10 Film Anime dengan Penghasilan Tertinggi di Bioskop

0



Anime merupakan sebuah karya seni yang berasal dari Jepang. Anime sama seperti animasi pada umumnya, namun banyak orang menggunakan kata anime untuk membedakan animasi dari Jepang dengan animasi lainnya. Eksistensi anime sendiri sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan kini semakin berkembang dan dicintai penonton lokal bahkan global. Di Jepang sendiri, anime biasanya tayang setiap seminggu sekali per episode untuk sebuah serial anime yang tayang di televisi. Namun tak jarang juga anime diangkat ke layar lebar baik dari adaptasi manga atau novel maupun original. Puluhan judul film anime setiap tahunnya menghiasi bioskop. Tak sedikit film anime mampu bersaing dengan film-film dari luar negeri maupun lokal. Bahkan beberapa judul film anime mampu memuncaki box office lokal tahunan. Hal ini membuktikan bahwa anime sangat dicintai dan dihargai oleh warga Jepang. Film-film anime yang mampu bertengger di posisi atas penghasilan bioskop biasanya merupakan sebuah film anime yang diangkat dari manga/serial anime populer, animator/sutradara ternama, atau studio yang tak asing lagi menghasilkan karya yang dicintai masyarakat luas. Berikut adalah 10 film anime dengan penghasilan tertinggi di bioskop (diperbarui 19 Agustus 2021 dan belum ada perubahan signifikan hingga 3 Maret 2022) :

10. The Secret World of Arrietty (2010), Penghasilan : $149 Juta+


Sinopsis: Siapa yang menyangka kalau di bawah lantai rumah itu ternyata ada penghuni lain. Mereka bukan binatang, apalagi makhluk halus. Mereka adalah The Borrowers. Selama ini tak ada yang tahu keberadaan mereka walaupun sebenarnya ada saat ketika mereka muncul ke permukaan untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Saat salah satu dari The Borrowers tertangkap basah, bisa jadi ini adalah awal dari terungkapnya keberadaan mereka. The Borrowers ini memang berwujud layaknya manusia biasa, yang membedakan hanyalah ukuran tubuh mereka yang sangat kecil. Tinggi badan mereka tak lebih dari 10cm saja. Arrietty (Bridgit Mendler) adalah salah satu dari The Borrowers ini. Meski usianya sudah 14 tahun namun Arrietty belum pernah menjalankan tugas mencari kebutuhan sehari-hari di atas rumah yang merek tinggali. Saat pertama kali berburu bersama ayahnya, Arrietty tertangkap basah oleh Shawn (David Henrie), bocah berumur 12 tahun yang kebetulan baru saja datang ke rumah itu. Shawn tak takut melihat Arrietty. Ia malah menunjukkan sikap bersahabat. Sayangnya, keluarga Arrietty melihat persahabatan ini sebagai bahaya yang mengancam. Mereka harus cepat-cepat pindah karena keberadaan mereka sudah diketahui manusia.

9. Pokemon: The First Movie (1998) Penghasilan : $163 juta+ 


Sinopsis: Petualangan meletup menjadi aksi laga dengan debut Mewtwo, sebuah Pokémon yang dibuat menggunakan bioteknologi dari DNA Mew, salah satu Pokémon yang paling langka. Setelah melarikan diri dari laboratorium tempat ia diciptakan, Mewtwo bertekad membuktikan keunggulan dirinya. Dia memikat sejumlah Trainer berbakat ke dalam sebuah pertarungan Pokémon yang belum pernah ada sebelumnya - dan tentu saja, Ash Ketchum dan teman-temannya senang menerima tantangan itu! Kegirangan Ash Ketchum berubah menjadi ketakutan dan kemarahan saat Mewtwo mengungkapkan rencananya untuk dominasi, menciptakan klon yang kuat dari Pokémon pahlawan kita, sehingga bisa menyamakan "ketidakseimbangan" antara Pokémon dan Trainer mereka. Meskipun Ash Ketchum protes, Mewtwo menolak untuk percaya bahwa Pokémon dan manusia bisa menjadi teman. Tapi dihadapkan pada tekad dan loyalitas seorang Trainer muda, Mewtwo mungkin saja harus mempertimbangkan kembali ... terutama saat diadu melawan kekuatan Mew yang misterius!

8. Princess Mononoke, Penghasilan : $169 juta+


Sinopsis : Ketika sedang melindungi desanya dari serangan iblis babi hutan, Ashitaka terluka dan kena kutukan. Untuk menghilangkan kutukan tersebut, Ashitaka harus pergi ke hutan di barat. Di sana, Ashitaka bertemu dengan dua pihak yang sedang berperang sengit. Lady Eboshi dan pengikutnya yang loyal menggunakan senjata dan peluru untuk melawan para dewa hutan yang dipimpin oleh Princess Mononoke. Ashitaka melihat hal baik dari dua pihak tersebut, dan berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan konflik. Namun aksinya malah dilihat sebagai membantu pihak lawan. Namun Ashitaka hanya memiliki waktu terbatas sebelum dewa hutan terbunuh oleh ulah manusia.

7. Stand by Me Doraemon, Penghasilan : $183 juta+


Sinopsis : Di pinggiran kota Tokyo, hiduplah Nobita yang berusia sekitar 10 tahun. Muncullah didepannya seseorang bernama Sewashi, keturunan Nobita generasi keempat pada abad ke-22, dan Doraemon si robot kucing pada abad 22 yang membantu orang dengan alat ajaibnya. Sewashi merasa bahwa keluarganya menderita karena utang yang Nobita tinggalkan hingga sampai ke generasinya, dan dalam rangka untuk mengubah masa depan bencana ini, ia mengutus Doraemon sebagai penjaga Nobita agar bisa memberikan kebahagiaan pada masa depannya, dan Doraemon tidak senang dengan hal ini. Akhirnya Sewashi memasang program ke Doraemon agar dapat memaksanya untuk mengurus Nobita. Doraemon tidak bisa kembali ke abad ke-22 kecuali Nobita hidup bahagia. Kisah ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan Doraemon dan Nobita dimulai. Pada akhirnya Doraemon berhasil membahagiakan Nobita, dan kembali ke abad ke-22 meninggalkan Nobita. 

6. Weathering With You, Penghasilan : $193 juta+


Sinopsis :
Hujan lebat tiba-tiba menghampiri siswa sekolah menengah yang melarikan diri, Hodaka Morishima, yang berjuang untuk membiayai dirinya sendiri secara finansial — berakhir dengan pekerjaan di penerbit kecil-kecilan. Hina Amano di saat yang bersamaan juga sedang mencari pekerjaan untuk bisa menyambung hidupnya dengan sang adik. Kedua nasib terjalin ketika Hodaka mencoba menyelamatkan Hina.
Keduanya memutuskan untuk melarikan diri bersama. Selanjutnya, Hodaka menemukan bahwa Hina memiliki kekuatan yang mencengangkan: kemampuan untuk memanggil matahari setiap kali dia berdoa untuk itu. Hodaka melihat bahwa kemampuan ini bisa dimanfaatkan, apalagi kondisi cuaca Tokyo tidak biasa. Dirinya menyarankan bahwa Hina harus menjadi "gadis sinar matahari" —seorang pembersih langit untuk orang-orang ketika sangat membutuhkannya 

5. Ponyo, Penghasilan : $204 juta+


Sinopsis : Ponyo on the Cliff menyorot kisah si ikan kecil bernama Ponyo yang berhasil kabur dari jaringan nelayan namun tak sadarkan diri setelah terbentur botol selai. Ia pun terdampar di dekat kediaman Sousuke yang tinggal di atas tebing. Sousuke pun menyelamatkan Ponyo dan mulai menjalin persahabatan. Namun ayah Ponyo memerintahkan ia untuk segera kembali ke laut. Sayangnya, Ponyo membangkang dan mencuri obat sihir ayahnya agar bisa menjadi manusia. Ponyo pun berhasil menjadi manusia dan tinggal bersama Sousuke, namun ia terkena kutukan. Ponyo dikutuk akan menghilang menjadi busa jika Sousuke jatuh hati pada wanita lain. 

4. Howl's Moving Castle, Penghasilan : $236 juta+


Sinopsis : Howl's Moving Castle bercerita tentang seorang gadis bernama Sophie, seorang pembuat topi yang dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang mengubah wajah dan tubuhnya menjadi seorang nenek tua. Sophie dikutuk bukan tanpa sebab. Penyihir jahat itu mencari Howl, seorang penyihir juga yang menyelamatkan Sophie tempo hari kala diserang oleh pengikut penyihir jahat tersebut. Dalam tubuhnya dan wajahnya yang baru, Sophie berkelana dan menemukan istana Howl yang bergerak. Sophie bertemu dengan penghuni istana tersebut diantaranya Calcifer dan Markl serta Howl sendiri. Petualangan hidup baru Sophie pun di mulai. 

3. Spirited Away, Penghasilan : $355 juta+


Sinopsis :
Chihiro Ohino seorang gadis 10 tahun yang keras kepala, manja dan naif. Kala itu ia dan keluarganya sedang menuju ke tempat tinggal barunya. Diperjalanan, Chihiro dan keluarganya menemukan taman hiburan yang cukup tua, dengan hati - hati mereka berkelana lebih dalam. Chihiro menyadari bahwa masih banyak sekali tempat yang belum diketahui kebenarannya.
Ketika matahari mulai tenggelam, kehidupan para roh yang menempat taman hiburan tersebut mulai nampak. Disamping itu, kedua orang tua Chihiro memakan makanan yang dibuat oleh para roh yang dapat membuat keduanya menjadi babi.
Tanpa disadari, Chihiro sudah terperangkap lebih dalam, ia mengumpulkan keberanian untuk hidup dan bekerja diantara roh - roh. Dengan bantua Haku, Chihiro memulai kehidupannya di dunia roh dengan tujuan untuk mengebalikan kedua orang tuanya menjadi manusia semula.

2. Your Name. Penghasilan : $357 juta+


Sinopsis :
Mitsuha Miyamizu merupakan seorang gadis sekolah menengah yang menjalani kehidupannya di sebuah pedesaan. Ia sangat ingin menjalani kehidupan di kota Tokyo yang ramai. Sementara itu, Taki Tachibana seorang pemuda yang sibuk menjalani kehidupannya sebagai siswa sekolah menengah sambil menjalani kerja paruh waktu dengan harapan bisa menjadi seorang arsitektur di masa depan nanti.
Namun terjadi hal yang janggal menimpa keduanya, Mitsuha saat itu terbangun disebuah ruangan yang bukan miliknya dan ia bisa menjalani kehidupan impiannya di Tokyo. Tapi bukan sebagai Mitsuha melainkan seorang Taki.
Ditempat yang jauh dipedesaan, Taki mendapati dirinya menjalani kehidpan Mitsuha. Mereka berusaha mengungkap peristiwa aneh ini. Mitsuha dan Taki mulai mencari satu sama lain. Kehidupan yang dramatis ini akan terjalin oleh keduanya. Kehidupan yang terjalin oleh nasib, membuat mereka mengerti keadaan masing - masing dan berakhir menjadi cinta yang tak terbalas.

1. Demon Slayer The Movie: Mugen Train, Penghasilan : $410 juta+


Sinopsis :
Jatuh lebih dalam ke mimpi tanpa akhir. Tanjiro dan kelompoknya telah menyelesaikan pelatihan rehabilitasi mereka di Butterfly Mansion, dan mereka tiba di misi berikutnya dengan Kereta Mugen, di mana lebih dari 40 orang telah menghilang dalam waktu yang sangat singkat. Tanjiro dan Nezuko, bersama dengan Zenitsu dan Inosuke, bergabung dengan salah satu pendekar pedang terkuat di dalam Korps Pembunuh Iblis, Flame Hashira Kyojuro Rengoku, untuk menghadapi iblis di atas Kereta Mugen di jalur menuju keputusasaan.

Oleh : Noor Isnaen


Sumber ( untuk artikel dan ppt) : https://gamerant.com/anime-movies-highest-grossing-box-office-stream/ https://www.boxofficemojo.com/year/?area=JP https://www.teater.co/film/demon-slayer-kimetsu-no-yaiba-the-movie-mugen-train-2020 https://www.imdb.com/title/tt11032374/?ref_=nv_sr_srsg_0 https://myanimelist.net/anime/40456/Kimetsu_no_Yaiba_Movie__Mugen_Ressha-hen/pics https://www.rottentomatoes.com/m/demon_slayer_kimetsu_no_yaiba_the_movie_mugen_train https://www.infokuy.net/2020/05/sinopsis-your-name.html https://myanimelist.net/anime/32281/Kimi_no_Na_wa/pics https://www.imdb.com/title/tt5311514/?ref_=nv_sr_srsg_3 https://www.rottentomatoes.com/m/your_name_2017 https://www.infokuy.net/2020/06/sinopsis-spirited-away.html https://myanimelist.net/anime/199/Sen_to_Chihiro_no_Kamikakushi?q=spirited&cat=anime https://www.rottentomatoes.com/m/spirited_away https://www.imdb.com/title/tt0245429/?ref_=nv_sr_srsg_0 http://eigarebyu.blogspot.com/2012/05/howls-moving-castle-hauru-no-ugoku.html
https://www.rottentomatoes.com/m/howls_moving_castle
https://www.imdb.com/title/tt0347149/
https://myanimelist.net/anime/431 https://www.layar.id/film/mengikuti-kisah-si-gadis-ikan-dalam-film-animasi-ponyo-cliff/
https://www.rottentomatoes.com/m/ponyo https://myanimelist.net/anime/2890 https://www.imdb.com/title/tt0876563/ https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/4939/ https://www.rottentomatoes.com/m/weathering_with_you https://www.imdb.com/title/tt9426210/ https://myanimelist.net/anime/38826 https://doraemon.fandom.com/id/wiki/Stand_by_Me_Doraemon https://myanimelist.net/anime/21469 https://www.imdb.com/title/tt3331846/ http://tiketbioskop.blogspot.com/2017/08/princess-mononoke.html?m=1 https://www.rottentomatoes.com/m/princess_mononoke_1999 https://www.imdb.com/title/tt0119698/ https://myanimelist.net/anime/164 https://id.portal-pokemon.com/movie/series/m1/ https://www.rottentomatoes.com/m/pokemon_the_first_movie_mewtwo_vs_mew https://www.imdb.com/title/tt0190641/ https://myanimelist.net/anime/528 https://spinnwebzine.wordpress.com/2012/01/23/sinopsis-film-2012-the-secret-world-of-arrietty/ https://www.imdb.com/title/tt1568921/ https://www.rottentomatoes.com/m/the_secret_world_of_arrietty https://myanimelist.net/anime/7711/Karigurashi_no_Arrietty
https://www.infokuy.net/2020/06/sinopsis-spirited-away.html
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !