10 Contoh Font untuk tema keuangan

Bagi setiap orang pasti sudah tidak asing dengan kata “FONT” tetapi apakah kalian tahu apa arti dari dari font itu sendiri? Font merupakan kombinasi dari jenis huruf, angka, simbol dan kualitas lainnya, seperti ukuran, ketebalan, dan jarak.

Gambar 1. Jenis Font [sumber : (dumetschool.com)]

Tetapi pernahkah anda memperhatikan bahwa tidak semua kata terlihat sama? Dari situs web, poster, buku, dan surat dapat terlihat serupa atau sangat berbeda. Mengapa semua tidak terlihat sama? Itu karena mereka menggunakan font yang berbeda. Dan font memiliki kegunaan dan kararter masing-masing. Nah, Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis font yang dapat digunakan pada aspek keuangan, apa saja sih fontnya mari kita bahas!

1. Estrangelo Eedessa – Bold
Yang pertama ada Estranglo Eedessa – Bold font jenis ini termasuk kedalam keluarga font Estrangelo Eedssa yang memiliki kesan elegan dan rapi. Font ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk bidang keuangan. Contoh penggunaan font ini terdapat pada logo Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dalam penggunaannya font ini dimodifikasi sedikit dan diterapkan sebagai element logo yaitu pada kalimat “KEMENTERIAN KEUANGAN”.
[sumber : jendelaumkm.id]

2. Estrangelo Eedessa – Reguler
Selanjutnya ada dari keluarga Estrangelo Eedessa lagi yakni Estrangelo Eedessa – Reguler. Font ini merupakan file font OpenType yang disandikan Unicode yang mendukung skrip Syriac. Bentuk skrip Syriac sendiri dirancang oleh Paul Nelson dan George Kiraz. Beberapa simbol, termasuk simbol numerik didasarkan pada desain tipe Monospace Courier. Font ini juga cocok dengan bidang keuangan karena desainnya yang simpel dan indah. Contoh penggunaan font ini yaitu pada logo Kementerian Keuangan yaitu kalimat “REPUBLIK INDONESIA”
[sumber : kemenkeu.go.id]

3. Roboto

Gambar 5. Roboto font[sumber : stackoverflow.com]
Selain Estrangelo Eedessa Kementerian keuangan juga menggunakan font Roboto pada konten teks, seperti judul, Sub-judul, dan badan teks yang akan disandingkan dengan logo Kementerian Keuangan. Roboto sendiri adalah font yang paling banyak digunakan oleh desainer grafis dan desainer web karena font jenis ini paling mudah dibaca oleh mata manusia. Jenis font ini adalah jenis huruf dengan struktur mekanis dan sebagian besar berbentuk geometris. Pada saat yang sama, font memiliki kurva yang ramah dan terbuka. Jadi tidak hanya untuk tampilan digital, font ini nyaman dipandang mata manusia.

4. Cambria Math Regular


Gambar 6. Cambria math regular[sumber : fontke.com]
Cambria juga sangat cocok digunakan pada bidang keuangan terutama untuk lapran. Karena Cambria Math Regular diciptakan untuk dibaca di layar komputer dan terlihat bagus saat dicetak dalam ukuran kecil, Ini seimbang dalam hal jarak dan proporsi. Gagasan ini paling jelas dalam huruf miring, di mana karakter huruf kecil ditata menjadi yang terbaik sebagai elemen gambar kata. Saat menggunakan Cambria untuk teks yang lebih besar dari 20 poin, jarak antar karakter harus diturunkan sedikit untuk hasil terbaik. Tata letak tidak terbatas pada dokumen perusahaan.

5. Adobe Garamond Pro Regular
Gambar 7. Font adobe[sumber : fontsnetwork.com]

Font yang kelima ada Adobe Garamond Pro Regular yang diciptakan oleh Robert Slimbach untuk Adobe Originals. Font ini merupakan salah satu font tampilan populer
dengan beberapa fitur fantastis. Karena tamampilannya yang bersemangat dan bersih, ini sangat ideal sebagai font utama blog financial. Situs blog yang menggunakan font ini akan sangat digemari karena mudah dibaca.

6. Myriad Pro Bold SemiExtended

Gambar 8.Myriad pro bold [sumber : fontsgeek.com]

Font ini juga bisa dikategorikan sebagai font yang cocok dengan aspek keuangan. Karena desain font yang simpel akan mudah diingat dan dibaca oleh manusia. Oleh karena itu font Myriad Pro Bold SemiExtended ini digunakan sebagai logo dari Bank Mandiri.
Gambar 9. Logo bank mandiri[sumber : gudrilogo.blogspot.com]

7. Arial Black
Font ke tujuh ada Arial Black, Arial adalah jenis sans-serif yang terkadang dipasarkan atau ditampilkan di berbagai perangkat lunak sebagai Arial MT. Keluarga font Arial disertakan dengan Microsoft Windows, sejumlah aplikasi perangkat lunak Microsoft lainnya, Apple Mac OS X, dan berbagai printer komputer

PostScript 3. Robin Nicholas dan Patricia Saunders merancang font Arial pada tahun 1982. Pada aspek keuangan font ini juga sering digunakan untuk laporan, namun font ini juga digunakan sebagai font dari logo Bank BRI.
Gambar 11. Logo bank BRI[sumber : lokerbumn.com]

8. Fritz Quad

Gambar 12. FRIST QUAD[sumber : allfreefonts.com]

Fritz Quad adalah jenis huruf serif yang dirancang pada tahun 1965 oleh Ernst Friz dan Victor Caruso. Font ini sering digunakan sebagai tampilan jenis huruf, untuk kata-kata pendek dan judul, karena jumlah detail dan bobot grafisnya. Font ini juga cocok untuk menulis blog tentang keuangan dan font ini juga digunakan untuk logo utama Bank BNI.

Gambar 13.logo bank BNI [sumber : vectrostudio.com]

9. Font Dot Matrix

Gambar 14. Font dot matrix[sumber : allfreefonts.com] Font ini mungkin menjadi font yang paling sering kita jumpai. Namun apakah kalian tahu dimana kita bisa menjumpai font ini? Jawabannya ada di struk mulai dari struk ATM sampai SPBU sering menggunakan font ini untuk font struk. Font Dot Matrix ini pertama kali dikenal karena penggunaan printer dot matrix di masa lalu. Font jenis ini juga terdiri dari titik-titik yang membentuk karakter tertentu.

10. Helevtica
Dan font yang terakhir adalah Helvetica atau yang dikenal juga sebagai Neue Haas Grotesk, adalah font sans-serif populer yang dibuat pada tahun 1957 oleh desainer tipe Swiss Max Miedinger dengan bantuan dari Eduard Hoffmann. Helvetica adalah desain neo-grotesque yang terinspirasi oleh jenis huruf abad ke-19 Akzidenz-Grotesk yang ikonik serta gaya Jerman dan Swiss lainnya. Halevtica merupakan salah satu font populer yang wajib kalian coba untuk membuat laporan. Karena font nya yang sederhana tak jarang orang memakainya.


Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis font yang digunakan pada aspek keuangan . Dari sepuluh font diatas bisa dijadikan ide untuk menulis laporan mau pun logo, tentunya kamu dapat kreasikan sendiri sesuai kreativitasmu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


VIDEO 10 Contoh Font untuk tema keuangan
Oleh Nafisa Nur Fauziyyah

DAFTAR REFERENSI - https://id.wikipedia.org/wiki/Fon_(tipografi) - https://printqoe.com/blog/judulartikel/5-jenis-font-google-yang-paling-populer-digunakan-desainer.html - https://www.scribd.com/doc/259373570/SE-Perihal-Brand-Standarization-PT-Bank-Mandiri-Persero-Tbk - https://id.wikipedia.org/wiki/Arial - https://teknowle.com/font-struk-spbu/ - https://docs.microsoft.com/id-id/typography/font-list/cambria-math
0 Komentar untuk "10 Contoh Font untuk tema keuangan"

Back To Top