10 Brand Terkenal Memakai Font ini Untuk Logonya

0

Jika Anda seorang yang menyukai design pasti penasaran, ‘font apasih yang dipakai sama Nike?’, ‘font apasih yang dipakai sama Adidas?’. Daripada Anda terus bertanya – tanya kepada diri sendiri, berikut adalah daftar 10 font yang dirasa cocok seperti yang dipakai brand terkenal. Tetapi font yang saya berikan ini tidak menutup kemungkinan gratis karena ada beberapa font yang berbayar.

1. Tommy Hilfiger
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Diurutan pertama ada Tommy Hilfiger, siapa yang tidak kenal dengan brand satu ini ?
Mempunyai ciri khas ikon berbentuk seperti bendera yang berwarna merah, biru dan putih. Fakta menarik bahwa nama Tommy Hilfiger ini di ambil dari nama pendirinya yang bernama Tommy Hilfiger. Merek asal Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1985 dengan nama sebelumnya Tommy Hilfiger Corporation dan Tommy Hilfiger Inc. Berkiblat pada industri fesyen, Tommy Hilfiger memproduksi berbagai macam busana, aksesosris, parfum, serta perangkat rumah.

Font yang dirasa cocok adalah Gill Sans Regular. Merupakan keluarga Sans Serif Humanistik, memiliki tampilan yang lebih ringkas dan telihat elegan ketika digunakan. Salah satu alasan utama kenapa Tommy Hilfiger memakai font ini karena bentuk dan proporsi font ini berbeda dengan sans serif lainnya di luar sana.

Sumber : https://m.fontke.com/family/681109/

2. Adidas

Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Brand yang didirikan oleh Adolf Dassler ini memiliki singkatan “All day I dream about sports”. Memulai karirnya dengan memproduksi sepatu pada tahun 1920-an di Jerman, tepatnya Herzogenaurach. Kemudian berganti nya tahun Adidas mengeluarkan rancangan pakaian dengan ciri khas 3 garis strip disetiap produknya. Menjadi perusahaan tekstil terbesar di Eropa dan ke-dua di dunia.

Font yang dirasa cocok adalah Avant Garde Gothic Demi. Keluarga font dari Avant Garde Magazine, font ini tidak hanya digunakan untuk logo tetapi bisa juga untuk sampul, kemasan produk atau hanya sebagai hamparan teks bergaya ke gambar latar belakang apapun. Karena terlihat keren, bagus, dan nyaman dilihat.

Sumber : https://en.fontke.com/font/11389774/

3. Nike
Sumber : https://fin.co.id/2021/09/24/imbas-ppkm-ri-dan-vietnam-nike-pangkas-target-penjualan/

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang menggeluti industri perlengkapan olahraga didirikan pada tahun 1964 oleh Philip Knight. Memiliki slogan “Just Do it” dan ciri khas ikon “swoosh”.

Font yang dirasa cocok adalah Futura Bold. Diantara keluarga font Futara, Futura Bold menjadi yang paling populer diberbagai objek desain. Font bercetak tebal ini banyak digunakan untuk headline website, desain poster, periklanan, dan desain grafis. Karena font ini memiliki keindahan estetika desain dan meningkatkan keterbacaan sebuah desain. Maka dari itu Nike memilih jenis font seperti ini.

Sumber : https://en.fontke.com/font/13210975/

4. Puma
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Sama hal nya dengan Adidas, Puma juga terjun di industri pakaian olahraga Jerman. Didirikan pada tahun 1924 oleh Rudolf Dassler, menariknya Rudolf adalah sang kakak dari Adolf Dassler yang mana itu adalah pendiri Adidas.

Font yang dirasa cocok adalah My Puma. Font logotype yang sangat mirip dengan sans serif ini terlihat menarik perhatian. Dirancang oleh Samuel Park, font ini gratis dan dapat digunakan untuk pribadi.

Sumber : https://en.m.fontke.com/font/10008786/

5. Under Armour
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Didirkan oleh Kevin Plank, mantan kapten tim sepak bola Universitas Maryland pada tanggal 25 September 1996. Memproduksi alas kaki, pakaian olahraga serta kasual. Memiliki kelebihan pada pakaiannya yaitu kaos yang dapat menyerap keringat karena terdapat serat mikro, kemudian brand besar seperti Nike dan Adidas juga menerapkan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti Under Armour ini.

Font yang dirasa cocok adalah Eurostar Black Extended. Merupakan font gratis hanya untuk penggunaan pribadi saja, apabila ingin digunakan sebagai komersial silahkan dibicarakan dengan pembuatnya. Dari segi visual font ini cocok untuk perusahaan olahraga seperti Under Armour ini.

Sumber : https://en.fontke.com/font/10067867/

6. Fendi
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Brand yang satu ini terkenal dengan tas wanitanya, mengawali sebagai toko bulu dan kulit di Roma. Fendi sekarang menjadi brand mewah dan multinasional yang dimiliki oleh Luis Vuitton perusahaan konglomerat multinasional, terletak di pusat kota Paris. Fendi sendiri didirikan pada tahun 1925 oleh Adele Casagrande. Tidak hanya tas, Fendi juga mermproduksi pakaian, aksesoris, dan parfum.

Font yang dirasa cocok adalah Helvetica Bold. Neue Haas Grotesk adalah nama awal font typeface ini kemudian dirubah menjadi Helvetica yang merupakan nama latin untuk Swiss. Pemegang saham Linotype GmbH mengadopsi desain Helvetica dan menjadi font sans serif paling populer didunia. Mungkin kenapa Fendi memakai jenis font seperti ini, karena font Helvetica Bold ini terlihat mahal dan elegan.

Sumber : https://en.fontke.com/font/15118621/

7. Casio
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Kashio Keisanki Kabushiki-gaisah adalah nama Jepang dari brand Casio Computer Co., Ltd. Berdiri pada April 1946 oleh Tadao Kashio. Memproduksi berbagai macam elektronik salah satunya yang kita tahu ialah jam tangan, hampir setiap orang memakainya. Tetapi Casio tidak memproduksi itu saja, brand ini juga membuat produk seperti kalkulaltor, kamera digital, alat musik, dan lainnya.

Font yang dirasa cocok adalah Eurostile Extended Black. Font yang sudah ada sekitar 50 tahun lalu ini, merupakan salah satu font sans serif paling populer. Dirancang oleh Aldo Novarese pada tahun 1962. Mengapa Casio memakai jenis font seperti ini, karena terlihat modern dan tegas.

Sumber : https://en.fontke.com/font/13314216/

8. Spotify
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan brand satu ini. Spotify layanan streaming freemium musik dan podcast yang berdiri pada tahun 2006 dan dilegalkan pada 7 Oktober 2008 silam di Swedia. Pendirinya bernama Daniel Ek menciptakan layanan streaming yang di lindungi hak cipta digital kemudian pengguna juga dapat membuat playlist sendiri dan dapat dibagikan.

Font yang dirasa cocok adalah LL Circular. Merupakan keluarga font sanserif geometris dengan 8 jenis. Font ini cocok digunakan untuk berita utama atau body copy dan juga font ini sangat populer dalam bidang periklanan atau branding. Sudah jelas bukan kenapa spotify memilih jenis font ini.

Sumber : https://en.m.fontke.com/family/811188/

9. Youtube
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Brand yang satu ini mungkin hampir setiap hari Anda membukanya. Youtube adalah situs website unggahan video tidak terbatas secara individu atau kelompok tetapi Anda juga dapat menonton video orang lain dan berbagi videonya. Didirikan oleh 3 mantan karyawan Paypal pada Februari 2005, berkantor pusat di San Bruno California.

Font yang dirasa cocok adalah Trade Gothic Bold No.20. Font yang dikombinasi dengan teks roman dirancang oleh Jackson Burke pada tahun 1948. Mempunyai daya tarik ‘earthy natursalisme’ membuat font ini sering terlihat di dalam iklan multimedia. Itulah alasan Youtube memilih jenis font ini, karena mudah dibaca dan terlihat jelas.

Sumber : https://en.fontke.com/font/14051054/

10. Whatsapp
Sumber : https://www.centerklik.com/font-yang-digunakan-oleh-brand-merek-logo-terkenal/

Anak perusahaan facebook yang bernama Whatsapp, ialah platform bertukar pesan yang kita gunakan sehari-hari. Brand ini bekerja menggunakan koneksi internet atau WiFi tanpa pulsa, jadi kita dapat melakukan percakapan, berbagi foto, video, file, dsb. Dirilis pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton di California.

Font yang dirasa cocok adalah Helvetica Neue 75 Bold. Merupakan penyempurnaan estetika dan teknis yang menghasilkan proporsi desain yang unggul, keterbacaan menjadi lebih baik, dan jangkauan yang menggunakan jenis font ini lebih luas dibanding tipografi keluarga Helvetica asli. Yang membuat brand Whatsapp ini menjadi gampang dibaca dan dilihat.



Oleh Rifqi Mujadid

Sumber : https://en.fontke.com/font/16276672/
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Tommy_Hilfiger_(perusahaan)
https://www.myfonts.com/fonts/mti/gill-sans/
https://id.wikipedia.org/wiki/Adidas
https://www.myfonts.com/fonts/itc/avant-garde-gothic/
https://id.wikipedia.org/wiki/Nike,_Inc.
https://www.futurafree.com/fonts/futura-font-download-futura-bold-font/
https://id.wikipedia.org/wiki/Puma_(merek)
https://fontmeme.com/puma-font/
https://id.wikipedia.org/wiki/Under_Armour
https://www.maisfontes.com/eurostar
https://id.wikipedia.org/wiki/Fendi
https://www.myfonts.com/fonts/linotype/helvetica
https://id.wikipedia.org/wiki/Casio
https://www.myfonts.com/fonts/urw/eurostile-round
https://id.wikipedia.org/wiki/Spotify
https://lineto.com/typefaces/circular/#extrablack
https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
https://www.myfonts.com/fonts/linotype/trade-gothic/
https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp
https://www.fonts.com/font/linotype/neue-helvetica/story
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !