10 Font untuk Koran

0

Koran merupakan surat kabar yang memuat sangat banyak informasi, oleh karena itu pemilihan font pada koran tidak bisa sembarangan, penting sekali untuk memilih font yang tepat. Pada artikel ini saya akan menyebutkan beberapa font yang biasa digunakan pada koran.

1. Helvetica
Helvetica dikembangkan tahun 1957 oleh Max Miedinger bersama Eduard Hoffmann di M√ľnchenstein, Swiss. Haas berusaha merancang rupa huruf tanpa kait baru yang akan bersaing dengan Akzidenz-Grotesk yang sukses di pasaran Swiss. Awalnya bernama Neue Haas Grotesk, desainnya didasarkan pada Schelter-Grotesk dan Normal Grotesk milik Haas. Tujuan desain baru ini adalah menciptakan rupa huruf netral dan minimalis.

https://www.trendook.com/top-10-newspapers-in-the-world/

2. Guardian Egyptian
Guardian Egyptian adalah jenis huruf slab-serif yang digunakan oleh Mark Porter untuk surat kabar Inggris The Guardian dan dirancang oleh Paul Barnes dan Christian Schwartz antara tahun 2004 dan 2005 dan diterbitkan oleh perusahaan mereka Commercial Type.

https://www.trendook.com/top-10-newspapers-in-the-world/

3. Georgia
Georgia adalah jenis huruf serif yang didesain pada 1993 oleh Matthew Carter dan diisyaratkan oleh Tom Rickner untuk Microsoft Corporation. Ini dimaksudkan sebagai jenis huruf serif yang akan tampak elegan tetapi terbaca saat dicetak kecil atau pada layar resolusi rendah.

https://www.nytimes.com/2018/03/07/technology/two-months-news-newspapers.html

4. Escrow Banner
Dibuat oleh Richard Lipton berdasarkan desain Cyrus Highsmith, ditujukan untuk headline atau judul. Font ini digunakan pada koran The Wall Street Journal.

https://www.niemanlab.org/2014/07/how-the-wall-street-journal-is-celebrating-its-125th-anniversary-while-also-looking-ahead/

5. Miller 
Miller adalah jenis huruf serif, dirilis pada tahun 1997 oleh Font Bureau, Font ini dirancang oleh Matthew Carter dan merupakan gaya 'transisi' dari sekitar tahun 1800.

https://newsassociates.co.uk/daily-mail-chooses-news-associates-to-train-apprentices-after-hiring-five-graduates/

6. News Gothic
News Gothic adalah jenis huruf sans-serif. Font ini dirancang oleh Morris Fuller Benton dan dirilis pada tahun 1908 oleh American Type Founders. News Gothic memiliki struktur yang sama dengan Franklin Gothic yang juga dirancang oleh Benton, tetapi lebih tipis.

https://cargocollective.com/benjaminashworth/News-Gothic

7. Nimrod
Nimrod dirancang oleh Robin Nicholas sebagai font monotype pada tahun 1980. Font ini banyak digunakan oleh Koran di London bahkan di sejumlah buku.
https://cdn.myfonts.net/s/aw/720x360/207/0/106018.png

8. Times new roman
Times New Roman adalah font serif yang dipesan oleh surat kabar Inggris The Times pada tahun 1931. Hal ini dilakukan setelah Stanley Morison, seorang konsultan Monotype menulis sebuah artikel yang mengkritik The Times karena hasil cetak yang buruk dan masih memakai huruf kuno.

https://twitter.com/thelondonlib/status/915140454110437376

9. Poynter
Font ini dirancang oleh Tobias Frere Jones pada 1997 dan memiliki karakter serif. Kegunaan utama font ini adalah untuk pencetakan media yang berukuran kecil, seperti media yang memiliki kolom sempit tetapi membutuhkan lebih banyak kalimat didalamnya.

www.poynter.org/reporting-editing/2020/newspaper-front-pages-commemorate-ruth-bader-ginsburg/

10. Interstate
Sama seperti poynter, Interstate juga dirancang oleh Tobias Frere Jones pada tahun 1993-1999. Font ini memiliki spacing yang lebar dan berkarakter sans-serif.

https://www.newspapers.com/clip/7669859/interstate-1959/

Oleh Fediaz Iffat Praditya

Sumber Font :
https://www.dafont.com/
https://fonts.google.com/
https://community.adobe.com/
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !