10 Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

0



Studio Ghibli berdiri sejak tahun 1985, dan didominasi oleh karya dari Hayao Miyazaki. Layaknya Disney, banyak orang menonton dan menyukai film-film animasi Studio Ghibli, sepak terjang studio animasi asal Jepang ini sudah tidak perlu diragukan lagi, filmnya tak pernah gagal mencuri hati pemirsa. Yang membedakannya dengan studio lain adalah art-style, kreativitas dan selalu memberikan nilai kehidupan sederhana yang selipkan di berbagai adegan dalam setiap film nya. Film buatan Studio Ghibli ini juga selalu friendly untuk ditonton oleh siapa saja karena memiliki cerita yang ringan namun ber-value tinggi, dan penonton selalu diajak masuk ke dalam dunia fantasi yang indah.

Berikut adalah 10 Film Animasi Studio Ghibli terbaik yang wajib ditonton.

1. Princess Mononoke


Film ini dirilis pada tahun 1997, bercerita tentang perjalanan seorang pangeran bernama Asitaka, ia berkelana menuju barat untuk menghilangkan kutukan yang dimilikinya. sesampai di wilayah yang dimaksud, ia terbentur sebuah konflik antara penguasa pabrik besi yaitu Eboshi dengan Princess Mononoke atau gadis yang dibesarkan oleh serigala.

2. Spirit Away


Film ini dirilis pada tahun 2001, berkisah mengenai seorang anak perempuan bernama Chihiro yang pergi bersama orang tuanya untuk pindah kerumah baru mereka, di perjalanan ayah Chihiro mengambil jalan pintas dan menemukan pintu masuk ke sebuah tempat aneh, malapetaka pun terjadi kedua orang tua Chihiro pun berubah menjadi babi ketika sembarangan memakan makanan, petualangan Chihiro pun dimulai demi menyelamatkan kedua orang tuanya.

3. Whisper of the Heart


Film ini dirilis pada tahun 1995, berkisah tentang seorang cewek bernama Shizuku berumur 14 tahun dan merupakan murid SMP yang teladan,gemar membaca buku. Suatu hari ia mengikuti seekor kucing aneh dan akhirnya membuatnya bertemu dengan seorang cowok bernama Seiji dari sekolah yang sama, merupakan seorang kutu buku, pembuat biola dan ia akan pergi ke Italia dalam beberapa bulan kedepan untuk belajar lebih keras lagi. kesamaan jenis buku yang dibaca membuat gadis teladan ini kepincut kepada Seiji. Petualangan pencarian jati diri Shizuku pun dimulai. 

4. My Neighbor Totoro


Film ini dirilis pada tahun 1988, berkisah tentang kakak beradik bersama ayahnya pindah ke sebuah rumah tua di pinggiran desa, karena di desa itu terdapat ibunya yang dirawat di rumah sakit. Namun ternyata lingkungan yang mereka tinggali terdapat mahluk-mahluk halus dan roh gaib.

5. Ponyo


Film ini dirilis pada tahun 2008, berkisah tentang seorang anak laki laki yang menemukan ikan mas yang terjebak di dalam toples. ikan mas tersebut merupakan ikan mas ajaib yang bisa menjelma sebagai manusia, dengan umur yang kurang lebih sama membuat anak laki-laki itu berteman dan berpetualang bersama ikan mas tersebut.

6. The Tale of the Princess Kaguya


Film ini dirilis pada tahun 2013, berkisah tentang seorang gadis bernama kaguya yang ditemukan seorang kakek pemotong bambu di tengah hutan dan dibesarkan sebagai anak nya. Sejak saat itu, keanehan terus terjadi, setiap sang kakek memotong bambu keluar emas dari bambu tersebut, dan kaguya pun tumbuh dengan cepat tidak sewajarnya manusia biasa. kakek dan istrinya pun menjadi kaya dan pindah ke kota dengan membeli istana yang megah dan menjadi sombong.

7. From Up on Poppy Hill


Film ini dirilis pada tahun 2011, berkisah tentang kisah cinta antara Umi Matsuzaki dan Shun Kazama, Umi merupakan siswi yang bertanggung jawab. Setelah ayahnya meninggal akibat Perang Korea dan ibunya yang sedang belajar di Amerika, Umi menjadi pengurus rumah tangga. Selain itu, setiap pagi Umi selalu mengibarkan signal flag yang berarti "I Pray for Safe Voyages", hal ini dilakukan sebagai tanda rasa sayang dan rasa rindu Umi kepada ayahnya yang telah gugur.

8. Pom Poko


Film ini dirilis pada tahun 1994, menceritakan tentang kawanan Rakun yang tempat tinggalnya dihancurkan oleh manusia karena pembangunan, perusakan alam, membuat kehidupan para Rakun terancam yang membuat mereka ingin melindungi diri hingga balas dendam.

9. Howl’s Moving Castle


Film ini dirilis pada tahun 2004, menceritakan mengenai kastil bergerak milik penyihir pria tampan bernama Howl. Howl menyukai gadis-gadis cantik dan memakan hati mereka, namun sang karakter utama, Sophie tidak percaya. Sophie bertemu dengan Howl yang justru menyelamatkannya dari tentara jahil dan pasukan hitam milik penyihir dari Waste. Sayangnya, pertemuannya dengan Howl justru membuat Sophie berada dalam masalah dan membuatnya di sihir menjadi seorang wanita tua oleh penyihir dari Waste.

10. Grave of Fireflies


Film ini dirilis pada tahun 1988, bercerita mengenai tragisnya perjalanan bertahan hidup sepasang kakak beradik, si kakak laki-laki bernama Seita mengasuh adik kecil perempuannya bernama Setsuko sendirian di masa perang dunia 2, saat Jepang tengah diserbu pasukan Amerika.

Oleh : Dewa Dika

DAFTAR PUSTAKA

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !