10 Tipe Font Dengan Tema Olahraga

0

Setiap typeface memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Pada artikel ini, Saya akan membahas 10 font untuk olahraga. Perlu diingat bahwa font-font yang akan disajikan pada artikel ini tidak menjadi suatu keharusan untuk dipakai dalam desain Anda. Melainkan hanya sebagai pegangan dalam menggunakan font yang tepat di bidang olahraga. Beberapa font di bawah ini merupakan contoh-contoh font yang digunakan dalam beberapa olahraga dan rekomendasi font yang cocok untuk bidang tersebut. Baik itu untuk desain judul kompetisi, nama & nomor di jersey pemain, poster olahraga, desain web olahraga, majalah, display, logotype dan lain-lain.

1. Font TITALLIUM - FORMULA 1 Font
Olahraga balap mobil ini memiliki font sendiri yang cukup unik, sehingga dapat dengan mudah dikenali. Nama font yang digunakan F1 adalah Titallium. Informasi mengenai font ini bisa kalian temukan pada bagian guidelines/pedoman di situs web resmi mereka.


Dengan rebranding yang mereka lakukan pada 2018, Formula 1 memperkenalkan branding baru berupa logo, tagline, tampilan penyiaran baru dan yang tak lain adalah typeface dan font baru. Font ini didesain oleh Mark Rouault untuk agensi W+K London. Font ini didesain secara khusus untuk Formula 1. Sehingga segala penggunaan font di luar ranah F1 dilarang.


Namun ada kabar baiknya, font Titallium yang belum dimodifikasi sedemikian rupa menjadi font yang digunakan F1, dapat diunduh via open source licence.
Alasan mengapa memilih font ini karena karakteristik hurufnya tampak seperti mengalir, menggambarkan kecepatan tinggi dan tikungan di sirkuit. Font ini juga bersifat bold cocok untuk digunakan dalam merepresentasikan olahraga ekstrem seperti Formula 1.


2. Font FS JOEY – MOTOGP Font
Mirip kasusnya dengan Formula 1, MotoGP juga memperbarui tampilan tipografi mereka. Dorna Sports, lembaga penyelenggara dan pemegang hak penyiaran olahraga balap sepeda motor ini mengambil langkah untuk memperbarui tampilan MotoGP agar tampak premium dan elegan. Pada musim 2020/2021, MotoGP membawa identitas tipografi baru tersebut.


Font yang digunakan berasal dari font FS JOEY. Tentunya para pendesainer sudah memodifikasi tampilan font-nya. Alasan Saya memilih font ini karena tampilannya yang ‘berani’ atau bold.

Penerapan font ini meliputi seluruh grafis pada penyiaran televisi MotoGP. Seperti digunakan untuk logotype MotoGP, font peringkat nama para pembalap ketika balapan, statistik dan data seperti kecepatan mesin, kemiringan motor, dll.


3. ADIDAS Logo Font – ITC AVANT GARDE – ITC AVANT GARDE GOTHIC
Merk produk olahraga ini tentu sudah kalian kenal. Ternyata, font untuk logo Adidas adalah ITC Avant Garde yang sudah dimodifikasi menjadi logo mereka sekarang. Alasan memilih font ini karena font ITC Avant Garde sendiri cukup terkenal sebagai font yang digunakan dalam olahraga. Untuk lebih spesifik tipe typeface yang lebih banyak digunakan adalah ITC Avant Garde Gothic.

Penerapan font ini adalah untuk logomark Adidas.



Alasan saya memilih font ITC Avant Garde Gothic karena selain sebagai alternatif ITC Avant Garde, font Avant Garde Gothic lebih familiar. Sehingga ketersediaannya juga melimpah di situs web penyedia font gratis. Tampilannya yang bold atau berani membuat font ini sangat cocok digunakan untuk poster atau desain majalah olahraga.
Penerapan font ITC Avant Garde Gothic:


4. RADIKAL
Selanjutnya adalah font Radikal. Font ini digunakan dalam logo kompetisi sepakbola Liga Primer Inggris. Sejak pembaruan seluruh branding badan sepakbola Inggris pada 2016/2017, font yang dipakai pada logo mereka juga berubah.

Selain Liga Primer, font ini juga digunakan oleh Volleyball Bundesliga, asosiasi liga voli di Jerman.


Alasan memilih font ini karena karakteristiknya yang tajam dan clean. Tampilannya yang simpel juga menambah nilai lebih pada font ini.
Sayangnya, font Radikal ini adalah font yang berlisensi. Untuk dapat menggunakannya, kalian harus membeli font tersebut. Tidak ada salahnya jika isi kantong Anda mencukupi.

5. LALIGA Logo Font – FUTURA MAXI
Font selanjutnya adalah Futura Maxi. Font yang didesain oleh Victor Caruso ini merupakan variasi dari font Futura. Bisa dilihat dari tampilannya yang memang menunjukkan kemiripan. Font Futura Maxi juga digunakan oleh lembaga liga sepakbola Spanyol, LaLiga.
Alasan saya memilih font ini karena bentuk font-nya yang clean.
Berikut adalah contoh penggunaan font Futura Maxi oleh LaLiga.


6. NBA Font – HELVETICA CONDENSED
Tulisan NBA pada logo asosiasi basket Amerika Serikat tersebut menggunakan font Helvetica. Font sans-serif tersebut sangat terkenal. Bukan hanya di kalangan olahraga, Helvetica juga banyak digunakan oleh perusahaan multinasional seperti Nestle, BMW dan WhatsApp.


Alasan memilih font ini karena fleksibilitas font Helvetica yang dapat digunakan pada kondisi yang bersifat formal, elegan atau berada di lingkungan korporat. Menandakan tampilan yang serius jika memakai font Helvetica untuk bidang olahraga.


7. COLLEGE Font Family
Berikutnya adalah koleksi font keluarga tipe College. Font ini banyak dipakai oleh tim college football dan baseball Amerika. Ciri-ciri font College adalah bentuknya yang tegas seperti sans-serif dan memiliki kait di pinggirannya seperti serif. Namun kaitnya tidak melengkung/curvy, melainkan berbentuk blok atau kotak. Menjadikan kesan font tipe College ini font yang tegas atau bold.

Penggunaan font ini biasanya dipakai untuk logo, jaket tim, jersey dan poster.
Ada banyak tipe font College, namun Saya hanya memberikan beberapa pilihan font saja.  Alasan memilih tipe College font karena selain opsinya yang banyak sudah tersedia di internet, font jenis ini juga memberikan kesan vintage pada desain Anda.
Contoh penerapan font College pada poster.


8. FUTURA
Tidak bisa dipungkiri bahwa font Futura adalah font yang sangat populer. Baik dalam ranah desain grafis, korporat, maupun olahraga. Font Futura juga sering dipakai untuk judul pada poster-poster film Hollywood.

Di bidang olahraga tidak ada aturan khusus mengenai jenis font tertentu yang harus diikuti semua orang. Maka dari itu, font Futura sangat bisa dipakai dalam bidang olahraga. Futura apabila dibandingkan dengan font-font lain seperti Helvetica, Gotham, Montserrat atau font sans-serif lainnya juga tidak kalah fleksibel.
Berikut contoh penerapan font Futura pada logo.


9. RACE SPORT
Ini adalah font yang cocok digunakan untuk olahraga balapan. Font ini dapat diunduh di situs fontspace.com dengan lisensi personal use.
Alasan memilih font ini karena tampilan dari semua huruf kapitalnya memiliki lekukan ke dalam yang menambah efek garang dan keren dari font ini.
Contoh penerapan font.


10. MARVIN VISIONS
Contoh font yang terakhir adalah Marvin Visions. Font ini berasal dari beberapa turunan variasi font sebelumnya yang bernama Marvin. Lalu berubah dengan adanya redesain atau interpretasi ulang oleh seniman font bernama Mathieu Triay, maka terciptalah typeface Marvin Visions.

Tampilannya yang stylish menambah nilai jual pada font ini.
Contoh penerapan font Marvin Visions/Marvin pada majalah olahraga college football Amerika.

Itulah 10 contoh dan rekomendasi font untuk bidang olahraga. Kesimpulannya, font-font yang dipakai untuk olahraga tidak memiliki aturan yang mengikat perihal jenis font apa yang harus dipakai. Asal tulisannya terlihat jelas atau dapat dibaca dengan jelas maka sah-sah saja. Tren pemakaian typeface sans-serif yang tinggi membuat penggunaan font-font tipe sans-serif lebih sering digunakan dalam bidang desain olahraga. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang memakai tipe serif, decorative atau jenis typeface lainnya. Yang terpenting adalah suatu font yang akan kita pakai harus sejalan dengan tema atau maksud yang ingin disampaikan.

Oleh : ATTABIK AHMAD
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !