10 Font untuk Kartu Nama

Font adalah representasi grafis dari teks yang dapat menyertakan berbagai jenis huruf, titik, berat, warna dan desain. Font merupakan salah satu elemen terpenting dalam Desain grafis. Setiap font memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita harus tepat dalam memilih font sesuai kebutuhan.

Kartu nama atau yang biasa disebut Bussines Card bukan hanya sarana untuk berbagi informasi kontak. Tetapi termasuk hal yang memperlihatkan profesionalisme, keandalan dan cara untuk menunjukkan bakat pribadi kita dalam lingkungan perusahaan. Untuk membuat desain kartu nama yang bagus dan elegan, kita perlu menemukan font yang tepat. Kali ini, saya akan membahas 10 jenis font yang sering dipakai pada kartu nama.

1. Arial (gratis)
Font yang dibuat pada tahun 1982 ini merupakan font yang tidak asing bagi kita. Biasanya, kita menggunakan font ini untuk membuat artikel atau tulisan yang ringan seperti cerpen. Tetapi kita juga bisa gunakan font ini sebagai desain pada kartu nama.
Kredit Yakub Karakhanly

https://www.behance.net/gallery/87439655/Business-cards/modules/505802009

Font ini dibuat oleh Robin Nicholas dan Patricia Saunders, untuk Monotype Typography. Font ini sangat bersih, jernih, dan dapat dibaca dengan jelas. Arial merupakan atribut yang sempurna untuk kartu nama.

2. Helvetica (gratis)
Font yang sangat favorit digunakan pada kartu nama, karena gaya yang sederhana dan elegan. Dengan kesederhanaan dan keterbacaan yang jelas membuat font ini sangat sempurna untuk digunakan pada kartu nama.

https://hobancards.com/products/helveticard

Font ini dikembangkan tahun 1957 oleh Max Miedinger Bersama Eduard Hoffman di Haas’sche Schriftgiesserei (pembuat huruf Haas) di Munchenstein Swiss. Helvetica menempati peringkat pertama dalam daftar “Best Fonts of All Time” menurut FontShop Germany.

3. Futura (gratis)
Sebagai font gratis, Futura merupakan solusi sempurna bagi para desainer karena bobot yang berbeda, gaya yang elegan dan sudah tersedia dalam alfabet Cyrillic. Font ini adalah jenis huruf sans serif yang terinspirasi oleh gaya Bauhaus dan bentuk geometris, terutama bentuk melingkar.

https://bpando.org/2014/04/11/logo-nina-jobs/

4. Myriad Pro (gratis)
Huruf dengan jenis sans serif sederhana ini berukuran besar untuk keterbacaan tinggi namun tetap elegan. Font ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk kartu nama. Biasanya digunakan untuk kop surat dan tamuk utama. Jadi akan menjadi pilihan yang baik untuk menulis nama perusahaan Anda di dalamnya.

https://www.pinterest.jp/amp/pin/626352260654994727/

Myriad adalah rupa huruf tanpa kait yang dirancang oleh Robert Slimbachm Carol Twombly, Fred Brady, dan Christopher Slye. Huruf ini digunakan Apple sebagai “Corporate font” sejak 2002 menggantikan Apple Garamond.

5. Campton (gratis)
Campton adalah sans serif geometris yang memiliki getaran teknologi yang sangat modern. Sangat cocok untuk Anda yang berkecimpung dalam bisnis startup. Ini mirip dengan font Bebas Neue yang sangat populer, tetapi lebih besar dan lebih bulat.

https://media.graphcms.com/dPUJdASKQFiGRC8jEMTj

6. Crystal Sky (hanya pembelian)
Crystal Sky adalah font kaligrafi sederhana dan modern yang akan menjadi tambahan kartu nama agar lebih menarik. Namun, jangan menggunakannya terlalu banyak karena desain yang terlalu ramai, dapat membuat desain menjadi tidak bagus.

https://media.graphcms.com/jYHR3JhTHiYDHVPRLaag

7. Kensington (gratis)
Jika Anda ingin font skrip yang terlihat seperti tanda tangan, tetapi tetap mudah untuk dibaca, Kensington adalah pilihan terbaik. Ingatlah bahwa Anda tetap harus sedikit menggunakannya, tetap gunakan font sans serif sederhana untuk teks isi, angka dan lain-lain. Karena font ini hanya tepat digunakan untuk beberapa kata saja seperti nama perusahaan.

https://media.graphcms.com/wSsdJUxfTRuPv4u6rcGN

Font ini dapat menjadi pilihan artenatif, jika kartu nama Anda ingin sedikit terlihat menarik dan mewah.

8. Sugar Rush (hanya pembelian)
Sugar Rush adalah font skrip ringan dengan sapuan garis pena. Dengan font ini kartu nama Anda menjadi sangat menawan.

https://media.graphcms.com/sXEZT0jXQz21QghyjsNw
Bagi Anda yang lebih menyukai font yang modern dan elegan. Sugar Rush adalah pilihan terbaik.

9. Broadway (hanya pembelian)
Font skrip Broadway dengan tekstur khasnya, akan sangat mudah untuk menghias kartu nama Anda.

https://media.graphcms.com/gSLiB5KSTS2XO32UnHAK

Kemudahan mengalir dan bakat dekoratifnya akan sempurna untuk kartu nama perencana acara, perancang busana, toko bunga, atau professional kretif apa pun.

10. Times New Roman (gratis)
Font yang terakhir ini adalah font tradisional dan serif gaya lama, semua orang pasti tau Times New Roman. Dengan tampilan klasik tetapi tetap elegan jika digunakan pada kartu nama. Font ini banyak digunakan dan telah populer sejak lama.

https://media.graphcms.com/CoLzaFxaSTy8ZkGW9HT3

Kartu nama sangat berguna apabila kita harus membandingkan profesionalitas seseorang atau instansi. Pemilihan font juga dapat didasarkan pada produk ataupun jasa yang menjadi unggulan masing-masing instansi.

10 jenis font di atas dapat membantu Anda untuk memilih font yang cocok dengan karakter diri atau perusahaan yang sedang Anda pimpin di dalam sebuah template kartu nama. Sehingga font tersebut dapat memberikan kesan yang elegan professional untuk diingat oleh mitra bisnis Anda. Sekian pembahasan mengenai jenis font yang cocok untuk desain kartu nama Anda.

VIDEO 10 Font untuk Kartu Nama
Oleh Syafrida Yusuf Amin

DAFTAR PUSTAKA
Mulyawan, Rifqi. 2019. Pengertian Font :Sejarah, Tujuan, Ukuran, Bedanya dengan Typeface. https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-font/ Diakses 24 September 2021 pukul 22.07 WIB.
Tenekedjieva, Stefanija. 2020. 20 Fonts for an Elegant and Impressive Business Card. https://www.manypixels.co/blog/post/best-fonts-for-business-cards Diakses 24 September 2021 pukul 22.18 WIB.
Wikipedia. 2021. Helvetica. https://id.wikipedia.org/wiki/Helvetica Diakses 24 September 2021 pukul 22.58 WIB.
Wikipedia. 2021. Rupa Huruf. https://id.wikipedia.org/wiki/Rupa_huruf Diakses 24 September 2021 pukul 23.44 WIB.
Wikipedia. 2021. Myriad. https://id.wikipedia.org/wiki/Myriad Diakses 24 September pukul 23.48 WIB.
Cornelia, Meggie. 20 Font yang cocok untuk Desain Kartu Nama. https://www.makintahu.com/20-jenis-font-yang-cocok-untuk-desain-kartu-nama/ Diakses pada 25 September 2021 pukul 01.07 WIB.
Printera. 2018. 5 Jenis Huruf Font Tulisan untuk Desain Kartu Nama Elegan. https://blog.printera.com/jenis-huruf-font-tulisan-kartu-nama/ Diakses pada 25 September pukul 1.20 WIB.

0 Komentar untuk "10 Font untuk Kartu Nama"

Back To Top