10 JENIS FONT UNTUK TULISAN ULANG TAHUN

Font merupakan hal penting dalam visualisasi, apalagi di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini. Penggunaan font dapat ditentukan sesuai gaya dan tujuannya. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan dalam menyampaikan pesan dan mengungkapkan rasa.

Ada beberapa jenis font yang umum kita ketahui, seperti Serif, San Serif, Script, dll.. Jenis-jenis tersebut tentu memiliki bentuk dan karakter yang berbeda. Kali ini saya akan memberikan contoh penggunaan font untuk ulang tahun. Biasanya acara ulang tahun identik dengan acara yang santai dan menyenangkan. Jika dilihat dari jenisnya, font jenis script lebih cocok digunakan pada acara ulang tahun. Untuk mencari referensi tentang penggunaan font pada ulang tahun, saya menggunakan acara pernikahan sebagai acuan, karena kedua acara ini hampir mirip dari segi suasananya.

Berikut ini hasil pencarian saya mengenai 10 contoh font yang cocok dipakai untuk acara ulang tahun

1. HELLO VALENTICA


Font script ini mungkin sudah tidak asing karena sering kita lihat. Memiliki desain yang simpel dan mudah dibaca. Font ini dirancang oleh Bangkit Tri Setiadi, designer fon t asal Indonesia. Lisensi dari font ini hanya untuk penggunaan pribadi, jika ingin menggunakan secara komersil maka wajib membeli lisensinya.

Saya memilih font ini karena gayanya yang tegak bersambung sangat cocok pada tema ulang tahun yang merepresentasikan kesan bahagia

2. RIFFIC


Bukan hanya dari keluarga Script saja yang cocok untuk tema ulang tahun, font Fancy juga bisa dijadikan heading pada kartu ulang tahun. Font ini dirancang oleh Nini Prower.

Desainnya yang tebal menggambarkan ketegasan, tapi juga tidak menghilangkan kesan kebahagiaan. Lebih cocok digunakan untuk ulang tahun anak laki-laki.

3. SATISFY


Satisfy adalah desain font yang santai dan kental. Gaya tegak bersambungnya tidak begitu rumit membuat font ini mudah dibaca. Author dari font ini adalah Sideshow via fonts.google.com

Desain font yang tidak rumit, cocok dipadukan dengan font Serif. Membuat desain terlihat lebih elegan dan tegas.

4. GREAT VIBES


Masih di keluarga Script. Kali ini font Great Vibes saya rasa masuk pada tema ulang tahun. Gaya yang sedikit rumit bisa mendominasi desain kartu ucapan maupun pada kartu undangan. Font ini dirancang oleh TypeSETit pada 2012 lalu.
Font ini cocok untuk acara ulang tahun usia remaja ke atas. Perpaduan font juga fleksibel, bisa dengan Serif ataupun San Serif.

5. Mrs. Saint Delafield


Font gratisan dengan desain yang tak kalah bagus. Jika diperhartikan desainnya standar seperti font Script pada umumnya, tetapi modifikasi pada samping kiri huruf yang membuatnya sedikit berbeda. Perancang dari font ini adalah Sudtipos via fonts.google.com

Seperti pada contoh penerapannya, Mrs. Saint Delafield memiliki keunikan pada samping kiri huruf dengan sedikit aksen. Membuat font ini terlihat elegan dan mewah. Cocok digunakan pada acara ulang tahun usia dewasa.

6. COINY


Coiny memiliki bentukgeometris yang sederhana. Bentuknya terlihat seperti goresan kuas yang tebal dengan titik yang bulat. Font ini dirancang oleh Marcelo Magalhaes dan memiliki lisensi komersil

Desainnya yang tebal cocok dipadukan dengan font Script tipe Calligraphy. Selain itu font ini tidak memiliki desain yang tegas sehingga memberi kesan santai dan nyaman dipandang
.
7. DANCING SCRIPT


Dancing Script merupakan tipografi script kasual. Ukurannya berbeda dari setiap huruf dan sedikit memantul. Font ini dirancang oleh Tipe Impalari. Memiliki lisensi penggunaan pribadi dan komersial .

Font ini cocok untuk acara ulang tahun karena desainnya tipis dan mudah dibaca. Bisa digunakan pada acara informal, ramah, dan santai.

8. PERMANENT MARKER


Seperti namanya, font ini memiliki desain seperti spidol tebal yang biasa digunakan pada papan tulis. Font ini dirancang oleh Restorant Font. Memiliki lisensi penggunaan pribadai dan komersial.

Font ini cocok digunakan pada acara ulang tahun karena masih terkesan santai seperti font Script sebelumnya. Desainnya yang seperti spidol bisa menggantikan font jenis brush.

9. TAHU!


Tidak seperti namanya, font ini adalah font script dengan desain umum. Sisi-sisi pada tiap hurufnya memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Font ini dirancang oleh Khurasan. Memiliki lisensi penggunaan pribadi dan komersial.

Saya memilih font ini karena desainnya yang standart memberi kemudahan dalam memadukan kepada font yang lain. Font ini lebih cocok pada acara ulang tahun usia remaja.

10. THE SKINNY


Seperti namanya, desain font ini tipis dan kurus. Bentuknya memanjang kea tas terlihat seperti lilin ulang tahun Seperti pada contoh penerapannya. Saya memilih font ini karena simpel. Sangat cocok digunakan dengan desain minimalis. Selain itu font ini menambah nilai elegan dan terlihat sedikit lebih berkelas.


VIDEO 10 JENIS FONT UNTUK TULISAN ULANG TAHUN
Oleh Alfan Jawahirul Muhtadi
0 Komentar untuk "10 JENIS FONT UNTUK TULISAN ULANG TAHUN"

Back To Top