. Dengan menggunakan torpedo, mereka berusaha melintasi berbagai rintangan dan memusnahkan pertahanan terakhir Jerman. Di Inggris, sebuah misi penyelamatan diselenggarakan untuk menemukan Prajurit James F Ryan dengan bantuan pasukan udara.
Data Film:
Saving Private Ryan adalah film bergenre sejarah-perang Amerika Serikat tahun 1998 yang bertemakan perang saat invasi Normandia pada Perang Dunia II tahun 1944. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan skenario ditulis oleh Robert Rodat.

10. Gallipoli (1981)

Sinopsis:
Gallipoli berkisah tentang dua anak muda bernama Archy (Mark Lee) dan Frank (Mel Gibson) yang merupakan seorang pelari muda Australia. Keduanya berniat bergabung dalam militer sebagai bentuk kewajiban kepada negara. Namun sayang, usaha mereka ditolak karena usia yang terlalu muda. Archy dan Frank tak putus asa. Keduanya menumpang kereta barang ke Perth dan menyelinap naik kapal ke Kairo. Di Kairo, keduanya terpisah karena bergabung dalam resimen yang berbeda. Hingga suatu hari keduanya bertemu dalam satu misi besar yang akan menjadi salah satu perang paling berdarah.
Data Film:
Gallipoli merupakan film PD I yang rilis pada 1981. Film ini disutradarai oleh Peter Weir dengan David Williamson sebagai penulis skenarionya. Gallipoli dibintangi oleh Mel Gibson, Mark Lee, dan Bill Kerr.

Oleh : Akbar Mikaila Mochtan


Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210728092020-225-673123/7-rekomendasi-film-berlatar-perang-dunia-i/2
https://kabarbanten.pikiran
https://kabarbanten.pikiran--rakyat.com/hiburan/prrakyat.com/hiburan/pr--593860056/10593860056/10--filmfilm--perangperang--duniadunia--22--salahsalah--satunyasatunya--thethe--forgettenforgetten--battle?page=6battle?page=6
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)