FONT-FONT GRAFFITY/GRAFFITI

Grafiti muncul sebagai grafis atau tulisan yang digores, dicoret, dicat atau ditandai dengan cara apa pun pada properti. Grafiti telah ada sejak zaman yang sangat kuno di Yunani Kuno dan Kekaisaran Romawi, dahulu mereka tidak mempunyai alat cetak tulis dan cetak apapun, sehingga mereka menuliskan pesan di tembok-tembok bangunan, inilah asal mula grafiti. Negara yang memiliki tradisi signifikan dalam grafiti adalah Sao Paulo, salah satu kota terbesar di Brasil, yang dianggap sebagai pusat inspirasi seniman grafiti saat ini.

Grafiti memiliki gaya yang berbeda pada masing-masing tulisan. Tagging adalah jenis grafiti yang paling sederhana, biasanya dilakukan dengan cepat pada cat semprot, spidol atau pena dan kurang artistik. Kemudian Throw-up, Throw-up menghabiskan lebih banyak waktu daripada Tagging, biasanya memiliki dua atau tiga warna dan dilakukan dalam huruf bergelembung. Stencil dapat menjadi cara yang lebih cepat dalam menghasilkan graffiti yang lebih rumit menggunakan dua atau lebih lapisan dan dapat menghasilkan desain yang lebih kaya warna. Wildstyle adalah bentuk grafiti yang dipopulerkan oleh seniman grafiti seperti Tracy 168, Zephyr di NYC. Grafiti di Wildstyle relatif lebih rumit dan artistik. Ada bentuk gaya lain seperti blockbuster, hip-hop, surga, stiker, pasta gandum, dll. Oleh karena itu, graffiti tidak terpatok pada beberapa font saja dan tidak ada aturan untuk gaya grafiti, karena grafiti merupakan sebuah seni dan masing-masing grafiti berbeda-beda sesuai dengan gaya penciptanya.

Tidak hanya ada berbagai jenis grafiti, tetapi juga ada perbedaan gaya huruf pada masing-masing grafiti, gaya ini pertama kali diperkenalkan oleh seniman grafiti pada awal-awal urban graffiti, yaitu pada tahun 1970-1980 an, gaya huruf ini terus berevolusi hingga sekarang, diantaranya :

Banyak jenis-jenis font pada grafiti yang ada di seluruh dunia, tetapi kebanyakan font grafiti adalah tulisan latin dengan diberi aksen-aksen untuk memperindah estetika grafiti tersebut. Berikut adalah beberapa contoh Font-font grafiti beserta filosofinya :

1. URBAN DECAY
Urban Decay adalah font yang dibuat oleh ‘Zocos” untuk merayakan kecintaannya kepada grafiti, eksplorasi kota, dan kaligrafi jalanan. Font ini dapat menciptakan karakter urban pada grafiti yang dibuat.

Source : https://www.dafont.com/img/illustration/u/r/urban_decay.png

2. KNIGHT BRUSH
Knight Brush adalah font yang dibuat oleh Hendra Pratama, font ini memiliki karakter tebal dan menciptakan kesan vintage pada grafiti yang dibuat.

Source : https://i1.wp.com/www.freefonts.io/wp-content/uploads/2017/11/knight-brush-font.jpg

3. FAT WANDALS
Fat Wandals adalah font yang dibuat oleh Mans Greback, Font ini adalah font script yang memiliki bentuk indah bagaikan ditulis dengan spidol marker.

Source : https://www.dafont.com/img/illustration/f/a/fat_wandals.png

4. DON GRAFITI
Don Grafiti adalah font yang dibuat oleh Don Marciano, Don Grafiti adalah font grafiti old school yang memberikan karakter urban pada grafiti yang dibuat.

Source : https://www.dafont.com/img/illustration/d/o/don_graffiti.png

5. GRIZZLY ATTACK
Grizzly Attack adalah font yang dibuat oleh Rometheme Studio, font ini tampak seperti bekas serangan beruang grizzly yang memberikan kesan garang atau ganas pada grafiti yang dibuat.

Source : https://www.dafont.com/img/illustration/g/r/grizzly_attack.png

6. MERSEY COWBOY
Mersey Cowboy adalah font yang dibuat oleh Chequered Ink, font ini seperti dibuat menggunakan kuas dan cat tembok. Font ini memberikan kesan tebal dan tak beraturan.

https://img.fontspace.co/gallery/750x500/5/14611ee07e86446a9bca2ae8cd413275.png

7. HUMBLLE ROUGHT
Humblle Rought adalah font yang dibuat oleh Dirtyline Studio, font ini merupakan font grafiti yang menggambarkan nuansa modern.

Source : https://dirtylinestudio.com/product/humblle-rought-free/

8. VITRUVIAN MAN
Vitruvian Man adalah font yang dibuat oleh Chequered Ink, font ini memiliki karakter wildstyle, font ini dapat menampilkan karakter liar, marah, dan vandalisme pada grafiti yang dibuat.

Source : https://img.fontspace.co/gallery/750x500/5/aac13a37ebc344efa777c5cf0d704cca.png

9. BLOW BRUSH
Blow Brush adalah font grafiti yang dibuat oleh Peter Acanski, menurut Peter Acanski “Blow Brush adalah font tulisan tangan yang terinspirasi dari kultur hip hop dan komunitas grafiti”.

Source : https://cdn.mos.cms.futurecdn.net/rctujgnkqsxGMfJUuMCV6b-970-80.jpg

10. GANG BANG CRIME
Gang Bang Crime adalah font yang dibuat oleh Maelle Keita, font ini memiliki karakter tebal dan aksen cat menetes dibagian bawah hurufnya. Font ini mengingatkan pada grafiti yang terdapat di game GTA San Andreas.

Source : https://cdn.mos.cms.futurecdn.net/78kM4jGr5yYC7Bzvk3K4Qb-970-80.jpg


VIDEO FONT – FONT GRAFFITI
Oleh FAUZAN SATRIA WICAKSANA

DAFTAR PUSTAKA
ARTIKEL
https://fontmeme.com/graffiti-creator/
https://weburbanist.com/2009/10/01/graffiti-lettering-9-cool-characters-alphabets-fonts
https://www.dafont.com/urban-decay.font
https://www.freefonts.io/knight-brush-font/
https://www.dafont.com/fat-wandals.font
https://www.dafont.com/don-graffiti.font
https://www.dafont.com/grizzly-attack.font
https://www.fontspace.com/mersey-cowboy-font-f26497
https://dirtylinestudio.com/product/humblle-rought-free/
https://www.fontspace.com/vitruvian-man-font-f28304
https://www.dafont.com/blowbrush.font
https://www.1001freefonts.com/gang-bang-crime.font
VIDEO
(No Copyright Video)
https://www.youtube.com/watch?v=k1nlJ8yB5zk
(No Copyright Music)
https://www.youtube.com/watch?v=wEPOn2e0sv8
0 Komentar untuk "FONT-FONT GRAFFITY/GRAFFITI"

Back To Top