10 Contoh Font Yang Cocok Untuk Infografis

0

Infografis merupakan representasi visual informasi data atau ilmu pengetahuan secara grafis atau bisa juga disebut suatu bentuk penyajian data dengan gambar serta ilustrasi lainnya yang menarik, hal ini berfungsi untuk menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah.

Seperti yang kita ketahui infografis terdiri atas tulisan serta gambar ilustrasi, infografis yang bagus memiliki tata letak penulisan yang yang mudah serta pemilihan font yang tepat untuk memudahkan orang yang membacanya, dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 10 font yang cocok digunakan untuk menulis infografis.

1. Reklame Script

Font dengan nama Reklame Script ini cocok digunakan untuk title atau title infografis. Font ini termasuk dalam jenis font decorative, menariknya dari font ini adalah goresan yang artistik dapat memanjakan mata dengan baik, selain itu tampilan font ini sangat simple dan menarik visual orang yang sedang membaca intrografis kita.

2. Sofia Pro

Sofia Pro merupakan jenis font yang minimalis namun memiliki family font yang sangat banyak mulai dari reguler, light, maupun bold. Font ini cocok digunakan sebagai isi konten dari infografis yang kita buat karena ringan dibaca meski dalam jumlah tulisan yang cukup padat.

3. Bebas Neue

Selanjutnya adalah font Bebas Neue, font ini merupakan font yang paling banyak direkomendasikan oleh para desainer, dalam peggunaanya font ini kerap digunakan dalam Billboard layar poster maupun title difilm bioskop. Sayangnya font ini hanya berupa huruf besar saja, namun pengaturan ukuran font yang profesional dan sangat menarik visual membuatnya cocok digunakan dalam berbagai jenis media terutama infografis.

4. Code Pro

Font Code Pro memiliki bentuk yang sangat minimalis, dan lagi, font ini hanya memiliki huruf besar saja, meski hanya huruf besar namun varian family dari font ini cukup membuat font Code Pro bisa menjadi alternatif terbaik untuk menjadi title ataupun subtitle infografis anda.

5. Klinic Slab

Font Klinic Slab merupakan font jenis sans serrif yang sangat minimalis, font ini juga memiliki varian family yang sangat banyak dan gratis untuk digunakan, font ini sangat ringan dibaca dan sangat menarik visual.

6. Monserrat

Font selanjutnya adalah montserrat. Font ini merupakan font yang sering digunakan oleh para designer termasuk saya sendiri karena font ini memiliki bentuk yang sangat minimalis yang membuatnya sangat mudah untuk dibaca, selain itu family font ini terdiri dari banyak jenis, font ini juga cocok digunakan dalam berbagai bagian untuk sebuah title maupun sebuah isi infografis.

7. Bukhari Script

Selanjutnya adalah Bukhari script font ini termasuk font dekoratif monoline yang artinya font ini memiliki ukuran garis yang sama setiap hurufnya serta tidak ada variasi/tebal atau tipis untuk masing-masing karakter pada font ini, selain itu font ini juga memiliki bentuk yang sangat menarik visual serta sangat cocok untuk digunakan sebagai title infografis.

8. Gogoia

Untuk font selanjutnya yang bernama Gogoia font ini merupakan font yang memiliki bentuk sangaunik karena terinspirasi dari buah-buahan yang ada di Brazil, selain itu, font ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat infografis anda menjadi lebih menarik dan terlihat segar dilihat.

9. Guerilla

Font selanjutnya adalah Guerilla, font ini memiliki karakter yang sangat berbeda dari font-font yang saya sebutkan sebelumnya font ini memiliki bentuk garis yang kasar karena memiliki tekstur kuas didalamnya, selain itu font ini juga memiliki sedikit aksen graffiti yang membuat font ini cocok sebagai title infografis.

10. Muller

Terakhir font yang saya rekomendasikan adalah Muller. Font ini termasuk dalam kategori sans serif. Bentuk dari font ini yang berukran besar dan tebalk sangat cocok digunakan sebagai title sebuah infografis

Semua ini kembali lagi kepada pilihan Anda apa yang akan anda gunakan untuk infografis yang akan anda bikin apa yang saya tuliskan diatas hanya digunakan sebagai contoh dapat ditiru maupun tidak itu kembali ke selera masing-masing mungkin cukup sekian dari apa yang dapat saya buat apabila ada salah tulis atau apapun mohon maaf terimakasih.

Oleh Ilman Naafiaa Faizzaki Haq

Daftar Pustaka
 Adinata, Aryan. 2021. Artikel. “Font Untuk Poster”. Dalam https://teknowle.com/font-untuk-poster/ diakses pada 26 September 2021
 Firmansyah, Dony. 2015. Artikel. “Free Font Pilihan Untuk Infografis”. Dalam http://dhonyfirmansyah.com/free-font-pilihan-untuk-infografis/ diakses pada 26 September 2021
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !