10 Macam Font Seperti Goresan Kuas

Brush font atau font goresan kuas adalah font yang biasa digunakan dalam berbagai media seperti undangan pernikahan, poster, judul cover buku, judul cover album musik, postingan media sosial dan lainnya. Font ini biasanya digunakan dengan tema kesenian, keindahan, atau penegasan yang berbeda dengan bentuk font yang unik.


1.  Adlery Swash

Adlery adalah jenis brush font yang dirancang oleh Cosimo Lorenzo Pancini. Font ini memiliki nuansa buatan tangan dan dioptimalkan untuk keterbacaan maksimum pada ukuran sedang. Jenis font ini terbagi dalam tiga gaya: Basic, Swash dan Blockletter Uppercase dan memiliki dua set huruf kecil yang bergantian dalam penulisan, sehingga tidak ada huruf ganda yang sama.

https://www.canva.com/design/DAErAi4yh2Q/5ap7unTZuAZ6GcXTHGC-Kw/edit?layoutQuery=undangan

Alasan font Adlery Swash digunakan untuk salah satu font dalam undangan pernikahan, karena Adlery Swash font memiliki karakteristik gabungan antara brush font dan handwriting font yang menegaskan nama pasangan yang akan menikah. Selain itu, font tersebut terlihat indah dan cocok untuk undangan pernikahan yang notabene dalam suasana bahagia.


2.  Knewave

Knewave merupakan font yang di desain oleh Tyler Finck.

https://www.canva.com/design/DAErBmuGF40/6iqad5MXYVFoeF5wg3uqjA/edit?layoutQuery=poster

Font ini bisa digunakan sebagai Judul Buku seperti contoh di atas, karena font tersebut memiliki bentuk dan volume yang besar. Font tersebut cocok digunakan sebagai judul buku “Journey To The Stars” karena mengimplementasikan bahwa dalam menggapai mimpi harus mempunyai niat yang besar dan semangat yang kuat


3.   Monster Mash

Monster Mash dirancang oleh Woodcutter (1997), digunakan untuk sampul Gun Love.

https://fontsinuse.com/uses/24522/gun-love-jennifer-clement-hogarth

Dalam novel Gun Love tersebut menggunakan font Monster Mash karena font tersebut termasuk ke dalam salah satu brush font. Selain itu penggunaan font Monster Mash membuat judul novel Gun Love menjadi lebih menarik.


4. B-Movie Retro

Font ini dirancang oleh Die Typonauten. Jenis huruf skrip oleh Die Typonauten ini adalah “penghormatan tipografi untuk film horor dari tahun 1930-an dan 1940-an, yang menampilkan Boris Karloff, Bela Lugosi, dan lainnya; film tentang vampir, monster dari rawa, dan mumi menyeramkan.” — Peter Reichard

https://fontsinuse.com/uses/5733/animal-farm-by-george-orwell-penguin-edition

Menurut saya, font ini dipilih sebagai font judul pada cover buku Animal Farm karya Goerge Orwell di atas karena font tersebut menggambarkan isi buku dan font tersebut salah satu dari brush font.


5.  Knockout

Knockout adalah jenis font  sans-serif yang dirancang oleh Jonathan Hoefler dan Tobias Frere-Jones. Ini awalnya dirilis melalui H&FJ pada tahun 1994. Knockout unik karena berisi sembilan lebar yang berbeda dan masing-masing lebar dirancang secara individual untuk memasukkan variasi halus, mengingatkan kembali ke tipografi abad kesembilan belas yang mendahului gagasan keluarga tipe seragam.

https://fontsinuse.com/uses/16731/le-cinema-francais-c-est-de-la-merde

Dalam poster film “Le Cinema Francais C’ Est De La Merde” tersebut menggunakan font Knockout karena menggambarkan film yang diceritakan mengandung genre thriller drama.


6. Neuland

Dirancang oleh Rudolf Koch dan dikeluarkan oleh Gebr. Tidak ada huruf kecil. Pukulan dipotong secara manual oleh Koch sendiri, tanpa desain sebelumnya di atas kertas.

https://fontsinuse.com/uses/16806/yodeling-slim-clark-western-songs-and-dances-

Menurut saya, font Neuland cocok digunakan sebagai cover musik album di atas karena font tersebut berebntuk tebal dan tegas yang menggambarkan tema lagu Western Songs and Dances.


7. Choc

Font ini dirancang oleh Roger Excoffon. Dirancang oleh Roger Excoffon dan dikeluarkan oleh Fonderie Olive pada tahun 1955, mungkin sebagai tanggapan terhadap Bolide (Deberny & Peignot, 1954). Jean Fran├žois Porchez mengklaim Choc adalah "hasil dari berbagai upaya untuk membuat Mistral berani".

https://fontsinuse.com/uses/26961/voulez-vous-cha-cha-french-cha-cha-1960-1964

Font Choc digunakan dalam lukisan digital di atas karena cocok sesuai tema yang gembira, berwarna, ramai, dan dalam suasana yang menyenangkan.


8. Aloja

Font Aloja dibuat oleh Ieva Mezule dan Krisjanis Mezulis. Font Aloja dapat digunakan untuk judul yang besar, postingan, undangan, dan situs web.


https://www.canva.com/design/DAErHXizNNk/1M049NoInw0SZwqgrduBpQ/edit?layoutQuery=art

Pada postingan feed instagram di atas menggunakan font Aloja dalam kata “Batik”. Font Aloja termasuk ke dalam salah satu brush font dan sangat cocok digunakan dalam postingan instagram tersebut karena berkaitan dengan seni.

 

9. Quick Brush

Dulu font ini bernama Quick Bold. Kemudian, dirilis ulang sebagai Quick Brush bersama dengan Quick Marker.

https://fontsinuse.com/uses/14939/i-just-popped-off-by-saki

Font Quick Brush digunakan dalam kaset pita berjudul “I Just popped Off” by Saki karena sangat cocok dengan warna latar belakangnya, selain itu font tersebut juga sangat cocok dengan lagu yang dibawakan oleh Saki tersebut.

 

10. Liebedoris

Font ini dirancang oleh Ulrike Rausch dan dirilis pada tahun 2014. Terinspirasi oleh lokakarya dengan pelukis tanda ikon Amerika Mike Meyer, Ulrike dari LiebeFonts berangkat untuk membuat jenis huruf yang indah dan serbaguna untuk lukisan tanda yang sama sekali tidak terlihat seperti font melainkan seperti huruf-huruf pada tanda etalase yang unik dan dilukis dengan tangan . LiebeDoris menggabungkan yang terbaik dari dua dunia: keindahan lukisan tanda semua-Amerika dan keahlian teknik Jerman yang cermat.

https://fontsinuse.com/uses/14175/kfc-hot-bites-germany

Font tersebut digunakan sebagai poster iklan KFC di Jerman karena menggambarkan menu dari KFC yang pedas di setiap gigitan.


Video 10 Macam Font Seperti Goresan Kuas

Oleh Rayza Teguh Prastiyo
0 Komentar untuk "10 Macam Font Seperti Goresan Kuas"

Back To Top