FONT DAN PENERAPANNYA PADA FLYER/SELEBARAN

0

Flyer merupakan suatu media promisi berupa barang dan jasa yang sering digunakan pada zaman dulu, berupa selmbaran kertas berukuran A4 tanpa liapatan dengan tulisan promosi disalah satu sisinya saja. Pada masa sekarang mungkin penggunaan flyer sudah jarang digunakan sebab sekarang semua orang sudah menggunakan sosial media untuk bahan promosi mereka yang lebih efektif. Tapi tak ayal masih banyak dari produsen masih memilih media promosi dengan cara membagi-bagikan selembaran kertas kepada orang-orang.

Penggunaan font pada flyer juga mempengaruhi minat dari para komsumen, maka dari itu penggunaan serta perpaduan font sangat dipertimbangkan baik-baik oleh Desainer Grafis, agar menarik minat komsumen untuk membeli produk yang mereka keluarkan. Dibawah ini adalah ontoh penggunaan flyer sebagai bahan promosi yang digunakan dan bahkan sering kali kita jumpai, serta alasan kenapa menggunakan font-font tersebut, sebagai berikut:

1. Font flyer/selembaran pada Burger King
Penggunaan font pada flyer Burger King terinspirasi oleh makanannya sebab “bulat, tebal dan enak”. Font Burger King kini menggunakan flame. Font ini dinilai memberikan penawaran bentuk dan rasa yang Burger King kepada pembeli. Font juga terlihat tebal (Bolt), termasuk jenis font sans serif pada tulisan Burger King karena tidak ada pengait pada setiap hurufnya. Dibawah adalah flyer dari Burger King yang banyak diminati orang-orang karena perpaduan font yang cukup menarik minat banyak orang.

Sumber: https://www.geometry.id/stories/rebranding-burger-king

2. flyer/selembaran Alfamart
Pada pengunaan font Alfamart menggunakan 2 jenis font berbeda. Font tulisan Alfamart, terdiri dari kata Alfa yang menggunakan font sans serif tipe Arial yang dibulatkan yang mungkin terlihat sama, sedangkan untuk kata Mart menggunakan font yang bernama Textile.

Untuk penyusunan kata pada flyer pada Alfamart digunakan untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik dengan produk Alfamart. Dibawah ini merupakan flyer yang banyak orang-orang tahu, yang dibagikan oleh karyawan Alfamart dan dibagikan kesekitar kawasan Alfamart berada.

Sumber: http://www.namafont.com/2017/07/nama-font-alfamart-download.html

3. Font flyer/selembaran pada McD
Penggunaan font pada flyer McD dengan menggunakan sans serif font McLawsuit dengan Helvetica Bold. Desain pada McD lebih sederhana, yang memungkikan orang dapat mengingat dengan sekali melihat bahwa itu adalah McD. Diatas adalah flyer McD sangat elegan walau hanya menggunakan satu huruf saja. Huruf ‘M’ pada logo Mcd melambangkan sepasang payudara ibu yang dimana ASI adalah asupan pertama seorang anak yang baru lahir dan hampir semua manusia alami. Dibawah merupakan flyer McD yang elegan.

https://m.caping.co.id/news/detail/1933475#:~:text=Huruf%20%22M%22%20pada%20lambang%2 0McD,itu%20ingin%20melakukan%20perubahan%20desain.

4. Font flyer/selembaran pada Indomie
Font yang digunakan pada flyer Indomie mengguakan font serif typo Lobster Font. Memiliki font abstrak yang dimana itu adalah daya tarik dari flyer dari Indomie tersebut.
Flyer Indomie didesain dengan ditentukan sifat produk, pertimbangan mekanis, kondisi merketing, pertimbangan pemajangan, dan oleh penggunaan logo tersebut.

Sumber: https://aribhactiar.wordpress.com/2017/10/30/filosofi-logo-indomie/

5. fyer/selembaran Konser
Font pada Penggunaan font untuk keerluan konser harus mempertimbangkan konsep apa yang akan diselenggarakannya konser tersebut. Font yang digunakan pada Flyer dibawah adalah font sans serif typeface Pathway Gothic One. Memberikan efek dari sesuatu yang terlupakan dari tempat terpencil.

Kenapa penggunaan font sersebut cocok dengan flyer konser, karena akan mencitaptakan rasa rindu dari suatu tempat yang mungkin hanya orang tertentu yang dapat merasakannya. Flyer konser dengan font diatas dapat mengobati rindu dari orang-orang hingga membuat mereka tertarik untuk menonton konser tersebut.

Sumber: https://blog.sribu.com/id/30-contoh-penggunaan-font-yang-keren/

6. Font flyer/selembaran pada Perumahan
Penggunaan font pada flyer promosi perumahan dengan menggunakan font sans serif type Arial Nova, digunakan karena promosi ini bertujuan agar dapat dibaca dengan sekali melihat saja, dan dapat menarik perhatian komsumen agar membeli perumahan yang ditawarkan dengan diskon pada flyer.

Font Arial Nova adalah desaian ulang yang halus dari keluatga Arial klasik. Font Arial Nova ini sangat cocol untuk di jadikan paragraf dan judul dokumen. Dibawah ini flyer/selembaran Perumahan yang ditawarkan oleh produsen kepada konsemen agar tertarik untuk membeli perumahan. Dengan memberikan fasilitas dan kenyaman yang diperlukan, semua informasi sudah tercantum pada flyer/selembaran.

Sumber:https://www.microsoft.com/id-id/p/arialnova/9ns5ct1mz7m8 activetab=pivot:overviewtab

7. Font flyer/selembaran pada Pizza
Flyer yang difunakan pada promosi pizza dibawah menggunakana font serif type Amasis MT Std Black yang dimana desain dari font tersebut agar dapat menyenangkan yang melihatnya. Font tersebut juga sempurna untuk proyek branding, Desain Peralatan rimah tangga, kemasan produk, atau hanya sebagai hamparan teks bergaya gambar latar belakang apa pun.

Sumber: https://en.maisfontes.com/amasis-mt-std-black

8. flyer/selembaran Dompet Dhuafa
Font sans serif type Arial Nova Light masih satu keluarga dengan Arial Nova maupun Arial Klasik. Penggunaan nya yang sangat cocok dipakai dalam desain apa pun yang membuatnya sering digunakan oleh banyak orang. Flyer/selembaran yang pada Dompet Dhuafa yang memberikan kesan sederhana tapi tetap memiliki ke Estetikan didesaiannya yan didukung dengan warna yang tepat.

Sumber:https://www.microsoft.com/id-id/p/arialnova/9ns5ct1mz7m8activetab=pivot:overviewtab

9. Font flyer/selembaran pada Travel
Flyer pada Travel menggunakan font sans serif type Aharoni sebab penggunaan font ini sangat cocok bila diaplikasikan pada flyer Travel, karena tulisannya yang daat dengan terlihat jelas walau hanya dengan sekali lihat saja. Font Aharoni pada flyer Travel dapat menunjukan dengan jelas maksud dari promosi yang dibuat walau hanya dilihat dengan sekali lihat saja, tapi tanpa mengurangi tujuan yang dimaksudkan.

Sumber: http://ulilamrikmr.blogspot.com/2014/11/bagaimana-cara-prang-memilih-font-atau.html

10. Font fleyer/selembaran pada Invitation
Flyer Invitation biasa orang-orang menggunakan jenis font ini untuk kartu undangan, seperti untuk undangan pernikahan, undangan prom night, dan masih banyak lagi. Font yang digunakan dalam flyer Invitation dengan menggunakan font serif type Invitation Sript. Font Invitation Script sangat mudah sekali dikenali sebab bentuknya yang mirip dengan tulisan tangan, font ini lebih baik digunakan dengan fokus sebagai utama agar dapat memperlihatkan keindahannya.
Contoh penggunaan Flyer

Sumber:http://desaingraphix.blogspot.com/2015/06/tips-menggunakan-font-jenis-scriptpada.html


Oleh Lusi Efrilia Rahma

DaftarPustaka/Sumber
https://www.geometry.id/stories/rebranding-burger-king http://www.namafont.com/2017/07/nama-font-alfamart-download.html
https://m.caping.co.id/news/detail/1933475#:~:text=Huruf%20%22M%22%20pada%20lambang%2 0McD,itu%20ingin%20melakukan%20perubahan%20desain https://aribhactiar.wordpress.com/2017/10/30/filosofi-logo-indomie/ https://blog.sribu.com/id/30-contoh-penggunaan-font-yang-keren/
https://www.microsoft.com/id-id/p/arial-nova/9ns5ct1mz7m8?activetab=pivot:overviewtab
https://en.maisfontes.com/amasis-mt-std-black
https://www.microsoft.com/id-id/p/arial-nova/9ns5ct1mz7m8?activetab=pivot:overviewtab http://ulilamrikmr.blogspot.com/2014/11/bagaimana-cara-prang-memilih-font-atau.html http://desaingraphix.blogspot.com/2015/06/tips-menggunakan-font-jenis-script-pada.html
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !