10 Jenis Font Yang Digunakan Dalam Artikel Ilmiah

0

Sebelum membahas jenis font apa yang digunakan dalam membuat artikel ilmiah, alangkah lebih baiknya bagi teman – teman untuk mengetahui apa itu artikel ilmiah. Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk dari karya ilmiah yang berisi tentang penelitian dari sebuah masalah yang disatukan dalam sebuah jurnal ilmiah. Artikel ilmiah biasanya bersifat objektif yang artinya berfokus hanya pada satu permasalahan, rasional, kritis, menggunakan bahasa yang formal, dan juga artikel ilmiah tidak dapat ditulis dengan motif pribadi tertentu.

Artikel ilmiah dibuat dengan kaidah – kaidah keilmuan yang artinya harus menggunakan hasil penelitian yang jelas, oleh karena itu dalam artikel ilmiah harus disertakan pengutipan sumber yang jelas dan juga adanya daftar pustaka pada penutup jurnal dari karya ilmiah. Setelah mengetahui secara singkat tentang artikel ilmiah, sekarang saya akan menjelaskan jenis font apa yang sering digunakan dalam pembuatannya.

A. TYPEFACE SANS SERIF SEBAGAI JUDUL ATAU HEADING

1. Calibri

Jenis font ini dirancang pada tahun 2004 dan baru diluncurkan pada tahun 2007. Times New Roman di Word dan juga Arial di PowerPoint, Excel, Outlook, dan juga Wordpad digantikan rupa huruf bakunya oleh Calibri. Karena Calibri termasuk font yang dipasang di default Microsoft Word, sehingga menyebabkan saya sering menggunakannya dalam membuat artikel ataupun tulisan lainnya. Bahkan dalam judul dan heading saya pada tugas ini saya juga menggunakan font Calibri.

2. Arial

Biasa digunakan dalam personal komputer sebagai judul atau heading, Font ini dirancang oleh tim beranggotakan 10 orang pada tahun 1982, terkadang dipasarkan atau ditampilkan dalam berbagai perangkat lunak sebagai Arial MT. Font Arial memiliki banyak gaya dan bentuk, beberapa dikeluarkan dengan konfigurasi rupa huruf yang memiliki beragam tingkatan dukungan bahasa.

3. Helvetica

Font Helvetica dibuat dengan tujuan menciptakan huruf netral yang memiliki kejelasan baik dan tanpa arti intrinsik dalam bentuknya. Dikembangkan di swiss pada tahun 1957 oleh Max Miedinger dan Eduard Hoffmann, biasanya digunakan dalam komputer Mac versi lawas sebagai judul atau sub judul.

4. Futura

Font Futura adalah salah satu dari font default atau bawaan dari sistem operasi Windows, awalnya diciptakan sebagai rupa huruf untuk body text buku. Menjadi salah satu jenis dari Sans Serif, font Futura dapat digunakan sebagai judul ataupun heading karena bentuknya yang standar yang akan mudah menarik perhatian pembaca.

5. Verdana

Permintaan font ini pertama kali ditanggapi oleh Virginia Howlett dari grup tipografi Microsoft. Nama Verdana didapatkan dari kata verdant (sesuatu yang hijau) dan ana (nama putri sulung Howlett)

B. TYPEFACE SERIF SEBAGAI ISI ARTIKEL

1. Times New Roman

Times New Roman adalah font yang paling sering digunakan dalam pembuatan artikel. Pada tahun 1931 font tersebut dipesan oleh surat kabar Inggris The Times setelah sebelumnya mendapatkan kritikan karena hasil cetak yang buruk. Kebanyakan kebijakan dalam membuat artikel saat ini mengharuskan menggunakan Times New Roman sebagai font yang harus dipakai.

2. Century

Century adalah tipe font yang khusus ditujukan untuk teks isi. Century Roman dipotong oleh desainer American Type Founders Linn Boyd Benton tahun 1894 untuk master printer Theodore Low De Vinne, untuk digunakan di The Century Magazine. Century adalah font yang juga paling banyak digunakan sebagai isi artikel selain Times New Roman. Meskipun berasal dari abad ke-19, penggunaan jenis font ini tetap kuat untuk majalah, buku teks, dan sastra.

3. Cambria

Didistribusikan oleh Windows dan Office dari Microsoft Cambria merupakan jenis huruf serif transisi, dirancang oleh desainer tipografi belanda pada tahun 2004 bernama Jelle Bosma, dengan mendapatkan masukan oleh Steve Matteson dan Robin Nicholas. Font ini dimaksudkan sebagai font serif yang cocok sebagi teks isi. Merupakan bagian dari Clear Type Font Collection bersama font lain yang juga memiliki awalan huruf C agar dapat bekerja dengan baik dengan sistem rendering teks Clear Type Microsoft.

4. Georgia

Didesain pada tahun 1993 oleh Matthew Carter dan masukan oleh Tom Rickner untuk Microsoft Corporation. Dibuat dengan tujuan menjadi jenis dari serif typeface yang akan tampak elegan tetapi terbaca saat dicetak kecil atau dengan layar resolusi rendah. Microsoft merilis versi awal dari font pada 1 November 1996 sebagai bagian dari huruf inti untuk Web Collection.

5. Baskerville

Dikembangkan tahun 1757 oleh John Baskerville di Birmingham, Inggris. Awalnya merupakan font tradisional yang masih menggunakan potongan – potongan metal dan diukir dalam pengerjaannya. Dipublikasikan pertama kali dalam kumpulan puisi Virgil tahun 1757. Bentuknya yang dekoratif cocok dijadikan sebagai font untuk isi dalam artikel.


Oleh Dana Rizkiana

REFERENSI
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Calibri
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Arial
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Times_New_Roman
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Helvetica
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Futura
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Verdana
https://www.google.com/amp/s/penerbitdeepublish.com/pengertian-artikel-ilmiah/amp/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Baskerville
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Cambria_(typeface)
https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Century_type_family
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Georgia_(typeface)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !