10 FONT YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK TEMA HOROR

Tidak bisa di pungkiri, Font didalam sebuah Tipografi itu sangatlah penting dan di 
setiap hampir semua font memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang pastinya dari pembuat tersebut berbeda-beda. Terutama akan di bagian cover atau sampul pastinya itu yang akan pertama kali dilihat oleh orang yang akan melihat nya baik dari poster,majalah,brosur dan lain-lain. Sebab itu lah dibuatlah artikel ini, Saya selaku pembuat artikel ini akan merekomendasikan 10 Font yang cocok untuk digunakan di aspek mengenai tema horor tersebut. Sebelum itu saya mau beritahukan bahwa, sebenarnya font-font yang akan saya bagikan ini bisa juga untuk dalam bentuk format desain apa pun dan ini subjektif atau hanya pendapat saya aja.

1. ITC Serif Gothic

Mungkin dari beberapa orang bakal mengetahui ini font dari film lanjutannya Star Wars yang Episode 8: The Force Awakens. Tetapi taukah anda?bahwa font ini ternyata banyak digunakan juga untuk beberapa film-film horor dan semi thriller contohnya adalah dari film Here Comes The Devil, Hallowen, Little Monsters, dan yang pasti lain-lainnya tidak bisa saya sebutkan disini karena keterbatasan informasi.

Sumber Film: Little Monster(2019); dir: Abe Forsythe

Font yang dibuat pada tahun 1972 oleh Herb Lubalin dan Tony DeSpigna ini menghasilkan
Font Sans Serif yang dengan memanfaatkan elemen wajah roman dan serif dari sebuah arsitektur geometris ITC Avant Garde.

2. Novel Gothic

Ya Saya tau, mungkin dari sebagian orang yang mengenal font ini untuk digunakan pada sampul buku. Tapi tahukah anda?Bahwa Font buatan Chrales H. Becker dan Moriss Fuller Benton pada tahun 1928 ini bisa ternyata digunakan untuk nuansa tema horor. Seperti contohnya dari sampul Buku berjudul Jaws yang memiliki bentuk di huruf A dan W yang berlikuk-likuk, berkesan seperti menunjukkan bahwa ini fontnya tegas.

Sumber: https://www.flickr.com/

3. Trajan

Mungkin disini ada yang tau font dari film The Lord of the Rings, Game of Thrones, ataupun yang terkenal sekalipun, Titanic? Nah disini Fontnya, Trajan dibuat pada tahun 1989 oleh Carol Twombly ini mencipatkan font Serif yang menurut selaku pembuat artikel ini takjub dengan lekukan nya karena emang sebenarnya ini font bisa juga untuk Film Horor ternyata loh! Contohnya Film A Nightmare on Elm Street(2010) yang disutradarkan oleh Samuel Bayer ini bisa sekali dalam pemilihan font untuk poster filmnya tersebut.
Sumber Film: A Nightmare on Elm Street(2010); dir: Samuel Bayer

4. Helvetica

Siapa sih yang tidak tau dengan Font yang satu ini? Dibuat pada 1957 hingga sekarang, Font yang satu ini menjadi primadona para desainer saat ini. Kenapa tidak? Font buatan Eduard Hoffmaan dan Max Miedinger ini memiliki gaya yang sangat sans serif sekali terlebih ini sangat cocok digunakan beberapa aspek tertentu, terlebih di unsur tema horor tersebut loh. Seperti contoh pada Film One Dark Night, The Town That Dreaded Sundown, The Werewolf of Washington, dan lain-lain pastinya dikarenakan banyak sekali filmmaker atau sebagainya memakai font ini sebagai font untuk keperluan grafisnya.

Sumber Film: The Werewolf of Washington (1973); dir: Milton Moses Ginsberg

5. Futura

Futura. Font yang dibuat oleh Paul Renner ini pada 1927 telah mencapai kesuksesan yang besar. Bisa dilihat dari penggunaan font tersebut di berbagai aspek grafis seperti di tempat restoran,sampul buku bahkan film pun dipakai juga font ini.Seperti Film The Silence of the Lambs satu ini yang disutradarai oleh Jonathan Demme, Schizo yang disutradarai oleh Pete Walker dan lain-lain dikarenakan banyak sekali penggunaannya untuk aspek tema horor yang satu ini.

Sumber Film: The Silence of the Lamps (1991); dir: Jonathan Demme

6. Adobe Garamond

Font yang dibuat oleh Robert Slimbach ini yang dikhususkan untuk Adobe pada tahun 1989 saya juga baru tau ada font yang seperti ini lekukannya dan ternyata dipakai juga loh oleh Film The Conjuring yang pada masa itu sempat populer.

Sumber Film: The Conjuring (2013); dir: James Wan

7. Nocturne Serif

Font Nocturne Serif yang di buat oleh Mateusz Machaiski pada tahun 2016 ini terbilang masih sangat-sangat baru dan dari bentukannya ini sepertinya penyempurnaan dan mengambil dari lekukan beberapa font serif terkenal, dan font ini pun di pakai oleh salah satu Serial di Netflix yang cukup terkenal yaitu The Haunting of Hill House.

Sumber Serial: The Haunting of Hill House(2018); dir: Mike Flanagan

8. ITC Benguiat

Jadi ini adalah Font ke-8, ITC Benguiat. Font ini menurut saya selaku pembuat artikel ini emang sebenarnya mirip-mirip ya dengan font yang ITC Serif Gothic tapi yang membedakan disini adalah ada tangkainya sehingga bisa dikategorikan kedalam jenis font Serif. Dan ini di terapkan salah satu film tema horor yang berjudul In The Tall Grass.


Sumber Film: In The Tall Grass(2019); dir: Vincenzo Natali

9. Rennie Mackintosh

Rennie Mackintosh ini sebenarnya penyempurnaan dari font ITC Willow yang di desain oleh Charles Rennie Mackintosh & George R. Grant pada tahun 1993 dan menjadi hak cipta oleh Adobe Font. Kenapa saya milih ini juga masuk kedalam salah satu 10 Font yang cocok untuk Tema Horor? Karena dari bentuk teksnya sudah mewakilkan betap sangat kental unsur kunoisme dan yaa ini pun font sampai di pakai di Serial American Horror Story.
Sumber Serial: American Horror Story; prod: Ryan Murphy dan Brad Falchuk

10. Neutraliser Sans

Dan iya ini adalah Font Terakhir yang akan saya rekomendasikan dan cocok untuk aspek grafis bertemakan horor, yaitu Neutraliser Sans. Didesain pada tahun 2004 oleh Stuart Brown model typeface ini jadi mengingatkan saya sama fontnya Roboto punya dikarenakan lekukannya itu terbuka begitu dan sedikit patah-patah gitu. Dan ini dipakai salah satu film bertemakan horor yang berjudul Insidious.


Sumber Film: Insidious(2010); dir: James Wan

Demikian 10 Font yang cocok dan saya rekomendasikan untuk tema horor ini, saya selaku pembuat artikel ini juga memberitahu bahwa dari semua font yang saya sebutkan itu hanya pendapat dari pribadi saya sendiri atau bersifat subjektif. Jikalau ada font yang emang menurut kalian sebagai pembaca artikel ini cocok bisa banget diterapkan. Semoga apa yang saya tuliskan disini bermanfaat bagi kalian yang membaca terutama diri saya sendiri yang sering sekali memakai Font-font tetapi tidak tahu untuk penerapannya seperti apa. Sekian dan Terimakasih.


10 FONT YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK TEMA HOROR
Oleh Claudio Cen

DAFTAR PUSTAKA
Referensi
1. https://fontmeme.com/american-horror-story-font/
2. https://fontmeme.com/insidious-font/
3. https://fontmeme.com/the-haunting-of-hill-house-font/
4. https://fontmeme.com/in-the-tall-grass-font/
5. https://en.wikipedia.org/wiki/Willow_(typeface)
6. https://education.vma.bz/adobe/the-worlds-scariest-fonts
7. https://www.fontsinuse.com/
Daftar Gambar
1. https://www.imdb.com/
2. https://www.flickr.com/
3. https://www.fontmeme.com/
4. https://www.fontsinuse.com/
0 Komentar untuk "10 FONT YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK TEMA HOROR"

Back To Top