Rekomendasi Font Yang Bisa Digunakan Pada Peta

0


Sebelum saya merekomendasikan font, saya akan menjelaskan pengertian dari peta dan jenisnya. Apa Itu Peta? Peta adalah gambar umum permukaan bumi pada bidang skala tertentu dan dilengkapi dengan tulisan serta simbol sebagai keterangan.

Apa Saja Jenis Peta?

Peta terbagi menjadi beberapa jenis yaitu,

1. Peta berdasarkan isinya peta umum dan peta khusus

2. Peta berdasarkan skalanya peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografi.

3. Peta berdasarkan bentuk atau simestrinya peta datar, peta timbul, peta digital, peta garis, peta foto.

10 Rekomendasi Font Yang Bisa Digunakan Pada Peta


Salah satu unsur terpenting dalam peta selain simbol adalah tipe huruf (lettering) hal ini nantinya membuat peta mudah dipahami dan juga lebih menarik untuk dilihat, berikut rekomendasi font bagi anda yang ingin membuat peta.

1. Arial

https://infoindonesiakita.com/2014/05/12/peta-indonesia/

Font Arial ini merupakan font yang paling sering digunakan oleh media cetak maupun massa dan termasuk kedalam kategori font San-serif, selain itu font ini menurut saya cocok untuk digunakan dalam berbagai hal salah satunya adalah peta umum. Font ini digunakan dalam peta untuk menulis

judul peta, skala peta, nomor lembar, dan nama desa. Dengan menggunakan font ini hal-hal tersebut dapat terbaca dengan jelas.

2. Arial Narrow

https://infoindonesiakita.com/2014/05/12/peta-indonesia/

Font Arial Narrow ini adalah versi lebih halus dari Arial dan termasuk dalam font San-serif. Arial Narrow ini menurut saya cocok digunakan dalam peta untuk menulis edisi dan tahun pembuatan, petunjuk letak peta, diagram lokasi, keterangan hak cipta, keterangan. Dengan menggunakan font ini hal – hal tersebut dapat dilihat lebih jelas dan dapat dibedakan antara isi peta dan deskripsi tambahan.

3. Times New Roman

https://infoindonesiakita.com/2014/05/12/peta-indonesia/

Font Times New Roman adalah variasi font lama yang menampilkan kesan profesional dan biasa digunakan untuk tulisan formal, font ini termasuk kedalam font Serif. Font ini menurut saya cocok digunakan pada peta untuk penulisan benua, negara, dan samudra agar menunjukkan kesan formal, hal ini juga untuk membedakan mana yang bagian daerah negara tersebut, mana yang merupakan nama negara, mana yang samudra dan benua.

4. Codec By Zetafonts

http://muslimhorsebow.blogspot.com/2016/07/peta-rute-krl-jabodetabek.html

Font Codec by Zetafonts menurut saya adalah font yang mudah dibaca walau ukurannya kecil atau bila disajikan dalam revolusi yang kecil font ini termasuk dalam font San-serif. Hal ini menurut saya sangat cocok bila digunakan sebagai font pada peta rute perjalanan, contohnya peta rute perjalanan kereta api sebab orang orang tetap bisa membaca rute perjalanan mereka walau dari jarak yang cukup jauh.

5. Optima

https://m.pulsk.com/189293/Peta-Wisata-Bali.html/

Font jenis ini terbentuk karena terinspirasi dari huruf – huruf Roman Capital, font ini termasuk kedalam font San-serif. Font ini menurut saya cocok apabila digunakan dalam berbagai hal contohnya dapat diterapkan dalam membuat peta daerah modern untuk keperluan promosi daerah tersebut.

6. Brush Script MT

https://pin.it/6bOexDL

Font ini meniru gaya kaligrafi teknik tulis tangan, tetapi font ini tetap mudah untuk dibaca. Menurut saya font ini cocok digunakan pada peta non formal atau peta modern yang ingin menunjukkan kesan kuno.

7. Comic Sans MS

https://quizizz.com/admin/quiz/5d7711847a64e1001ad7b274/peta-minda

Font ini sebenarnya adalah font yang tidak disarankan karena bentuknya yang kekanakan, tetapi menurut saya font ini bisa digunakan apabila anda membuat peta minda karena akan memberikan kesan yang unik.

8. Franklin Gothic Medium

https://phinemo.com/peta-status-gunung-api-di-indonesia/

Font ini merupakan font yang digunakan pada peta untuk menulis kenampakan hipsografi, seperti gunung, lembah, dan teluk. Salah satunya adalah peta persebaran gunung berapi di indonesia.

9. Arial Black

https://www.google.com/amp/s/bhianrangga.wordpress.com/2014/08/11/perwil_analisis-kependudukan-dan-ketenagakerjaan/amp/

Font ini termasuk kedalam font varian Arial hanya saja memiliki karakteristik yaitu lebih unggul di ketebalan font. Menurut saya hal ini sangat cocok apabila digunakan pada peta yang tidak memberikan gambaran astronomi yang jelas hanya untuk memberitahukan daerah yang masuk kedalam data penelitian, contohnya peta kepadatan lingkungan.

10. Bahnschrift Light Condensed

https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/peta-tematik/peta-sebaran-kasus-covid-19-di-akhir-bulan/

Font ini dikenal sebagai font melengkung sempurna yang tampil dengan ujung yang tajam dan lurus, font ini membuat proyek grafis lebih terlihat fantastis. Font ini menurut saya sangat cocok di pakai pada peta yang menyajikan data analisis, contohnya seperti peta sebaran kasus covid-19.

Kesimpulan

Font-font diatas adalah rekomendasi font yang menurut saya cocok untuk anda gunakan apabila membuat peta. Setelah ini saya harap anda dapat terbantu dan dapat menentukan mana font yang sesuai dengan gaya dan peta yang ingin anda buat.

Oleh : Sella Syahbrina


Referensi:

http://www.habibullahurl.com/2017/02/pengertian-peta-dan-jenisnya.html

https://en.fontke.com/font/24516084/

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !