10 Font Untuk Novel

Setiap penulisan buku tidak lepas dari penggunaan font. Font sendiri memiliki banyak bentuk yang beraneka ragam. Ketika kita ingin membuat sebuah novel tentunya pemilihan font sangat diperhatikan agar penonton tertarik dan nyaman akan novel yang kita buat. Oleh karena itu, berikut saya sajikan 10 contoh font yang tepat digunakan dalam penulisan sebuah novel

1. Baskerville
Font bentuk serif ini dirancang dan dikembangkan oleh John Baskerville pada tahun 1757. Rupa huruf Baskerville merupakan rupa huruf serif dengan klasifikasi serif tradisional. Awalnya font ini merupakan rupa huruf tradisional yang pengerjaannya masih menggunakan potongan metal dan diukir. Potongan tersebut nantinya akan disusun kedalam type setting hingga membentuk kata dan kalimat. Kemudian akan diberi tinta dan dicetak diatas kertas.

Dalam pengaplikasiannya font ini cocok untuk buku dengan genre fiksi seperi novel maupun puisi. Ukurannya relatif lebih mungil, tapi tetap berwibawa. Liukannya tak berlebihan tapi tetap tampak jelas waktu dibaca.

https://www.halamanmoeka.com/artikel/10-font-yang-sering-dipakai-dalam-buku

2. Garamond
Garamond adalah huruf yang termasuk kedalam golongan huruf serif dengan gaya old style yang dirancang dan dikembangkan oleh Claude Garamond. Huruf ini berkembang pada abad pertengahan, terutama setelah ditemukannya nenek moyang mesin cetak oleh Johannes Guitenberg. Pada sekitar tahun 1540an Claude Garamond ditunjuk untuk membuat rupa huruf Yunani oleh Raja Prancis yang akan digunakan untuk mencetak serangkaian buku karya Robert Estienne. Ia mere-desain kembali hurufnya yang juga digunakan oleh Robert Estienne menjadi tiga ukuran khusus.

Garamond juga populer sebagai font penulisan buku. Contohnya buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen. Dengan ciri khas tipis dan sedikit lekukan. Font ini memang unik saat dicetak. Tak terlalu tegas di atas kertas sehingga mata tetap nyaman menikmati novel yang dibaca.
https://www.halamanmoeka.com/artikel/10-font-yang-sering-dipakai-dalam-buku

3. Sabon
Font ini lebih menuju kepada tema-tema cinta dan romantika. Gaya yang termasuk untuk sabon adalah roman, italic, bold, dan bold italic. Pada awal 1960-an, asosiasi paster printer Jerman meminta agar jenis huruf baru dirancang dan diproduksi dalam bentuk yang sama pada mesin Linotype dan Monotype.
https://penerbitdeepublish.com/pilihan-font-untuk-buku/

4. Palatino
Huruf ini diciptakan oleh Herman Zapt pada tahun 1948. Tulisan-tulisan pada zaman renaisans menjadi sumber inspirasinya. Palatino memiliki kesan seperti tulisan kaligrafis. Namun bedanya dengan tulisan kaligrafis ialah Palatino memiliki stroke yang lebih tebal agar lebih mudah untuk dibaca.

Font ini cocok untuk buku-buku bergenre fiksi. Karena font ini memiliki lekukan yang tak terlalu halus pada setiap sisinya. Tetapi terdapat juga risiko dalam penggunaan font ini, karena nantinya buku akan menjadi lebih tebal.

https://fontsinuse.com/uses/14915/ron-rico-ad-for-ronrico-rum-1968

5. Antique
Font ini diciptakan oleh Barnie Nadall yang bertujuan untuk membangkitkan perjuangan membacanya. Adapun tujuan lain dari penggunaan font ini ialah agar pembaca terbawa pada penghayatan yang mendalam. Bentuk font ini didasarkan

pada huruf kapital prasasti Romawi dan tulisan Carongilian. Banyak buku fiksi yang sudah menggunakan jenis font seperti ini. Bahkan novel dengan tema percintaan pun sering menggunakan jenis ini sebagai tanda perjuangan cinta.

https://fontsinuse.com/uses/26217/how-things-don-t-work-by-victor-papanek-and-j

6. Trajan Pro
Ibu kota di Tiang Trajan menjadi inspirasi bagi banyak seniman dan mahasiswa sastra kaligrafler dan perancang huruf. Bentuk huruf Trajan telah digunakan selama bertahun-tahun digedung Inggris.

Font ini sangat cocok untuk kalangan pelajar dan seniman karena keindahan yang ditimbulkan akan terasa sempurna, apabila dipadukan dengan alur novel yang sangat menarik. Bukan tidak mungkin jika pembaca akan nyaman dalam membaca novel tersebut.

https://fontsinuse.com/uses/12779/a-london-symphony-by-vaughan-williams-chandos

7. Bookman old style
Asal usul Bookman Old Style terletak pada jenis huruf yang disebut Oldstyle Antique yang dirancang oleh A.C. Phhemister pada tahun 1585. Banyak sekali perubahan bentuk yang akhirnya dikenal sebagai Bookman. Kemudian diubah mengikuti gaya Oldstyle Antique oleh Miller & Richard

Font ini sering digunakan di berbagai artikel. Sisi elegan dan bentuk yang menarik menjadi magnet tersendiri bagi si pembaca. Jenis font ini memudahkan para pembaca untuk menangkap isi informasi/alur dari sebuah tulisan dengan sangat mudah.

https://fontsinuse.com/uses/8966/rod-stewart-an-old-raincoat-won-t-ever-let-yo

8. Calibri
Font Calibri diciptakan oleh Luc de Groot yang lahir diBelanda pada 21 Juni 1963. Jenis font ini sangat populer digunakan para penulis karena bentuknya yang menarik, sehingga si pembaca mendapatkan kenyamanan dalam menikmati tulisan yang disajikan.

https://isiahrosado.wordpress.com/2016/09/21/calibri-font/

9. Chunk five
Font serif yang gemuk dan tegas ini cocok untuk beberapa genre buku seperti novel aksi atau cerita politik Alasan memilih font ini karena warna tintanya sangat tajam dengan lekukan yang mulus cocok untuk menarik perhatian orang agar melirik sampul buku.

https://fontsinuse.com/uses/21192/pop-up-books-by-bernard-duisit

10. Times New Roman
Times new roman merupakan salah satu font yang sudah lama beredar didunia penulisan komputer. Font ini pertama kali digunakan pada 3 Oktober 1932. Alasan penggunaan font ini tepat untuk buku novel karena Times New Roman memiliki struktur tegak berbuntut, atau yang disebut “Serif”. Font serif seperti ini biasanya digunakan dalam penulisan formal.

https://fontsinuse.com/uses/37590/king-gizzard-and-the-lizard-wizard-straws-in

Demikian pemaparan saya mengenai font. Beberapa rekomendasi font tersebut bisa anda coba untuk membuat sebuah karya novel yang menarik. Tetao jaga kesehatan. Stay safe, stay healthy, and see you.


VIDEO 10 Font Untuk Novel
Oleh Ilham Andika Jati


Daftar Pustaka
https://fontsinuse.com/uses/26217/how-things-don-t-work-by-victor-papanek-and-j
https://fontsinuse.com/uses/14915/ron-rico-ad-for-ronrico-rum-1968
https://fontsinuse.com/uses/12779/a-london-symphony-by-vaughan-williams-chandos
https://fontsinuse.com/uses/8966/rod-stewart-an-old-raincoat-won-t-ever-let-yo
https://isiahrosado.wordpress.com/2016/09/21/calibri-font/
https://fontsinuse.com/uses/37590/king-gizzard-and-the-lizard-wizard-straws-in-
https://fontsinuse.com/uses/21192/pop-up-books-by-bernard-duisit
https://www.printqoe.com/blog/judulartikel/7-font-terbaik-untuk-buku-novel.html
https://www.halamanmoeka.com/artikel/10-font-yang-sering-dipakai-dalam-buku
https://id.wikipedia.org/wiki/Baskerville
https://id.wikipedia.org/wiki/Garamond
https://en.wikipedia.org/wiki/Antiqua_(typeface_class)
https://id.wikipedia.org/wiki/Palatino
https://en.wikipedia.org/wiki/Trajan_(typeface)
http://sevensummitindo.blogspot.com/2015/09/sejarah-text-calibri-dalam-microsoft.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Times_New_Roman
0 Komentar untuk "10 Font Untuk Novel"

Back To Top