10 Desain Font Tema Binatang Yang Cocok Untuk Anak

0

Berbicara mengenai kebun binatang, di benak kita pasti tertuju pada binatang-binatang yang ada di Margasatwa bukan ?. Nah, kali ini kita akan membahas penerapan font pada tema binatang. Setiap jenis font memiliki keunikan tersendiri, sehingga bagi orang yang melihatnya dapat membedakan setiap hurufnya. Font bertema binatang mungkin cocok untuk sebagian orang saja, tetapi lebih cocok lagi font ini dikonsumsi atau diperlihatkan untuk anak-anak, contohnya seperti, majalah buku anak, komik, kartun, buku serial anak, dan masih banyak lagi. Akan terdapat 10 pilihan font bertema binatang yang unik dan menarik , penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan untuk belajar, desain logo, desain poster, desain cover, dan masih banyak lagi.

1. Weekend Mood One


Jenis font yang pertama yaitu Weekend Mood One. Font ini sangat identik dengan gaya model Bubble atau Pop. Kita sering menjumpai jenis font seperti ini, biasanya terdapat pada komik majalah anak-anak atau poster. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat seolah-oleh menyerupai gaya pop yang bentuknya agak tumpul. Penggunaan font ini juga cocok digunakan untuk keperluan desain grafis, desain logo, desain poster, cover majalah, dan masih banyak lagi. Font ini dibagi menjadi dua tipe yaitu, tipe bold dan reguler yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaanya tersendiri. Sangat cocok untuk memberikan kesan ceria atau unik untuk desain anda. Alasan saya untuk memilih font ini karena desain font ini sangat unik, bentuknya yang menyerupai Bubble / Gelembung yang membuat value atau nilai lebih dari segi desain maupun penerapannya.

 2. Fright Night Rought


Jenis font ke dua kali ini bernama Fright Night Rought. Fright Night Rought adalah jenis font basic latin yang simple, sederhana, unik, terlihat tegas, dan memiliki arti simbolis. Font ini memiliki banyak gaya (style) seperti, Fright Night Outline, Fright Night Oblique, dan jenis lainnya. Font ini memiliki beberapa karakteristik yakni, dari segi desain font yang cukup rapi, bentuk font simple dan unik. Font ini lebih cocok digunakan untuk judul pada buku, majalah anak, poster, dan komik. Font ini hanya memiliki satu tipe, yaitu tipe reguler dan memiliki fungsi kegunaannya sendiri. Alasan saya untuk memilih font ini karena desain dari font tersebut simple dan terkesan premium. Sehingga untuk penerapan dimana pun baik desain logo, desain poster, dan desain lainnya akan cocok. Contoh penerapannya pada desain :


3. Beebzz

Jenis font ketiga ini adalah Beebz dari popskraft. Font ini termasuk ke dalam jenis font Free Hand. Font ini memiliki garis yang cukup tebal sehingga font ini cocok dipakai untuk desain bertema binatang.

Tentu saja font yang unik dan menarik akan memberikan nilai lebih bagi yang menggunakan font tersebut. Penerapan untuk font Beebzz cukup kompleks yaitu, digunakan untuk desain poster, cover majalah, desain logo, dan masih banyak lagi. Font ini memiliki beberapa keunikan dari segi huruf yang terlihat acak, sehingga font ini memiliki nilai lebih dari segi bentuknya.

Alasan untuk memilih font ini karena font ini terlihat acak atau abstrak dan memiliki banyak tipe yaitu ada enam tipe. Contoh penerapannya pada desain :



4. Mighty Brush


Mighty Brush, font ini dibuat oleh Garisman Studio pada tanggal 15 Juni 2019, yang berasal dari kelompok script font. Bentuk font ini identik dengan efek sepeti cat, sehingga font ini memiliki efek brush. Font ini cocok digunakan untuk keperluan desain poster. Para desainer kini sudah banyak menggunakan font ini untuk desain mereka, bahkan dipadukan dengan font-font lain. Font ini hanya memiliki satu tipe saja yaitu, Mighty Brush Reguler dan memiliki fungsi kegunaanya sendiri.

Alasan saya memilih font ini karena gaya dari font Might Brush yang terlihat unik dan keren. Juga sudah banyak desainer yang menggunakan font tersebut
Contoh penerapannya pada desain :


5. Adventura Outline


Adventura outline termasuk ke dalam jenis font Serif. Font ini dibuat oleh Messenjah, dengan style font outline. Tentunya font ini memang di desain seperti kartun, tujuannya agar para pembaca khususnya anak-anak dapat memahami arti dan makna dari sebuah tulisan. Font ini juga dapat kita jumpai di poster-poster mengenai kebun binatang. Font ini hanya memili satu style saja yaitu, Adventura Outline dan tentunya memiliki fungsinya tersendiri.

Alasan saya untuk memilih font ini. Karena font ini di desain seperti kartun yang sifatnya menghibur .Karakteristik font ini cukup menarik yaitu style outline dan bentuk font ini mirip seperti pop style. Font ini juga dapat ditemukan di beberapa platform seperti, desain poster, cover majalah, dan lain-lain. Contoh penerapannya pada desain :


6. P22 Nudgewink


P22 Nudgewink adalah keluarga font funky dengan gaya retro tahun 1960-an dengan konsep yang lucu dan garis dasar melenting termasuk karakter yang unik di dalam font ini. Font ini juga cocok untuk desain poster mengenai hewan.

Setiap karakter dalam font Pro memiliki empat variasi berbeda yang dapat diakses dengan aplikasi ramah OpenType apapun. Fitur "P22 Nudgewink memastikan bahwa variasi setiap huruf menjaga tampilan tulisan tangan dengan sedikit variasi hingga empat versi huruf yang sama muncul secara otomatis. Font ini memiliki enam belas style yang unik tentunya.

Alasan memilih font ini, karena font ini cukup unik bentuknya dan sifat yang tidak beraturan. Ada yang pendek dan ada yang tinggi. Font ini memang di desain funky atau yang sifatnya menghibur.

7. Hatchway Expanded


Jenis font yang ke tujuh ini bernama Hatchway Expanded yang di desain oleh Romusa Gobira. Hatchway Expanded termasuk ke dalam keluarga Hatchway dan termasuk ke dalam jenis font Free Hand. Konsep dari font ini cukup unik yaitu memiliki ruang lengkung yang cukup lebar kurang lebih seperti model funky. Font ini memiliki style kurang lebih ada 29 style font yang menarik untuk dipakai oleh desainer. Font ini juga cocok untuk komik, majalah anak, dan poster.

Alasan saya memilih font ini. Karena font ini termasuk ke dalam jenis font Free Hand sehingga untuk segi penerapan akan cocok di semua platform. Contoh penerapannya pada desain :



8. Ultra Pro


Ultra Pro termasuk ke dalam jenis font slab serif. Slab serif adalah jenis-jenis huruf serif yang ditandai dengan adanya serif tebal menyerupai balok. Font Ultra Pro cocok untuk desain yang berkaitan dengan anak-anak. Font jenis ini memiliki kesan premium. Semua huruf dalam font ini mudah dibaca untuk anak-anak Font ini hanya memiliki satu style font saja. Alasan saya memilih font ini karena desain font yang terkesan premium menjadikan desain anda menjadi lebih menarik di mata orang lain. Desain yang premium tentu cocok untuk anak-anak, misalnya majalah anak-anak, komik, dan dongeng. Contoh penerapannya pada desain :


9. Mister Earl


Mister Earl termasuk ke dalam jenis font Dekoratif. Font ini di desain oleh Jennifer Maestre. yang sengaja dibuat khusus untuk menampilkan identitas suatu brand karena memiliki karakteristik yang unik dan mudah dikenali. Font ini juga cocok untuk brand identitas kebun binatang atau brand buku mengenai hewan.

Font ini memiliki empat jenis style yaitu, Mister Earl Std Light, Mister Earl Std Reguler, Mister Earl Std Extra Light, dan Mister Earl Std Bold. Font ini juga cocok untuk tema binatang karena terkesan lucu dan elegan.

Alasan saya untuk memilih font ini karena saya tertarik dengan desain logo yang terlihat elegan. Bentuk yang unik membuat saya tertarik untuk memilih font tersebut. Contoh penerapannya pada desain



10. Pardesi


Font yang di desain oleh Hanoded yang bernama Pardesi, font ini termasuk ke dalam jenis font Dekorasi. Karakteristik font ini mengusung tema anak-anak, desain yang lucu membuat pembaca semakin betah dan dapat memahami makna dari suatu bacaan, bentuknya yang menyerupai font jenis bubble atau bentuk yang agak tumpul yang menjadikan font ini menjadi unik. Font ini hanya memiliki satu style saja yaitu Pardesi

Alasan memilih font ini, karena font ini cukup unik bentuknya dan sifat yang tidak beraturan itu, ada yang pendek dan ada yang tinggi. Font ini memang di desain funky atau untuk hiburan yang sifatnya menghibur. Contoh penerapannya pada desain


Oleh Dio Setya Prayoga

Sumber Gambar :
https://id.postermywall.com/index.php/art/template/245d8a13aa2471d2905b3c164048e325/wild-life-safari-flyer-template-design
https://kebunbinatangsby.wordpress.com/2012/06/18/seputar-surabaya-zoo/
https://www.bandung-zoo.com/berita
http://gimbakids.com/produk-4-poster-hewan
https://twitter.com/ragunanzoo/header_photo
https://id.aliexpress.com/item/4000735911724.html
https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2388-buku-aktivitas-mengenal-hewan
Referensi Artikel :
https://fastwork.id/blog/jenis-font-terbaik/
Sumber Font :
https://www.myfonts.com/
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !