Perbedaan OTF dan TTF

0

TrueType Font (TTF) adalah format font hasil kembangan Apple di tahun 1980-an (untuk menyaingi font Type 1 dari Adobe). Apple memberikan lisensi gratis pada Microsoft agar pemakaiannya lebih luas. TrueType Font kini merupakan salah satu format paling umum yang terdapat di sistem operasi komputer, seperti di macOS dan Windows. OpenType Font (OTF) merupakan format huruf hasil kembangan Microsoft berdasar TrueType, namun menawarkan fleksibilitas yang lebih.

Adobe kemudian bergabung dengan Microsoft untuk mengembangkannya lebih jauh, termasuk integrasi dalam berbagai aplikasinya seperti Photoshop, Illustrator, dll Salah satu kelebihan format OTF adalah bisa menampilkan glyph atau bentuk huruf alternatif dan bisa menyimpan beberapa jenis font (regular, bold, italic, dll) dalam satu file. Saat ini sudah banyak font jenis OTF tersedia. Baik TTF dan OTF ukurannya dapat diubah tanpa mengurangi kualitasnya, dan ketika dicetak/diprinter hasilnya kelihatan cocok. Namun, karena otf terdiri dari ttf juga, maka otf memiliki beberapa kelebihan daripada ttf. Meski demikian, penggunaan font tergantung pada aplikasi yang digunakan.

OTF punya keunggulan dengan kemampuan dukungan berbagai elemen font (ligatures, glyph, karakter alternatif, dll) dalam satu berkas. Di sisi lain, untuk hal yang sama TTF harus memakai beberapa file font terpisah. Itulah beda TTF dan OTF yang utama, maka dari itu kita perlu memahami perbedaan antara TTF dan OTF agar tidak salah memilih font.


Bedanya font otf dan ttf adalah kita tahu bahwa perbedaan terbesar antara TTF dan OTF terletak pada fungsinya. OTF dapat menambahkan ligatur dan karakter pengganti yang sangat berguna untuk persyaratan desain. Misalnya huruf A. Jika ingin menggunakan huruf A dengan bentuk lain, jenis font OTF menyediakan banyak variasi. Berbeda dengan TTF yang hanya mengandalkan tabel font, OTF juga bisa mengandalkan CCF atau format font kompak. Meski OTF memiliki banyak keunggulan, namun TTF masih banyak digunakan di seluruh dunia, karena tidak semua orang membutuhkan fungsi OTF. Selain itu, beda type otf dan ttf font seperti dibandingkan dengan OTF, TTF juga lebih populer, lebih umum digunakan dan lebih mudah dibuat. Sayangnya, ukuran file TTF lebih besar dari OTF. Singkatnya, untuk penggunaan normal (seperti pekerjaan tugas), maka hanya membutuhkan TTF. Namun, jika Anda perlu merancang persyaratan, maka yang terbaik adalah menggunakan OTF. Sebagai contoh

Oleh Yossepha Glory Novianda

Sumber
https://ngerangkum.com/perbedaan-ttf-otf/
https://356labs.com/blog/otf-vs-ttf-whats-the-difference/
https://qastack.id/superuser/96390/difference-between-otf-open-type-or-ttf-true-type-font-formats
https://www.makeuseof.com/tag/otf-vs-ttf-fonts-one-better/
https://urbandigital.id/beda-ttf-otf-font/
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !