10 contoh font untuk stempel


Stempel merupakan alat yang memiliki permukaan yang biasanya terukir sebuah gambar, 
tulisan, atau keduanya. Menggunakan Teknik cetak tinggi, yakni dengan cara membuat relief dengan cara mencukil permukaan stempel. Bahan yang biasanya digunakan sebagai stempel adalah kayu dan karet. menggunakan tinta untuk menghasilkan tanda atau cap pada berkas dan dokumen.

Ada beberapa jenis stempel. antara lain stempel kayu, stempel flash, stempel emboss,
stempel lax/wax, dan stempel trodat. stempel atau cap menurut beberapa sumber sudah ada dan banyak dipergunakan pada tahun 770 SM. Dan berfungsi antara lain sebagai pengesahan suatu dokumen, penguat, dan pertanggungjawaban.

Selain stempel logo, ada juga stempel yang hanya ada tulisan di stempelnya. Penggunaan jenis font pada stempel menurut saya tidak ada ketentuan khusus, semuanya tergantung keinginan si pemilik stempel, namun alangkah baiknya kita tidak menggunakan font yang terlalu lebay, karena pada dasarnya fungsi stempel adalah sebagai pengesahan atau hal hal yang kebanyakan bersifat formal. Berikut 10 contoh font yang menurut saya cocok untuk stempel berserta penjelasannya.

1. Times New Roman

Termasuk ke dalam typeface jenis Serif, Times New Roman merupakan salah satu font yang banyak dipakai di berbagai media cetak, maupun media digital, tak terkecuali pada media stempel, biasanya font ini sering dipadukan dengan font arial atau font lain dengan jenis font Sans-Serif pada penggunaan stempel. Font times new roman sendiri bisa berarti tenang, serius dan bersungguh-sungguh, sehingga lebih memperlihatkan fungsi stempel sebagai penguat sebuah dokumen.


2. Arial

Arial merupakan font jenis Sans-Serif, font jenis ini memiliki kesan lebih tegas, lebih solid,dan lebih modern, kesan seperti ini sangat cocok diterapkan pada desain stempel karena mendukung fungsi stempel sebagai alat pengesahan dokumen, penguat dokumen, dan pertanggungjawaban dokumen.


3. Franklin Gothic

Fraklin Gothic merupakan font jenis Sans-Serif yang dikembangkan pada awal abad ke-20. Font ini sering digunakan pada iklan, surat kabar, bahkan papan reklame.franklin gothic adalah sebuah seri font yang solid, alas an saya memilih font ini pada penggunaan stempel adalah karena font ini berkesan solid sehingga lebih terlihat tegas.


4. Bernard MT Condensed

Dibuat sekitar tahun 1926, Bernard MT Codensed masih termasuk dalam jenis typeface Serif. font ini pada umumnya berupa font “black” yang membuat font ini terlihat sangat  tebaldaripada font font regular. karena itu, font Bernard MT Condensed “black” sangatkompatibel dan cocok dipergunakan sebagai stempel.


5. Georgia

Memiliki karakter font yang sangat mirip dengan times new roman, font Georgia bisa menjadi pilihan untuk desain stempel. Georgia merupakan font serif yang keluar pada tahun 1993. Font ini merupakan jenis font serif yang tampak elegan, namun di desain untuk tetap terbaca saat dicetak kecil ataupun di resolusi sendah, sehingga font ini juga menjadi pilihan terbaik untuk stempel.



6. Futura

Futura merupakan jenis font Sans-Serif dengan gaya yang geometris, font ini dibuat pada tahun1927 dengan beberapa seri font seperti regular, medium, condensed, italic, bold, dan extra bold. Font ini seringkali dipergunakan sebagai logo logo perusahaan. Sehingga stempel perusahaan pun memakai font jenis ini.


7. Algerian

Sedikit berbeda dari beberapa font yang sudah disebut di awal, font ini termasuk kedalam jenis typeface decorative serif. Font ini pertama kali diciptakan pada tahun 1988. Karena fontini berjenis dekoratif, font ini sering sekali dipergunakan untuk beberapa  tampilan, termasuk stempel. Banyak stempel nama toko yang menggunakan font ini, biasanya dikombinasikan dengan font jenis sans-serif.


8. Bookman

Bookman atau Bookman Old Style merupakan jenis font Serif, font ini memiliki desain yangtebal. karena itu font ini lebih sering dipakai untuk sebuah tampilan atau display, dib anding untuk tubuh sebuah teks. Font ini diciptakan pada tahun 1869 dengan memiliki tebalan lebih dibanding font modern old style yang lain.



9. Stencil

Font stencil pertama kali diciptakan pada tahun 1937, dan masih termasuk keluarga serif.
Font ini memiliki perbedaan disbanding font serif pada umumnya. Yakni ada jeda pemisah di masing masing huruf untuk memberikan kesan stensil. Stensil sendiri adalah sebuah Teknik seni yang menggunakan cetakan sebagai alat utama pembuatannya. Font jenis ini lebih banyak digunakan pada stempel perdagangan, yakni stempel “lunas” untuk memberikan kesan tegas,dan sebagai pengesahan nota atau bon pembayaran telah dibayar lunas.



10. ITC Benguiat

ITC Benguiat masih termasuk Font Serif, namun dibekali dengan desain yang dekoratif, font ini dibuat pada tahun 1977,Diterbitkan oleh international typeface corporation (ITC). font ini lebih cocok dipakai untuk desain display atau tampilan, Salah satunya stempel font ini memberikan kesan elegan namun tidak menghilangkan kesan tegasnya.


Nah, itu tadi adalah rekomendasi 10 font yang cocok untuk stempel. Seperti yang disampaikan di awal, font untuk stempel kebanyakan tidak menggunakan jenis font latin dan dekoratif karena fungsi stempel sendiri adalah untuk pengesahan, penguat, dan pertanggungjawaban suatu dokumen. Sehingga kesan tegas atau formal juga patut diperhatikan dalam pemilihan font untuk stempel. 10 font diatas kebanyakan sudah terpasang secara default di produk produk Microsoft windows maupun mac OS, sehingga kita tidak perlu lagi mencari, mendowload atau memasang sendiri font font diatas untuk dipakai di sebuah desain.


VIDEO 10 contoh font untuk stempel
Oleh Moh. Bayu Saputra

Daftar Pustaka
- https://gbsri.com/seni-grafis/
- https://www.makintahu.com/pengertian-stempel-fungsi-dan-jenisnya/
- https://roverpramuka.com/news/show/2705202157-alkisah-stempel-klasik-yang-masihmenjadi-
tren-hingga-kini
- https://id.wikipedia.org/wiki/Times_New_Roman
- https://id.jobgoody.com/article/ketahui-jenis-font-dan-artinya/
- http://contoh-stempel.blogspot.com/2021/03/contoh-desain-stempel-untukkecamatan.
html
- https://fastprint.co.id/pages/tinta-stempel-flash-fast-print
- https://en.wikipedia.org/wiki/Franklin_Gothic
- https://fontsnetwork.com/bernard-mt-condensed-font/
- http://ini-ilmu-it.blogspot.com/2018/01/cara-membuat-desain-stempel-di.html
- https://iskconofescondido.com/template-contoh-format-stempel.html
- https://en.wikipedia.org/wiki/Georgia_(typeface)
- https://en.wikipedia.org/wiki/Futura_(typeface)
- https://www.hrj-impedia.com/2021/07/contoh-stempel-kantor-pos-contoh.html
- https://en.wikipedia.org/wiki/Algerian_(typeface)
- https://shopee.co.id/STEMPEL-LUNAS-FLASH-STEMPEL-LUNAS-WARNAi.
331616539.4662905852
- https://id.wikipedia.org/wiki/Stensil
- https://en.wikipedia.org/wiki/Stencil_(typeface)
- https://en.wikipedia.org/wiki/ITC_Benguiat
- https://stempelwarna.com/stempel-karang-taruna/

0 Komentar untuk "10 contoh font untuk stempel"

Back To Top